Governance Risk Compliance

Pengertian, Fungsi, dan Penerapan GRC Pada perusahaan

Saat ini hampir seluruh organisasi, baik itu UMKM, pemerintah, koperasi, dan lain sebagainya mengalami sebuah lingkungan yang lebih dinamis dan kompleks. Hal ini tentunya menjadi tantangan tersendiri yang harus diselesaikan dengan baik, salah satunya dengan penerapan GRC. Namun tahukah Anda apa itu pengertian GRC? Simak informasinya di bawah ini!

Pengertian GRC

Bagi yang belum mengetahui pengertian GRC, GRC adalah singkatan dari Governance, Risk, and Compliance. Jika dibahasa Indonesiakan menjadi Tata Kelola, Risiko, dan Kepatuhan atau bisa disebut dengan TRK. Tata kelola atau Governance merupakan suatu tindakan yang dilakukan untuk mengendalikan atau mengevaluasi suatu proses, sumber daya, dan juga entitas.

Sedangkan, Risk atau risiko merupakan suatu dampak dari suatu ekspektasi tujuan yang bisa diartikan secara positif maupun negatif. Tapi jika kita memandang dari lingkup organisasi risiko harus segera dihadapi sebelum ada resiko komplikasi. Risiko bisa dikelola atau bisa juga diatasi sesuai dengan kebutuhan.

Dan yang terakhir adalah Compliance atau kepatuhan. Compliance yaitu suatu kemampuan untuk membuktikan bagaimana cara untuk memenuhi suatu persyaratan, aturan, dan juga hukum yang berlaku di lingkup tersebut.

Ketiga hal diatas merupakan suatu bentuk kesinambungan dimana semuanya bekerja secara terus menerus. Misalnya adalah adanya peraturan secara internal dan juga eksternal yang telah dibentuk. Kemudian ada suatu risiko yang timbul akibat ketidakpatuhan, dan akhirnya menimbulkan tata kelola yang baik. Siklus ini akan kembali ke atas lagi dan seterusnya akan selalu demikian.

Governance Risk Compliance

Fungsi atau Manfaat GRC

Setelah mengetahui pengertian dari GRC maka selanjutnya kita akan membahas mengenai fungsi GRC, simak di bawah ini:

  • Membuat Organisasi Menjadi Lebih Kompetitif dengan Organisasi Lain

Dengan penerapan GRC pada organisasi maka akan lebih kompetitif apalagi Indonesia masih jauh dari penggunaan teknologi yang satu ini.

(1) Membuat Organisasi Berani dan Benar dalam Pengambilan Keputusan

Adanya GRC membuat organisasi dapat melakukan pengambilan keputusan yang berani dan tidak salah arah.

(2) Membuat Organisasi Lebih Efektif dan Efisien dalam Pemanfaatan Sumber Daya

Banyak sekali sumber daya yang ada pada suatu organisasi seperti manusia, alat, dan lainnya. Semuanya bisa dimanfaatkan sangat baik dengan menerapkan teknologi GRC.

(3) Membuat Organisasi Melakukan Aktivitas yang Bertanggung Jawab

Organisasi menjadi lebih bertanggungjawab atas pendirian dan juga peraturan internal dan eksternal.

(4) Membuat Organisasi Memiliki Tata Kelola dan Pengelolaan Risiko Lebih Baik

Masih berkaitan dengan poin di atas, dengan tanggung jawab yang penuh organisasi menjadi memiliki tata kelola yang baik dan manajemen risiko yang lebih matang.

(5) Mendukung Organisasi untuk Melakukan Komunikasi yang Lebih Efektif

GRC juga mendukung suatu organisasi untuk melakukan komunikasi yang efektif sehingga terbentuk konektivitas, koordinasi, dan jua kolaborasi.

Governance Risk Compliance

Cara Penerapan GRC di Organisasi

Setelah membahas pengertian dan fungsi GRC, selanjutnya kita beralih tentang cara penerapan GRC. Untuk diketahui, penerapan GRC di organisasi dapat dipermudah dengan bantuan aplikasi atau software. Ada beberapa software GRC Solution yang bisa Anda gunakan yaitu seperti:

  1. Bwise
  2. OpenPages
  3. SAP
  4. SAS
  5. Archer
  6. Enablon
  7. LogicManager
  8. Achiever
  9. Methodware.
  10. Fusion Framework System
  11. StandardFusion
  12. IBM OpenPages
  13. SAI Global Compliance 360
  14. Navex Global RiskRate
  15. Riskonnect

Itu dia penjelasan mengenai pengertian, fungsi atau manfaat, dan juga penerapan GRC pada suatu organisasi. Dengan penjelasan di atas, harapannya perusahaan di Indonesia dapat melakukan tata kelola yang jauh lebih baik dari sebelumnya.

Governance Risk Compliance

AMT IT Solutions Mendukung Tata Kelola Perusahaan

Turut mendukung terwujudnya tata kelola perusahaan yang lebih baik, AMT IT Solutions bersama Galvanize berkomitmen dalam menerapkan program GRC yang lebih maksimal. Melalui pengembangan strategi dan penerapan teknologi yang tepat, AMT IT Solutions yakin implementasi GRC pada perusahaan dapat berjalan baik.

Unggul di bidangnya, AMT IT Solutions dapat membantu memperbaiki tata kelola perusahaan, mulai dari membuatkan konsep, strategi, hingga penerapan GRC. Bersama Galvanize, AMT IT Solutions berupaya untuk terus mengedukasi perusahaan berskala menengah maupun besar tentang pentingnya implementasi GRC yang baik dan efektif. Dengan bantuan dari AMT IT Solutions fungsi dan manfaat GRC di suatu perusahaan bisa dirasakan secara maksimal.