Tranformasi Digital

Pentingnya Transformasi Digital Di Era New Normal

Saat ini hampir semua industri melakukan adaptasi dari transformasi marketing di tengah pandemi Covid-19. Banyak bisnis berlomba-lomba melakukan transformasi digital untuk beradaptasi di era new normal ini.

Faktanya, bukan hanya aturan marketing yang berubah, namun hampir seluruh sektor di berbagai industri mengalami perubahan besar-besaran akibat pandemi. Lalu mengapa transformasi digital menjadi hal yang sangat penting di era new normal? Dan faktor apa saja yang perlu diperhatikan agar perusahaan sukses bertransformasi di masa pandemi ini?

Sebelumnya, perusahaan mungkin hanya dipusingkan dengan perubahan permintaan konsumen. Namun di era new normal seperti saat ini, aspek kehidupan masyarakat ikut berubah, sehingga menyebabkan ketergantungan akan teknologi digital yang semakin tak terelakkan.

Dalam skenario saat ini, jika perusahaan tidak mulai bertransformasi digital untuk memenuhi tuntutan zaman, tentu kelangsungan bisnisnya akan dipertaruhkan. Oleh karena itu, respon cepat perusahaan dalam mengubah model bisnis dari tradisional ke digital sangat diperlukan. Penting untuk disadari banyak perusahaan bahwa era new normal pasca pandemi tidak akan lagi sama dengan old normal.

Transformasi Digital AMT

Mengapa Perlu Bertransformasi Digital?

Ada beberapa alasan mengapa suatu perusahaan perlu melakukan transformasi digital. Namun, alasan utamanya adalah karena perubahan tersebut sudah menjadi kebutuhan di era new normal ini.

Tidak bisa dipungkiri, cara konsumen berkomunikasi dengan perusahaan telah berubah seiring meningkatnya tren media sosial. Sehingga tidak salah jika dikatakan bahwa dunia maupun pasar telah beralih ke platform digital.

Hal ini ikut dipertegas dengan update dari International Data Corporation IDC Worldwide Semiannual Digital Transformation Spending Guide, yang mengatakan di tahun 2023 mendatang budget yang dikeluarkan perusahaan untuk berinvestasi teknologi digital akan mencapai USD 2,3 triliun.

AMT IT Digital

Faktor Sukses Transformasi Digital

Meski dituntut untuk mengikuti perkembangan zaman, sayangnya, tidak semua perusahaan sukses bertransformasi digital. Supaya sukses, tentunya perusahaan perlu mengetahui faktor apa saja yang mendukung keberhasilan transformasi digital. Berikut, 6 faktor yang perlu diperhatikan perusahaan dalam bertransformasi digital di era new normal versi perusahaan cloud provider, AHEAD:

  • Pemimpin Bertanggung jawab

Jika Anda menginginkan program transformasi digital perusahaan sukses, pastikan perusahaan Anda dikomandoi oleh pemimpin bertanggung jawab. Hasil survey yang dilakukan Hanover Research dan AHEAD menunjukkan sebanyak 83% perusahaan yang sukses bertransformasi digital dipimpin oleh CEO, CIO, CDO, atau CTO.

  • Jangan Setengah-Setengah

Sebanyak 30% kesuksesan transformasi digital suatu perusahaan dikarenakan adanya perubahan secara menyeluruh. Menurut AHEAD, perubahan yang hanya sedikit atau sebagian tidak akan memberikan hasil yang maksimal.

  • Tetapkan Strategi & Digital Roadmap

Sebanyak 92% perusahaan yang sukses bertransformasi digital menerapkan strategi dan roadmap yang mencakup infrastruktur dan operasi IT.

  • Menerapkan DevOps

DevOps adalah serangkaian praktik yang mengotomatiskan proses antara pengembangan aplikasi dan tim pengembang agar output yang dihasilkan lebih handal. Jika perusahaan Anda menerapkan DevOps, kemungkinan sukses bertransformasi digital pun akan semakin besar. Survey yang dilakukan AHEAD membuktikan persentase kesuksesan transformasi digital di perusahaan yang menerapkan DevOps meningkat hingga 43%.

  • Jangan Lupakan Infrastruktur IT

Menurut survey perusahaan yang memasukkan concern infrastruktur IT ke dalam program transformasi digital, tingkat kesuksesannya akan meningkat 36%. Perlu diketahui bahwa infrastruktur merupakan backbone dari inisiatif transformasi digital.

  • Jangan Lupakan Intelligent Operations

Perusahaan yang kerap memantau kinerja IT dan dengan cepat menyelesaikan isu yang muncul memiliki persentase kesuksesan 24% lebih besar. Selain itu, survey AHEAD menunjukkan kemungkinan sukses bertransformasi digital jadi lebih besar jika perusahaan mengimplementasikan otomatisasi, model cloud hybrid dan sistem keamanan terintegrasi.

Ikut memantau pergeseran tren ke digital, AMT IT Solutions bersama Sangfor berkomitmen untuk membantu proses adaptasi perusahaan terhadap digitalisasi dengan cepat. Terus berupaya menjadi lebih baik, AMT IT Solutions dengan senang hati mendampingi perusahaan Anda melakukan transformasi digital.

Sebagai IT Solutions yang berpengalaman, AMT IT Solutions menawarkan strategi transformasi, konsultasi, rekomendasi serta service pendukung lainnya untuk memudahkan transformasi digital perusahaan Anda. Bermitra dengan Sangfor, AMT IT Solutions siap membantu klien mendapatkan hasil yang diinginkan.