Manfaat Analisis Data Untuk Meningkatkan Fungsi Audit Internal

Manfaat Analisis Data

Auditor pada umumnya akan memanfaatkan analisis data untuk meningkatkan program audit internal mereka. Dengan begitu, mereka dapat menyampaikan laporan audit yang lebih berpusat pada bisnis, berfokus pada risiko, dengan prioritas yang lebih tinggi.

Melalui manajemen audit yang tepat, Anda dapat merasakan manfaat analisis data yang dapat menciptakan fungsi audit yang lebih fokus, efisien, dan berorientasi pada nilai. Simak selengkapnya di sini.

Peran Analisis Data Dalam Proses Audit

Manfaat Analisis Data

Peran analisis data dibutuhkan ketika ingin mengubah fungsi. Dari hanya sebagai jaminan berbasis pelaporan, menjadi penasihat dan mitra bisnis terpercaya.

Perubahan fokus dan persepsi tersebut menuntut fungsi yang cepat dan proaktif. Dengan konsep tersebut, tim audit akan membuat proses audit menjadi berbasis nilai. Dengan pemanfaatan software analisis data yang dapat memberikan jaminan keuangan dan kepatuhan, maka audit dapat fokus pada risiko lainnya.

Manfaat Analisis Data

Beberapa manfaat analisis data bagi auditor:

  1. Meningkatkan kualitas data;
  2. Memberdayakan auditor;
  3. Membantu auditor memprioritaskan risiko;
  4. Memungkinkan risiko dilihat dengan lebih luas;
  5. Memungkinkan rencana audit yang selaras;
  6. Mendukung pelaksanaan proses audit;
  7. Memberikan wawasan;
  8. Memberikan gambaran yang jelas tentang kepatuhan;
  9. Mendorong efisiensi yang lebih besar sepanjang siklus hidup audit.

Tantangan Memanfaatkan Analisis Data

Ada beberapa tantangan dalam mengupayakan pemanfaatan analisis data bagi audit internal, beberapa diantaranya seperti:

Memperoleh data yang komprehensif dan akurat

Tidak semua perusahaan memiliki data yang secara berkala dikumpulkan, sehingga auditor bisa saja mengalami kendala dalam menggunakan analisis data. Namun demikian, Anda dapat menggunakan solusi AI dan robotics untuk membantu mengumpulkan data secara otomatis.

Menentukan siapa yang harus terlibat

Jika analisis data dan audit belum berkaitan, pastinya Anda perlu menentukan siapa yang harus mengelolanya. Tidak hanya mempertimbangkan siapa yang akan terlibat, namun juga siapa yang akan bekerja di masa depan.

Memilih Teknologi yang Tepat

Ada banyak penyedia software analisis untuk membantu Anda mengaitkan antara analisis data dan audit. Untuk menemukan solusi yang tepat, tentunya menjadi tantangan tersendiri bagi perusahaan.

Lakukan Analisis Data Bersama Diligent

Untuk memperoleh manfaat analisis data yang maksimal, tentunya Anda perlu mengendalikan beberapa tantangan. Diligent menyediakan solusi audit manajemen bagi Anda yang ingin memanfaatkan analisis data untuk audit internal.

AMT IT Solutions sebagai mitra resmi Diligent dapat membantu Anda menyediakanan kebutuhan tersebut. Untuk konsultasi dan informasi lebih lanjut, hubungi marketing@amt-it.com atau klik ikon WhatsApp.