Manfaat Audit Tool yang Perlu Diketahui Perusahaan

Audit Management

Tak dapat dipungkiri audit merupakan salah satu bagian penting di berbagai bisnis, khususnya bagi bisnis yang memiliki standar dan regulasi. Prosedur audit sendiri kerap dianggap sulit dan memakan waktu karena memerlukan proses pemantauan, rekam data, kalibrasi input, output, fungsi, dan campur tangan sejumlah departemen.

Melalui perkembangan teknologi, saat ini telah hadir audit tool yang dapat membantu dan memudahkan proses bisnis operasional perusahaan. Tools ini diklaim mampu mempermudah prosedur audit, meningkatkan produktivitas, dan tetap menjamin kualitas hasil audit, berikut manfaat audit tool yang tak boleh dilewatkan banyak perusahaan.

Apa itu Audit

Hemat Waktu

Sebelumnya, proses audit terkenal sangat memakan waktu. Auditor sering kali dituntut menggunakan banyak tools dan metode manual untuk keperluan audit. Tentu proses ini akan terasa menyulitkan jika perusahaan yang diaudit semakin besar.  

Proses yang panjang dan penggunaan tools yang banyak tentu tidak akan terjadi, jika perusahaan memanfaatkan audit tool. Dengan menggunakan audit tool, proses kerja yang perlu dilakukan auditor hanya mengklik untuk mendapatkan semua informasi yang diperlukan. Terdapat beberapa audit tools yang tidak menerapkan limitasi data, sehingga auditor bisa mengolah hingga jutaan data tanpa ada keharusan melakukan sampling.

Selanjutnya jika semua proses telah dilewati, auditor juga bisa membuat custom visualization untuk review kondisi perusahaan dan membantu pengambilan keputusan. Prosedur audit yang jadi jauh lebih cepat tentunya membuat manfaat audit tool tak dapat disangkal.

Mengenal Audit

Mudah Digunakan

Manfaat audit tool selanjutnya adalah mudah digunakan. Dewasa ini, teknologi telah dirancang sedemikian rupa untuk memudahkan para penggunanya. Begitu juga dengan audit tool yang beredar di pasaran. Di sejumlah audit tool, pengguna bahkan bisa mengolah data dari berbagai sumber karena telah dilengkapi banyak connector database untuk menarik data yang akan dianalisa.

Selain itu, pengguna dengan berbagai latar belakang bisa dengan mudah menggunakan audit tool. Pengguna hanya perlu bahan untuk diaudit dan pemahaman audit, sementara semua urusan teknis audit, termasuk fungsi dan rumus, dan analisa data yang biasa dilakukan secara rutin dapat diotomatisasi audit tool. Dengan segala kemudahan yang ditawarkan, penggunaan audit tools ikut meningkatkan kinerja dan produktivitas Anda secara keseluruhan.

Menjaga Integritas Data

Tak jarang prosedur audit rentan mengalami manipulasi. Namun, hadirnya audit tool membuat hal semacam ini bisa diminimalisir dengan memastikan semua bahan dan informasi audit dikumpulkan dan dilampirkan di situs audit. Dengan begini, Data yang akan dianalisa bersifat read only, bisa diolah, tapi tidak bisa diubah value datanya.

Hal ini bertujuan agar pengguna tidak bisa mengubah atau memanipulasi data. Manfaat audit tool inilah yang sebaiknya diketahui banyak perusahaan agar terhindar dari penyalahgunaan data.

Memberikan Inspirasi Audit

Ada kalanya auditor kehabisan ide untuk audit. Oleh karena itu, beberapa audit tool memiliki guidelines yang bisa dimanfaatkan pengguna sebagai sumber ide atau panduan audit. Dengan manfaat audit tool yang satu ini, pengguna diharapkan bisa menjadi lebih jeli melihat sektor mana lagi yang memerlukan prosedur audit selanjutnya. Seandainya bingung memulai, auditor hanya tinggal melihat guidelines yang disediakan untuk memandu prosedur audit step-by-step.

Audit Tool Pilihan Yang Bisa Meningkatkan Produktivitas Kerja Anda

Dari penjelasan di atas, manfaat audit tool yang bisa didapatkan perusahaan menjadi semakin jelas. Jika perusahaan Anda rutin melakukan prosedur audit, maka audit tool tentu bisa membantu Anda menghemat banyak waktu. Agar proses audit dapat berjalan lancar tanpa kendala, Anda memerlukan audit tool handal yang menyediakan berbagai solusi untuk segala kebutuhan audit dan compliance Anda.

Memahami hal ini, AMT IT Solutions selaku mitra resmi Diligent merekomendasikan ACL Robotics. ACL Robotics merupakan salah satu audit tool yang tepat untuk perusahaan Anda, karena tidak memiliki limitasi data dan memiliki semua manfaat audit tool.

Dengan ACL Robotics dari Diligent, prosedur audit perusahaan tak lagi rumit. Menawarkan semua fitur canggih, ACL Robotics mampu menyederhanakan prosedur audit dan meningkatkan produktivitas kerja Anda.

ACL Robotics merupakan salah satu produk andalan AMT IT Solutions, ACL Robotics mampu membantu tim internal auditor Anda lebih cepat tanggap dalam menyelesaikan issue perusahaan. Selain itu, ACL Robotics juga membantu perusahaan untuk tetap mematuhi kebijakan dan local regulations yang dapat mempengaruhi business reputation dan market value perusahaan.