5 Langkah Menerapkan Software Audit di Lingkungan Perusahaan

Menerapkan Software Audit

Audit internal saat ini dituntut untuk terlibat dalam penilaian fungsi manajemen risiko, serta bertindak sebagai penasihat di setiap aspek operasional perusahaan. Untuk itu, Anda perlu menerapkan software audit untuk membantu pekerjaan auditor menjadi lebih ringkas.

Adanya teknologi audit manajemen memungkinkan Anda mengotomatiskan analisis data, menawarkan wawasan dalam waktu nyata, mempercepat penelusuran risiko dan kontrol, serta memberikan jaminan berkelanjutan.

Berikut ini 5 langkah penerapan teknologi audit manajemen di lingkungan perusahaan dari Diligent.

1. Selaraskan Strategi dan Dapatkan Dukungan Dari Pimpinan

Software audit internal

Langkah pertama yang dapat Anda lakukan yaitu dengan mendiskusikan permasalahan teknologi yang dialami oleh perusahaan. Bukan hanya kepada tim IT, namun juga kepada pimpinan untuk mendapatkan dukungan serta visi strategis yang dirancang bersama.

Ada dua hal yang perlu Anda lakukan di langkah pertama:

  1. Menyelaraskan tujuan tim audit dengan arahan dari pimpinan manajemen risiko, pengendalian internal, kepatuhan dan deteksi penipuan.
  2. Buat garis besar strategi kohesif yang memastikan keselarasan di seluruh tim dan fungsinya.

2. Buat Tujuan dan Ukur Kemajuan

Penerapan teknologi tidaklah terjadi secara instan. Anda perlu menemukan pendanaan yang tepat, sumber daya yang tepat, serta mengembangkan sarana untuk mengukur kemajuannya. Selain itu, pemimpin juga harus menentukan pengembangan tujuan, rencana dan jadwal, serta mengidentifikasikan tujuan prioritas perusahaan.

Langkah yang harus Anda lakukan setidaknya sebagai berikut:

  1. Menunjuk agen perubahan yang memiliki otoritas, pengetahuan, dan pemahaman strategis untuk mendorong perubahan yang efektif.
  2. Komunikasikan strategi dan tujuan teknologi Anda kepada pimpinan utama, seperti C-suite dan komite audit.

3. Selaraskan Teknologi dan Tujuan Strategis

Departemen audit internal memiliki peluang besar untuk mendapatkan keuntungan dari perkembangan teknologi di berbagai bidang. Seperti artificial intelligence (AI), machine learning (ML), robotic process automation (RPA), software as a service (SaaS), dan data besar.

Hal yang perlu Anda lakukan di tahap ini yaitu:

  1. Pertimbangkan bagaimana tim audit akan bekerja dalam 3-5 tahun ke depan. Selain itu, pertimbangkan juga tujuan strategis organisasi untuk mengevaluasi bagaimana teknologi yang dipilih akan membantu mencapai tujuan tersebut.

4. Petakan Proses Audit Internal untuk Menemukan Teknologi yang Tepat

Sebelum menerapkan software audit, pastikan Anda memahami proses audit internal perusahaan dan mengetahui apa saja penghambatnya. Dengan begitu, Anda dapat mengaplikasikan teknologi audit di tempat yang tepat sehingga mampu meningkatkan proses audit.

Pada tahapan ini, Anda perlu melakukan hal sebagai berikut:

  1. Melihat komponen utama dari proses audit internal; dimana software harus mendukung proses ini dengan cara yang tidak rumit, konsisten, dan intuitif, dengan satu solusi tunggal yang menyatukan semua proses dan area fungsional.

5. Singkirkan Silo Operasional

Sulitnya adaptasi dari karyawan perusahaan dapat menjadi hambatan dalam mencapai proses audit yang lebih baik. Sehingga penting untuk menyelaraskan kemampuan teknologi dengan proses yang ada saat ini untuk memastikan semua kebutuhan terpenuhi.

Langkah yang perlu Anda lakukan di tahap ini yaitu:

  1. Tunjukkan kepada pemangku kepentingan GRC bagaimana teknologi audit dan fungsi analisis datanya akan bermanfaat dalam merampingkan penilaian risiko, pengujian kontrol, kepatuhan terhadap peraturan, pemantauan transaksi, audit berkelanjutan, manajemen pengecualian, serta temuan dan laporan yang terukur.

Tingkatkan Proses Audit Bersama Software Audit Diligent

Menerapkan software audit di lingkungan perusahaan tentunya perlu dilakukan secara bertahap. Dibutuhkan penyesuaian secara terstruktur agar software audit yang digunakan dapat membantu meningkatkan kinerja audit internal.

AMT IT Solutions dapat menyediakan kebutuhan software audit terbaik dari Diligent untuk meningkatkan performa bisnis Anda. Konsultasikan kebutuhan Anda dan dapatkan informasi selengkapnya melalui marketing@amt-it.com atau klik ikon WhatsApp.