Apa itu Digital Banking? Apa Saja Kegunaannya di Era Transformasi?

Backup Exec

Perkembangan digital di Indonesia tumbuh dan berkembang sangat cepat, hal ini terlihat pada Financial Service Industry. Salah satu faktornya adalah, bank digital dirasa sangat praktis dan efisien, contohnya adalah Pengguna tidak memerlukan kartu lagi dalam proses bertransaksi, serta Pengguna tidak perlu lagi datang ke kantor fisik untuk membuka rekening.

Transformasi digital telah menjadi tren di perbankan dalam kurun waktu dua satu dekade belakangan ini. Seperti halnya pada bisnis industri lainnya, teknologi secara bertahap membentuk kembali industri jasa keuangan di segala aspek, termasuk bank.

Veritas Backup Exec

Berbagai cara perlu dilakukan industri perbankan untuk dapat bertahan dan tetap tumbuh berkembang. Bank perlu berusaha lebih keras lagi untuk mempertahankan nasabah yang sudah ada, sambil menambah nasabah yang baru. Bank tidak hanya perlu meningkatkan kepuasan nasabah, tetapi juga mulai memerhatikan keterikatan emosional nasabah.

Namun, masih banyak orang yang belum memahami apa itu bank digital? Dan apa saja keuntungan yang dapat dimiliki oleh Pengguna? Melalui laman resmi Otoritas Jasa Keuangan (OJK), bank digital adalah bank berbadan hukum Indonesia yang memberikan, serta menjalankan kegiatan usaha utamanya dengan menggunakan saluran elektronik.

Melalui artikel ini tim AMT IT Solutions memberikan fakta menarik seputar bank digital, dan apa saja keunggulan yang dapat dinikmati oleh pelanggan saat menggunakannya, di antaranya adalah :

1. Biaya Admin yang Murah dan Terjangkau

Keuntungan yang dapat dirasakan oleh Pengguna adalah biaya admin yang sangat terjangkau. Biaya yang ringan akan membuat Pengguna lebih sering melakukan aktivitas perbankan tanpa perlu pertimbangan. Keuntungan ini tentunya cukup menjadi solusi yang tepat jika ingin melakukan penghematan pengeluaran dari sumber dana yang ada di dalam rekening.

2. Potongan Harga dan Promo Khusus

Layanan Bank Digital bisa terbilang baru, maka seringkali bank digital memberikan rewards atau promo tertentu untuk setiap transaksi yang dilakukan. Mulai dari promo potongan harga, cashback, hingga poin yang jika dikumpulkan dapat ditukarkan dengan voucher diskon.

3. Layanan 24/7

Proses metode online dari layanan digital banking harus bisa dimanfaatkan oleh para Pengguna sesuai dengan kebutuhannya. Maka dari itu Bank Digital memiliki layanan perbankan yang bisa diakses selama 24 jam. Pengguna dapat melakukan aktivitas perbankan kapan dan di mana saja, bahkan sampai layanan customer service dapat dilakukan kapan saja. Selama Pengguna masih terdapat koneksi internet, transaksi apa saja bisa diselesaikan dengan cepat melalui bank digital.

Apa itu Digital Banking

Setelah mengetahui 3 keunggulan dari layanan bank digital, Anda juga harus mengetahui bagaimana cara bank digital melakukan penyimpanan data nasabah agar tetap aman. Hilangnya informasi sensitif dan rahasia, baik karena pencurian, kesalahan atau bencana alam, sangat merugikan bisnis layanan perbankan digital. Oleh karena itu, layanan perbankan digital harus mulai menggunakan solusi backup yang tepat.

Saat ini metode cloud merupakan topik hangat dan terus dibicarakan hingga saat ini. Dengan kemampuan untuk berintegrasi di pusat data fisik di perbankan, solusi cloud hybrid menjadi lebih populer. Layanan perbankan digital membutuhkan keamanan berlapis untuk menghindari penyalahgunaan hak akses. Dengan demikian, solusi backup yang tepat untuk layanan perbankan digital harus berada di lingkungan cloud dan memiliki fitur keamanan yang canggih.

Terdapat beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan ketika memilih solusi backup untuk perbankan digital. Salah satunya adalah solsui Backup Exec dari Veritas. Dengan semakin meningkatnya kebutuhan akan keamanan, tentunya Veritas menciptakan sistem keamanan di level tertinggi. Melihat tren saat ini dalam cybersecurity, Multi-factor Authentication menjadi suatu hal yang wajib diterapkan pada perusahaan dalam penggunaan aplikasi.

Melaului implementasi Backup Exec Remote Administration Console, pengguna akan terhubung ke Backup Exec 21 Media Server yang menggunakan logged-on user’s credentials untuk melakukan otentikasi. Pengguna dapat memilih apa yang akan dicadangkan, tempat menyimpannya, dan cara membayarnya. Data tetap aman dan tersedia. Anda dapat mencadangkannya di cloud, memulihkan data, atau menghubungkan ke penyimpanan on-prem.

Backup Exec tersedia untuk pembelian dalam lisensi berlangganan atau berjangka, berdasarkan dengan tingkat fungsionalitas yang Anda butuhkan.

Dengan menggunakan Veritas Backup Exec, terdapat 3 keunggulan, seperti :

  1. Backup Solusi yang Sederhana, yang dapat melakukan monitoring semua aktivitas pencadangan, serta dapat melaukan pemulihan dengan cepat melalui interface yang mudah digunakan.
  2. Akses keamanan berlapis dengan otentikasi dua faktor dan mencegah injeksi kode berbahaya.
  3. Terintegrasi oleh platform VMware, Microsoft, dan Linux dengan mulus dari konsol pengguna yang sama.

Melalui perkembangan industri perbankan digital, AMT IT Solutions dan Veritas berkomitmen untuk terus dapat melayani dan membantu proses transformasi industri perbankan, agar tetap aman dan nyaman bagi Pengguna.