Tips Memilih Audit Management Software Untuk Audit Internal

Audit Management Software

Audit internal merupakan salah satu langkah yang dapat Anda lakukan untuk menganalisis perkembangan bisnis. Umumnya, AMS atau Audit Management Software adalah teknologi yang biasa digunakan perusahaan untuk mempermudah proses audit.

Selain menghemat waktu, penggunaan software audit juga akan memberikan hasil yang lebih akurat sehingga dapat mencegah kesalahan di dalamnya. Untuk itu, sebelum membeli Audit Management Software (AMS), ada baiknya Anda mempertimbangkan beberapa faktor pendukung yang ada pada software tersebut. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Data dan Analitik

Audit Management Software adalah

Salah satu faktor penting yang perlu dipertimbangkan saat memilih Audit Management Software adalah kemampuan data dan analitik. Aplikasi manajemen audit yang baik haruslah dapat menyederhanakan kompleksitas yang ada dalam proses pengumpulan. Seperti dengan memanfaatkan API untuk melakukan sinkronisasi data.

Aplikasi audit tersebut juga harus memiliki fitur analitik seperti fitur visualisasi data untuk mengidentifikasi risiko, serta mengotomatiskan area analisis numerik. Hal ini juga menjadi salah satu keunggulan aplikasi audit yang lebih dari Excel. 

2. Integrasi

Fitur tidak kalah penting yang harus ada pada software analisis data adalah integrasi. Hal ini akan membantu Anda berkoordinasi antar departemen untuk keperluan audit. Dengan adanya sistem integrasi yang kuat, tentunya akan membantu tim audit internal untuk memahami apa yang terjadi di area lain. Seperti kepatuhan terhadap peraturan keamanan informasi.

Dengan Audit Management Software (AMS) yang terintegrasi, semua pihak dapat memantau langsung proses audit yang tengah berjalan. Sehingga memberikan proses yang berjalan lancar serta hasil audit yang lebih kuat secara keseluruhan.

3. Keamanan

Audit Management Software adalah  tool yang harus memiliki tingkat keamanan yang baik karena bertanggung jawab untuk mengelola banyak informasi perusahaan. Untuk itu, memiliki kemampuan data dan analitik canggih tidaklah cukup jika software yang digunakan belum memiliki protokol keamanan yang memadai.

Untuk menghindari risiko pencurian data dan potensi bahaya lainnya, Anda perlu memastikan aplikasi yang akan dibeli aman dan dapat dipercaya. Untuk melakukannya, beberapa perusahaan akan melakukan host software audit internal di server mereka sendiri. Dengan begitu, persyaratan teknik dan keamanan dalam proses audit dapat terpenuhi.

4. Pelaporan

Pelaporan merupakan tahapan manajemen data yang cukup penting. Untuk itu, perusahaan perlu mempertimbangkan kemampuan pelaporan dari software audit yang akan dibelinya.

Anda dapat mulai mempertimbangkan waktu dan upaya yang dibutuhkan untuk menghasilkan laporan audit. Terutama, jika tim audit internal Anda menggunakan pendekatan penilaian risiko berkelanjutan.

Lalu, Anda juga perlu menilai apakah pelaporan temuan audit dapat dengan mudah dipahami oleh eksekutif, dewan, maupun tim audit eksternal. Hal ini tentunya kembali kepada fitur analisis data untuk membuat visualisasi data pada software yang akan Anda gunakan.

5. Kemudahan Penggunaan

Faktor lain yang dapat menjadi bahan pertimbangan Anda dalam memilih Audit Management Software adalah kemudahan penggunanya. Faktor ini mencakup tampilan pengguna atau user interface pada aplikasi audit yang Anda gunakan.

Selain itu, Anda juga dapat mempertimbangkan pengalaman pengguna atau user experience. Hal ini dapat dilihat dari kesamaan aplikasi dengan sistem yang ada dan yang pernah Anda gunakan.

Semakin Anda merasa familiar dengan UI maupun UX dari suatu aplikasi audit, maka akan semakin mudah untuk Anda menggunakannya. Dengan menggunakan sistem yang sudah familiar, waktu yang dibutuhkan untuk mengelola data audit juga dapat lebih singkat.

Ada beberapa software audit yang lebih mudah digunakan. Hal ini dapat dilihat  berdasarkan komponen yang dipakai ketika digabungkan dengan sistem yang sudah ada atau sudah dimiliki terlebih dahulu oleh perusahaan.

Untuk itu, pastikan Anda memilih aplikasi audit yang dapat dengan mudah berbagi data dengan perangkat yang sudah ada di perusahaan Anda. Hal ini dilakukan untuk mempermudah kolaborasi dalam temuan, mengidentifikasi risiko, serta menyesuaikan kontrol internal.

Pilih Software Terbaik Untuk Audit Bisnis Anda

Audit Management Software (AMS)

Selain faktor harga, fitur-fitur yang ada pada Audit Management Software adalah hal penting yang perlu Anda perhatikan. Setidaknya, software audit harus memiliki kemampuan mengolah dan menganalisis data yang baik. Selain itu, juga harus terintegrasi, aman, serta mudah digunakan.

AMT IT Solutions bersama Diligent menyediakan Audit Management Software (AMS) yang dapat membantu Anda melakukan audit internal perusahaan dengan lebih mudah dan efektif.