Model Kemampuan Analisis Audit Diligent (Bagian 2)

Model Kemampuan Analisis Audit

Ada lima model kemampuan analisis yang dikembangkan oleh Diligent untuk membantu meningkatkan manfaat audit perusahaan. Tiga diantaranya sudah dibahas di artikel sebelumnya. Berikut ini model kemampuan lainnya beserta studi kasus yang dapat dipelajari.

Studi Kasus: Analisis Efisien, Aman, dan Cepat

Model Kemampuan Analisis Audit

Take-Two Interactive Software adalah pengembang video game global dengan tim audit internal yang tersebar di Amerika Serikat dan Inggris. Perusahaan ini menggunakan software Diligent Analytics untuk mendapatkan akses yang efisien ke data perusahaan, melakukan kueri yang ditargetkan, dan melakukan analisis aktivitas bisnis.

Cara Optimasi

Berikut beberapa area yang dipertimbangkan perusahaan tersebut untuk meningkatkan efektivitas analisis audit di tingkat pengelolaan.

Karyawan

Membentuk kepemimpinan dan arahan keseluruhan.  Seperti dengan menunjuk administrator repositori yang memahami perusahaan dan proses audit.

Teknologi

Memastikan software dirancang untuk mengelola dan mengontrol analisis audit, serta memastikan ketersediaan server.

Proses

Menyusun repositori analisis audit, mempertimbangkan dengan cermat persyaratan akses, keamanan, dan kontrol akun, melakukan enkripsi data sensitif, melakukan konfirmasikan kelengkapan dan keabsahan data repositori. Serta melakukan standarisasi lokalisasi dan struktur dokumentasi.

4. Tingkat Otomatis

Setelah pengujian dilakukan dengan baik, audit siap dilanjutkan dengan otomatisasi. Agar efektif, audit berkelanjutan ini melibatkan beberapa perubahan mendasar dalam proses audit.

Karakteristik

Tingkat otomatis dibangun melalui rangkaian pengujian komprehensif yang telah dikembangkan, diuji, dan tersedia di lingkungan pusat terkendali. Umumnya, audit berkelanjutan dimulai di satu area, kemudian diperluas ke area tambahan seiring berjalannya waktu.

Keuntungan

Dapat memenuhi ekspektasi komite audit dan manajemen, memiliki kemampuan untuk melacak status audit, risiko, dan masalah pengendalian. Selain itu juga menghemat biaya dan tenaga, serta memungkinkan manajemen audit untuk memberikan wawasan secara menyeluruh.

Tantangan

Peralihan proses audit yang cukup sulit memerlukan dukungan manajemen audit senior yang memahami upaya yang diperlukan. Serta sulitnya mengalokasikan sumber daya yang cukup untuk mendukung perubahan.

Cara Optimasi

Karyawan

Berikan pelatihan tim audit dan buat sumber daya teknis yang kuat.

Teknologi

Gunakan software audit yang mendukung audit berkelanjutan dan pengawasan, pastikan perangkat mendukung kapasitas data dan operasional yang besar.

Proses

Mulai dengan rencana sederhana, bekerjasama dengan tim IT, dan pastikan data yang digunakan akurat.

5. Tingkat Pemantauan

Pada tingkat pemantauan, dilakukan upaya untuk mendorong dan mendukung penerapan pemantauan berkelanjutan. Sehingga teknik analisis audit menjadi lebih jelas bagi khalayak yang lebih luas.

Karakteristik

Perbedaan utama antara tingkat otomatis dan tingkat pemantauan adalah melalui proses alur kerjanya. Pada tingkat ini, area bisnis diberitahu tentang pengecualian dan meresponsnya, serta penggunaan dasbor untuk pelaporan keseluruhan. Hasil pengujian yang tersebar luas dapat diakumulasikan dan dilaporkan untuk menunjukkan risiko dan tren yang terus berkembang.

Keuntungan

Manfaat terbesar dari penggunaan analitik untuk audit dan pengujian pengendalian terjadi ketika area proses bisnis telah mengambil alih tanggung jawab untuk memantau transaksi secara berkelanjutan. Serta dapat mengatasi masalah yang ditandai ketika masalah tersebut terjadi.

Tantangan

Tantangan di tahap ini pada umumnya disebabkan oleh lemahnya perencanaan elemen-elemen sebelumnya (seperti proses, peran, dan teknologi). Dapat juga dikarenakan manajemen yang tidak sepenuhnya memahami peran serta tanggung jawab penting dari elemen-elemen tersebut.

Cara Optimasi

Karyawan

Tetapkan tanggung jawab menyeluruh atas keberhasilan pemantauan, serta alokasikan sumber daya untuk peninjauan dan tindak lanjut.

Teknologi

Persyaratan teknologi untuk pemantauan berkelanjutan, serta dasbor mengenai status pemantauan berkelanjutan.

Proses

Menetapkan kepemilikan dan peran masing-masing audit dan manajemen proses bisnis.

Kesimpulan

Model kemampuan analisis audit dari Diligent mendukung proses audit dalam membuat perusahaan. Menjadikannya lebih sadar akan manfaat teknik audit serta apa yang terjadi dalam bisnis.

AMT IT Solutions sebagai mitra resmi Diligent dapat membantu Anda menyediakan kebutuhan software audit. Untuk konsultasi, hubungi marketing@amt-it.com atau klik ikon WhatsApp.