Backup as a Service

Pentingnya Backup as a Service Bagi Perusahaan di Masa Pandemi

Saat ini, berbagai organisasi dan perusahaan berlomba-lomba dalam meningkatkan inovasi teknologi, hal ini dilakukan agar produk dan layanan mereka terus dapat diterima oleh pelanggan. Mengingat situasi dan kondisi pandemi saat ini juga memiliki berbagai dampak bagi proses bisnis. 

Perusahaan memerlukan solusi teknologi yang dapat memaksimalkan proses bisnis agar terus dapat berjalan lancar. Namun terkadang solusi tersebut memerlukan biaya anggaran yang relatif besar. Tim manajemen perlu merencanakan anggaran dengan baik melalui berbagai pertimbangan, baik dari segi cost maupun fungsi.

Bagi perusahaan yang sehat secara ekonomi dengan anggaran yang lebih besar, mereka mungkin akan terus beroperasi dengan model belanja capital expenditure (Capex). Namun tidak bagi small medium business (SMB), tim manajemen harus lebih efisien dalam menggunakan anggaran yang ada.

Guna menyiasati hal tersebut, saat ini banyak perusahaan mulai melakukan peralihan anggaran pembelanjaan, yaitu dari CAPEX ke OPEX. Hal ini dianggap lebih sesuai dengan kondisi Pandemi saat ini, yang mana biaya yang dikeluarkan tidak terlalu besar di awal dan lebih meringankan anggaran perusahaan, ditambah pembayaran dapat dilakukan setiap bulan.

Pada masa pandemi, hampir seluruh perusahaan yang bergerak di sektor non esensial memberlakukan sistem Work From Home (WFH) bagi karyawannya. Di samping itu, para ahli menemukan banyaknya kejadian serangan ransomware. Salah satu contoh kasusnya adalah Snake Ransomware yang menyerang salah satu perusahaan otomotif terbesar di dunia.

Pemberlakuan WFH justru memberikan celah yang sangat besar bagi pelaku serangan siber untuk melancarkan serangan. Hal ini terjadi karena pada saat WFH karyawan menggunakan network/jaringan internet rumah yang notabene belum menggunakan sistem network security yang baik sehingga rentan untuk di serang oleh berbagai Ransomware yang bisa menyebabkan hilangnya data-data penting karyawan. Perusahaan memerlukan solusi yang dapat meminimalisir masalah tersebut, seperti salah satunya Backup data dari provider yang terpercaya. Solusi Backup as a Service mampu memberikan perlindungan data secara menyeluruh di dalam IT environment suatu perusahaan.

Berikut adalah 5 alasan mengapa Perusahaan perlu mengimplementasi Backup as a Service di masa pandemi

Backup as a Service

Focus IT on strategic business priority

Keuntungan yang ditawarkan Backup as a service membuat perusahaan tidak perlu mengkhawatirkan data loss atau pencurian data di tengah maraknya tren WFH. Menggunakan teknologi yang telah diotomatisasi, Perusahaan bisa memanfaatkan waktu berharga untuk fokus pada inovasi dan pengembangan bisnis yang dapat mendatangkan profit. 

Backup as a Service

Maximizing Efficiency and Reducing Cost

Keuntungan lainnya dalam menggunakan backup as a service adalah perusahaan hanya perlu membayar untuk apa yang digunakan. Perusahaan dapat mengurangi biaya ekstra seperti pembelian hardware di awal. Melalui solusi Backup as a Service, storage dapat dengan mudah disesuaikan mengikuti kebutuhan perusahaan.

Backup as a Service

CAPEX To OPEX Shift

Peralihan model CAPEX ke OPEX turut meminimalisir biaya anggaran diawal. Selain itu, model OPEX membuat perusahaan menjadi lebih fleksibel dalam mengelola dan merencanakan anggaran.

Backup as a Service

Providing Experienced & Certified Team

Proses backup dan restore data akan selalu dipantau dan ditangani tim yang handal dan bersertifikat di bidang backup dan restore data. Provider juga akan selalu memonitor kapasitas dan kinerja backup.

Backup as a Service

Simplify, Accelerate & Improve Disaster Recovery

Menggunakan backup as a service, berarti perusahaan telah meningkatkan kemampuan proteksi data dalam menanggapi bencana, seperti kehilangan atau bahkan pencurian data. Dengan begitu proses recovery dan restore data nantinya dapat dilakukan secara efisien dan terjangkau,  karena dikerjakan langsung oleh ahlinya.

Bagaimana AMT IT Solutions Dapat Membantu Proses Backup Data Anda?

Saat ini organisasi dan perusahaan memiliki ketergantungan bisnis terhadap teknologi dan service provider yang semakin meningkat. Hal ini dikarenakan service provider hadir sebagai alternatif perusahaan dalam menjalankan bisnis yang aman dan hemat biaya di tengah maraknya tren WFH.

Jika Anda belum menemukan vendor yang tepat, AMT IT Solutions bisa menjadi opsi bagi perusahaan Anda. Memiliki track-record baik selama lebih dari 20 tahun di industri IT Solution, AMT IT Solutions memiliki tim yang handal dan berpengalaman. 

Didukung dengan partners terbaik di kelasnya, AMT IT Solutions dengan bangga mempersembahkan layanan Backup as a Service yang mampu menjamin keamanan data, mulai dari proses pemindahan hingga pemeliharaan data. Dengan layanan Backup as a Service dari AMT IT Solutions, tenangkan pikiran Anda dari resiko serangan siber yang meningkat di saat perusahaan menerapkan WFH.