Model Kemampuan Analisis Audit Diligent (Bagian 1)

Model Kemampuan Analisis Audit

Diligent mengembangkan model kemampuan analisis audit, yaitu sebuah kerangka kerja untuk menilai berbagai tingkat teknik dan manfaat analisis audit. Model tersebut berisi lima tingkatan yang harus dilalui oleh tim audit internal untuk mengembangkan analisisnya.

Model tersebut juga menguraikan landasan fundamental, seperti sumber daya manusia, proses, dan teknologi yang diperlukan. Berikut penjelasannya.

1. Tingkat Dasar

Model Kemampuan Analisis Audit

Auditor perusahaan di tingkat ini mulai menggunakan analisis untuk menghasilkan rangkuman statistik dan klasifikasi data. Termasuk mengidentifikasi anomali seperti adanya duplikasi, serta memahami aktivitas transaksi di area tertentu.

Karakteristik

Penggunaan analisis data biasanya bersifat ad hoc. Hanya sedikit keterlibatan dari manajemen, dan seringkali auditor memilih perangkat yang hanya dapat digunakan oleh beberapa orang atau spesialis tertentu.

Keuntungan

Memiliki pandangan yang lebih baik mengenai masalah risiko dan pengendalian audit di area tertentu. Analisis cukup mendalam, sehingga auditor dapat dengan cepat mengidentifikasi kejadian spesifik seperti penipuan, kesalahan, dll.

Tantangan

Akses data yang sulit. Termasuk dalam memahami apakah suatu data diperlukan untuk mendukung pengujian tertentu dan akses memperoleh data tersebut.

Cara Optimasi

Karyawan
Berikan pelatihan tim audit dan buat sumber daya teknis yang kuat.

Teknologi
Gunakan software audit yang mendukung audit berkelanjutan dan pengawasan, pastikan perangkat mendukung kapasitas data dan operasional yang besar.

Proses
Mulai dengan rencana sederhana, bekerjasama dengan tim IT, dan pastikan data yang digunakan akurat.

2. Tingkat Penerapan

Model kemampuan analisis audit kedua ini jauh lebih komprehensif, sepenuhnya terintegrasi, dan mulai mengubah bagaimana cara audit dilakukan. Pada tingkat ini, perencanaan audit mempertimbangkan analisis, dengan pengujian berulang untuk mendukung seluruh area audit.

Karakteristik

Prosedur peninjauan dan penjaminan mutu diterapkan untuk memastikan kualitas dan validitas analisis data. Penggunaan analisis juga bersifat progresif dan akan meningkat seiring waktu dan penambahan pengujian untuk mendukung tujuan audit yang lebih luas.

Keuntungan

Memberikan tingkat jaminan yang lebih besar, dengan prosedur audit manual, pengambilan sampel, dan pengujian yang dikurangi. Sehingga tugas selesai lebih cepat, dan auditor dapat fokus pada bidang risiko baru.

Tantangan

Ada beberapa tantangan dalam menerapkan analisis audit secara luas dan integrasinya ke dalam proses audit. Seperti adanya perbedaan besar antara penggunaan alat analisis, sehingga harus memiliki program analisis, termasuk mengelola dan mengubah proses jika diperlukan. 

Cara Optimasi

Karyawan
Terapkan tanggung jawab pada orang yang memiliki kemampuan teknis, latih para spesialis dalam akses data dan pengembangan pengujian.

Teknologi
Jika ada tantangan akses data, pertimbangkan konektor data khusus.

Proses
Tetapkan dan komunikasikan tujuan dan sasaran secara luas, kembangkan prosedur, kembangkan rencana program analisis audit yang komprehensif.

3. Tingkat Pengelolaan

Tujuan pada model kemampuan analisis audit tingkatan ini, yaitu untuk mencapai analisis data berbasis tim. Di mana data pemrosesan sudah terpusat, terkendali, aman, dan efisien.

Karakteristik

Memiliki lingkungan server yang terstruktur dengan baik, dan dikelola secara terpusat. Selain itu juga menyimpan dan memelihara kumpulan data besar serta konten proses analisis audit. Di tingkat ini, auditor non-teknis akan lebih praktis dalam mengakses dan menggunakan informasi.

Keuntungan

Meningkatkan efisiensi tim, mendukung proses yang memudahkan dalam menjaga kualitas dan integritas pekerjaan analitik. Serta meningkatkan hubungan yang efektif dengan teknologi IT.

Tantangan

Perlunya persiapan peralihan dari analisis biasa menuju analisis terkelola. Persiapan tersebut termasuk membangun lingkungan terkelola dan terpusat, untuk analisis audit. Dimulai dari perencanaan, persiapan, hingga sumber daya.

Cara Optimasi

Karyawan
Tunjuk administrator repositori yang memahami perusahaan dan proses audit.

Teknologi
Memastikan software dirancang untuk mengelola dan mengontrol konten analisis audit.

Proses
Susun repositori analitik audit, pertimbangkan dengan cermat persyaratan akses, keamanan, dan kontrol akun. Enkripsi atau sembunyikan data sensitif. Konfirmasikan kelengkapan dan keabsahan data repositori.

Maksimalkan Performa Audit Bersama Diligent

AMT IT Solutions sebagai official partner Diligent dapat membantu Anda menyediakan kebutuhan software audit management. Untuk konsultasi dan informasi lebih lanjut, hubungi marketing@amt-it.com atau klik ikon WhatsApp.