Windows 11 Upgrade

Review Windows 11: Perlukah Anda Upgrade Sekarang?

Windows 11 akhirnya rilis di Indonesia. Setelah ditunggu-tunggu selama lebih dari 5 tahun, Windows 11 siap memberikan tampilan baru, sejumlah fitur baru untuk menunjang tren kerja multitasking. Pengubahan fitur-fiturnya bertujuan untuk lebih memudahkan pengguna dalam bekerja.

Di artikel kali ini, AMT IT Solutions akan mereview Windows 11 dan menjabarkan hal apa saja yang kami suka dari sistem operasi Windows versi terbaru ini. Kalau Anda masih ragu untuk mengupgrade komputer Anda, berikut review Windows 11 dari kami yang bisa jadi bahan pertimbangan Anda.

Microsoft Teams Integrated

Tampilan Warna Baru yang Lebih Fresh!

Memang tampilan bukanlah segalanya, namun pada kenyataannya warna memainkan peran penting yang membuat update pada Windows 11 semakin terasa. Microsoft sukses memberi sentuhan yang lebih berwarna pada Windows 11. Selain itu, sistem operasi terbaru ini juga lebih mudah digunakan jika dibandingkan dengan versi sebelumnya.

Pengubahan paling mencolok lainnya adalah Taskbar yang berada di tengah dengan tampilan yang jauh lebih minimalis. Meski posisi Taskbar di versi ini berubah, sebagian fungsinya ternyata masih sama. Intinya, tampilan dan nuansa Windows 11 lebih bersih dan menawarkan user experience yang lebih menyenangkan.

Tema Windows 11 yang juga lebih cantik juga patut diapresiasi. Sebagai informasi, Windows 11 hadir dengan 6 tema preset dengan pilihan warna berani, background yang indah, dan mode terang-gelap yang bisa disesuaikan dengan selera user.

Pengubahan lainnya yang juga layak diapresiasi adalah folder default seperti Musik, Video, dan Gambar hadir dalam berbagai pilihan warna yang tidak membosankan. Semua perubahan dan keindahan di atas selanjutnya dikombinasikan dengan control panel yang bisa dengan cepat menghubungkan Wi-Fi dan bluetooth.

Multisnap Microsoft Windows 11

Support Tren Kerja Multitasking!

Selama ini banyak user yang menyukai kemampuan multitasking Windows 10. Menyadari hal tersebut, pada Windows 11, Microsoft kembali mengupgrade kemampuan multitasking ini dengan nama multisnap. Di Windows 11, kini user bisa membuat beberapa desktop virtual, di mana masing-masing desktop berisi kumpulan aplikasi yang sedang dibuka.

Fitur semacam ini tentunya berguna jika Anda ingin dengan leluasa mengubah tema komputer Anda, dari komputer untuk bekerja di siang hari, menjadi komputer gaming yang siap dimainkan di malam hari. Selain itu, update pada Windows 11 memungkinkan user memberi nama dan background yang berbeda pada setiap desktop.

Lainnya, Windows 11 menghadirkan Snap Layouts yang baru, yang memungkinkan user mengarahkan kursor ke window untuk kemudian memilih layout yang mampu memisahkan dua hingga empat layar aplikasi.

Microsoft Teams Integrated

Lebih Mudah Fokus

Mungkin Anda sudah tahu kalau fitur Focus Assist sudah ada di Windows sejak lama. Namun, pada Windows 11 Focus Assist ditempatkan di bagian depan dan tengah sehingga user bisa langsung mengaksesnya dari Taskbar.

Fitur ini juga bermanfaat dikarenakan memiliki tiga pengaturan notifikasi berbeda yang bisa user pilih, yaitu: Off (mengizinkan semua notifikasi), Priority Only (hanya mengizinkan notifikasi dari aplikasi yang user pilih), dan Alarm Only (bisukan semua notifikasi kecuali alarm). Tentunya user sangat membutuhkan fitur yang satu ini, utamanya jika sedang fokus mengerjakan deadline!

Pada Windows 10, Focus Assist relatif jarang digunakan karena terdapat di dalam menu. Itulah mengapa, perubahan Focus Assist  Windows 11 yang menempatkannya langsung di bagian depan dan tengah, hal ini jauh lebih memudahkan pengguna dalam bekerja.

Android Collection Microsoft Windows 11

Hal Kecil yang Membuat Pengubahan Besar

Meskipun Windows 11 memiliki tampilan dan fitur baru yang signifikan, justru perubahan-perubahan seperti inilah yang membuat kami terkesan! Contohnya, sekarang user bisa melihat ikon kecil di bagian bawah layar ketika user sedang menggunakan mikrofon.

Di samping itu, kami juga mengapresiasi bahwa kini Windows 11 memberikan estimasi terkait berapa lama waktu yang diperlukan untuk mengupdate software saat user memilih opsi “Update and Shut Down” atau “Update and Restart.”

Jadi, Perlukah Anda Upgrade Windows 11 Sekarang?

Sejauh ini, dapat kami simpulkan penyegaran visual, basic tasks seperti notifikasi yang bisa dimatikan, dan pengaturan yang bisa disesuaikan serta lebih mudah adalah sejumlah perubahan yang meningkatkan user experience WIndows 11.

Jadi, jika sejauh ini Anda masih bingung untuk mengupgrade Windows 11 atau tidak, terdapat 2 alasan yang bisa membantu Anda memutuskan, yaitu: Anda seorang multitasker atau Anda menginginkan tampilan Windows yang lebih baik.

Jika Anda adalah seseorang yang kerap menghandle banyak proyek dan dituntut untuk membuka beberapa aplikasi sekaligus dalam satu waktu, maka Anda akan sangat terbantu dengan fitur dan kemampuan terbaru yang ditawarkan Windows 11.

Sedangkan, jika Anda pengguna setia Windows dan sudah sejak lama menginginkan penyegaran dan tampilan Windows yang dikemas lebih rapi, inilah waktu yang tepat bagi Anda untuk merasakan pengalaman baru menggunakan Windows!

Selain itu, kami juga merekomendasikan untuk segera beralih ke Windows 11 kepada less tech-savvy users karena versi terbaru Windows ini lebih mudah digunakan.

Dengan demikian, jika Anda memiliki sistem operasi lama yang tidak dapat menjalankan Windows 11, Anda mungkin perlu mempertimbangkan untuk membeli PC yang kompatibel. Alasannya karena dalam beberapa tahun ke depan, Microsoft dikabarkan akan mengakhiri dukungannya terhadap WIndows 10.

Ada beberapa ketentuan dari Microsoft sebelum Anda melakukan upgrade ke Windows 11, seperti adanya TPM 2.0, RAM minimal 8GB, storage 64GB, dan processor 64 Bit.

Namun, jika Anda bingung mencari rekomendasi vendor untuk membeli PC yang kompatibel untuk kantor Anda, AMT IT Solutions bisa menjadi solusinya! Sebagai salah satu mitra resmi Microsoft di Indonesia, AMT siap menyediakan PC yang kompatibel dengan Windows 11. Selain itu, AMT IT Solutions juga menyediakan beragam layanan Microsoft yang dapat mendukung performa kerja karyawan! Tunggu apalagi, hubungi kami and let’s collaborate!