Laporan Audit: Pengertian, Komponen, dan Fungsinya

laporan audit adalah

Laporan audit adalah tujuan dari diadakannya proses audit oleh perusahaan yang telah menjalankan bisnisnya dalam kurun waktu tertentu. Nantinya, laporan audit akan menghasilkan wawasan bagi para pimpinan untuk menentukan arah bisnis selanjutnya.

Untuk membuat laporan audit, tentunya Anda memerlukan pemahaman mengenai apa itu audit, komponen, serta fungsinya bagi bisnis. Berikut penjelasannya.

Apa Itu Laporan Audit?

Laporan Audit adalah

Menurut Diligent, laporan audit adalah dokumen yang berisi pendapat auditor mengenai performa keuangan perusahaan. Termasuk penilaian apakah perusahaan tersebut memenuhi peraturan pelaporan keuangan yang berlaku.

Selain itu, laporan audit pada umumnya akan memuat uraian mengenai peran auditor, peran manajemen, ruang lingkup audit, dan opini audit. Untuk membuat laporan audit, para auditor haruslah mengikuti format standar audit yang berlaku secara umum. Dengan beberapa pengecualian tergantung pada sifat auditnya.

Fungsi Laporan Audit

Fungsi dari laporan audit adalah untuk membuat pernyataan tentang status keuangan suatu perusahaan yang berkaitan dengan pelaporan keuangannya. Seperti misalnya, audit tahunan yang berfungsi untuk menunjukkan transparansi dalam pelaporan keuangan perusahaan.

Selain itu, laporan audit juga memberikan langkah positif bagi perusahaan dalam membangun hubungan baik antara perusahaan, investor, dan masyarakat. Adanya laporan audit akan memberikan gambaran kinerja uang perusahaan pada tahun fiskal tertentu, serta seberapa efektif perusahaan mematuhi regulasi yang berlaku.

Laporan audit juga berguna bagi investor sebagai bahan analisis sebelum memutuskan investasinya pada perusahaan yang dituju. Sedangkan bagi tim penyelenggara regulasi, laporan audit berfungsi untuk memutuskan apakah perusahaan harus menerima sanksi ketidakpatuhan atau tidak.

Komponen Laporan Audit

Pada umumnya, laporan audit memiliki komponen berbeda mulai dari tanda tangan auditor hingga rekomendasinya untuk perusahaan yang diaudit. Komponen-komponen tersebut mencakup:

  1. Judul Laporan
    Sebagian besar judul laporan audit haruslah jelas dan dapat menunjukkan apakah auditor independen atau tidak.

  2. Pendahuluan
    Bagian pendahuluan umumnya berupa paragraf pendek yang mencakup informasi perusahaan dan durasi yang diaudit.

  3. Ruang Lingkup
    Pada bagian ruang lingkup umumnya berisi tentang paragraf yang menjelaskan apa saja komponen yang dianalisis oleh auditor.

  4. Ringkasan eksekutif
    Di bagian ini, auditor akan merangkum secara singkat hasil audit dan pendapatnya.

  5. Opini
    Setelah ringkasan eksekutif, auditor akan memberikan lebih banyak rincian tentang opini mereka serta pengaruhnya bagi perusahaan.

  6. Nama dan tanda tangan auditor
    Di bagian akhir, auditor akan menutup laporan dengan nama dan tanda tangannya.

Kapan Perusahaan Perlu Melakukan Audit?

Sebelum melakukan audit, pihak manajemen perusahaan akan memberikan informasi keuangan kepada komite audit. Selama masa audit tahunan, auditor harus meninjau proses dan prosedur yang digunakan perusahaan untuk menyiapkan informasi keuangan. Setelah audit, auditor menyiapkan laporan audit, termasuk memeriksa apakah perusahaan menggunakan GAAP (Generally Accepted Accounting Principle) atau kerangka pelaporan lain yang berlaku.

Lakukan Audit Bersama Diligent Audit Management

Audit manajemen memiliki peran penting bagi keberlangsungan perusahaan. Laporan audit adalah salah satu fungsi audit untuk menilai performa perusahaan, sekaligus membangun hubungan yang lebih baik antara perusahaan, investor, dan konsumennya.

Agar mempermudah proses audit manajemen perusahaan, Diligent menyediakan solusi Diligent Audit Management. AMT IT Solutions sebagai mitra resmi Diligent dapat membantu Anda menyediakan solusi tersebut. Hubungi marketing@amt-it.com atau klik ikon WhatsApp untuk konsultasi dan informasi lebih lengkap.