Ketahui Apa Itu Server, Fungsi, dan Jenis-Jenisnya Bagi Bisnis

Server adalah

Memiliki server adalah salah satu kebutuhan penting bagi perusahaan yang ingin mengembangkan bisnisnya. Dengan adanya server, Anda dapat mengatur maupun mengontrol jalannya operasional bisnis secara otomatis dan terpusat.

Untuk membangun dan mengembangkan suatu server, tentunya Anda memerlukan pemahaman tentang beberapa jenis server dan berbagai fungsinya sebelum memilihnya bagi bisnis Anda.

Pada artikel kali ini akan dijelaskan mengenai apa itu server, fungsi dan jenis-jenisnya, sehingga Anda dapat menyesuaikannya dengan kebutuhan bisnis.

Apa Itu Server?

Server adalah suatu sistem komputer yang dapat menerima dan menanggapi permintaan data. Permintaan tersebut dibuat oleh client atau pengguna server melalui suatu jaringan. Umumnya, berupa permintaan untuk membuka tampilan website, mengirim email, dan lain sebagainya.

Sebuah server dapat dihubungkan dengan beberapa client. Sedangkan, sebuah komputer client juga dapat terhubung ke beberapa server untuk saling melakukan back-up.

Server dapat berupa hardware, software, maupun virtual machine. Untuk server berbentuk hardware, umumnya memiliki jaringan komputer fisik dengan ukuran yang cukup besar dan mampu menampung beberapa processor dan RAM berkapasitas banyak. Sedangkan untuk server software maupun virtual tidak memiliki bentuk fisik.

Fungsi Server

Server memiliki fungsi yang dapat membantu operasional bisnis Anda berjalan dengan lancar. Berikut ini beberapa fungsi server:

Menanggapi permintaan client

Fungsi utama server adalah untuk menanggapi segala permintaan client, baik itu permintaan aplikasi maupun permintaan data yang harus dijalankan. Dengan adanya server, tentunya permintaan tersebut dapat dipenuhi secara otomatis, sehingga client dapat bekerja dengan lebih cepat dan efektif.

Sebagai platform penyimpanan data

Fungsi lain dari server yaitu sebagai tempat penyimpanan data yang dikirimkan oleh client. Data tersebut umumnya berupa dokumen maupun informasi yang berkaitan dengan permintaan client.

Untuk itu, server memiliki kapasitas penyimpanan dengan daya tampung yang bervariasi. Bahkan, Anda juga dapat menggunakan storage tambahan untuk menambah daya tampungnya dan membuat server dapat diakses oleh lebih banyak client dalam waktu bersamaan.

Mengelola Database

Setiap perusahaan tentunya memiliki banyak database yang perlu dikelola dengan baik. Fungsi lain dari server adalah untuk mengelola database yang nantinya dapat digunakan oleh client. Inilah pentingnya server yang dapat mempermudah pekerjaan Anda.

Mengatur jalannya transfer data atau file

Server juga memiliki kemampuan untuk mengatur jalannya komunikasi maupun transfer informasi pada client. Untuk melakukan hal tersebut, tentunya server dilengkapi dengan kapasitas harddisk dan RAM yang tinggi.

Melindungi Dari Cybercrime

Server bekerja dengan cukup hati-hati. Ia akan mengecek alamat IP dan informasi lainnya setiap kali terdapat request dari client. Sehingga, server juga dapat mendeteksi ancaman seperti malware dan akan mencegahnya. Data pada komputer Anda pun akan tetap aman.

Jenis-Jenis Server

Ada banyak jenis server yang dapat Anda gunakan sesuaikan dengan kebutuhan bisnis. Beberapa diantaranya sebagai berikut:

Database Server

Database server

Database server adalah sistem komputer yang menawarkan layanan pengelolaan data pada server. Server jenis ini berfungsi untuk melakukan penyimpanan maupun pengelolaan data maupun informasi yang berkaitan dengan bisnis, sehingga server ini banyak digunakan oleh perusahaan.

DHCP Server

DHCP server

Server DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol) merupakan  salah satu jenis server yang menawarkan layanan sewa IP address maupun informasi TCP/IP untuk client. Fungsi DHCP server adalah untuk memberikan alamat IP secara otomatis kepada client melalui jaringan  TCP/IP yang memintanya.

File Server

File server

File server merupakan jenis server yang memberikan akses terhadap penyimpanan disk. Lokasi penyimpanan tersebut umumnya berisi file seperti gambar, musik, video, dan sebagainya. Server jenis ini berfungsi untuk mempercepat jaringan komputer dengan menyediakan penyimpanan harddisk dan RAM dengan kapasitas besar.

Proxy Server

Proxy server

Proxy server adalah server yang menyediakan layanan proxy. Dimana proxy tersebut merupakan sistem yang dapat membantu Anda mengakses jaringan internet dengan IP berbeda dari IP asli komputer Anda.

Jenis server ini berfungsi untuk mengamankan identitas pengguna ketika mengakses internet, melakukan pembatasan situs berbahaya, hingga melakukan blokir menuju situs maupun media sosial tertentu.

FTP Server

FTP server

Sesuai dengan namanya, server FTP (File Transfer Protocol) merupakan sistem komputer yang membantu client terhubung ke server agar dapat mengunggah maupun mengunduh file. Fungsi server ini adalah untuk membantu client melakukan transfer data dengan lebih mudah.

Application Server

Application server

Server aplikasi merupakan sistem komputer yang memberikan layanan pada setiap permintaan akses dari client yang terhubung ke jaringan. Fungsi application server yaitu untuk melakukan eksekusi pada suatu prosedur, baik pada program maupun script agar aplikasi dapat berjalan dengan baik.

Mail Server

Mail server

Jenis server selanjutnya adalah Mail server, yaitu sistem komputer yang melayani pertukaran pesan ke sesama pengguna secara elektronik. Mail server berfungsi untuk mempermudah proses bertukar pesan menggunakan beberapa protokol mail dan file yang saling mendukung. Contoh file tersebut seperti teks, gambar, video, dan lainnya yang sesuai dengan apa yang diinginkan oleh client.

Web Server

Web server

Web server adalah sistem komputer yang digunakan sebagai pusat pengaturan website dan menyimpan berbagai data website, baik itu dokumen HTML, CSS, maupun Javascript. Fungsi server jenis ini adalah untuk menjalankan website dengan lebih mudah.

Bangun Server Bisnis Anda Bersama Sangfor HCI

Server adalah teknologi yang mampu membantu Anda mengontrol jalannya operasional bisnis secara otomatis dan terpusat. Untuk itu, penting bagi Anda memilih server yang sesuai dengan kebutuhan bisnis yang sedang dijalankan.

AMT IT Solutions sebagai vendor resmi Sangfor Indonesia menawarkan berbagai inovasi produk untuk mengembangkan server Anda seperti Sangfor HCI server. Untuk informasi selengkapnya, hubungi marketing@amt-it.com atau klik ikon WhatsApp.