Cara Mencegah Risiko Document-based Audit Bersama Diligent

Cara Mencegah Risiko Document-based Audit

Risiko audit tradisional seperti document-based pada umumnya terjadi karena permasalahan teknologi audit yang kurang memadai. Sehingga, auditor perlu mencari cara mencegah risiko document-based audit agar perusahaan mereka tidak mengalami kerugian.

Dengan adanya software manajemen audit yang terstruktur dengan baik, maka dapat dipastikan jika proses audit dapat berjalan sesuai dengan kebutuhan yang ada. Hingga akhirnya, pemangku kepentingan dapat memperoleh wawasan maksimal dengan hasil audit yang dapat diandalkan.

Solusi yang dapat Anda perhatikan untuk mencegah risiko audit seperti dark data, yaitu sebagai berikut:

Faktor Munculnya Risiko Document-based Audit

Risiko Audit

Risiko audit seperti dark data terbentuk karena auditor dan perangkat auditor memungkinkan dokumentasi audit utama diambil dalam file yang mengisolasi informasi tersebut, dari kemampuan kueri dan mengaburkannya dari pencatatan audit.

Ada tiga faktor yang dapat Anda tangani untuk memastikan agar pekerjaan audit Anda tidak terganggu oleh dark data:

Auditor

Cara mencegah risiko document-based audit yang pertama adalah dengan mengembangkan komunikasi positif untuk seluruh tim audit. Konfirmasikan bahwa audit internal melakukan langkah yang sederhana namun transformatif dalam kemampuannya untuk menyampaikan wawasan secara fleksibel dan efektif.

Proses

Anda dapat memasukkan prosedur ke dalam metodologi audit inti sehingga semua auditor memahami dua kategori dokumentasi audit digital, yaitu bahwa persiapan kertas kerja audit dilakukan sesuai dengan itu dan proses penjaminan mutu diselaraskan untuk meninjau hal yang sama.

Teknologi

Anda dapat melindungi auditor dari risiko dengan memilih teknologi secara bijak, dan memberlakukan alur kerja yang dapat mencegah informasi audit utama didokumentasikan dalam dark file. Serta, menonaktifkan metadata kunci agar tidak disematkan dalam file tersebut.

Mengapa Perlu Mencegah Risiko Audit?

Solusi dalam mengatasi risiko audit adalah dengan mengganti manajemen audit yang sudah dilakukan. Hal ini tentunya memiliki tantangan tersendiri, apalagi jika perusahaan Anda termasuk ke dalam perusahaan yang melakukan audit dalam jumlah besar.

Namun demikian, mengganti manajemen audit merupakan cara yang pantas untuk dicoba. Bagaimanapun mencegah risiko audit perlu dilakukan karena beberapa faktor, seperti:

  1. Peningkatan produktivitas pekerjaan lapangan audit;
  2. Konsistensi pendekatan dan kualitas yang jauh lebih tinggi antar audit;
  3. Meningkatkan kualitas wawasan audit;
  4. Melakukan ekspansi wawasan audit yang luas dengan mudah;
  5. Pengiriman wawasan yang lebih cepat;
  6. Meningkatkan kemampuan untuk menyajikan laporan berdampak tinggi;
  7. Roll-forward audit yang lebih mudah dan tidak terlalu invasif;
  8. Otomatisasi audit yang ditingkatkan secara umum.

Cara Diligent Membantu Anda Mencegah Risiko Document-based Audit

Auditor internal melakukan banyak pekerjaan untuk menangkap pemikiran dan bukti penting, mengunggah pembaruan status, dan masih banyak lagi. Untuk itu, Anda perlu menggunakan teknologi yang mampu menangkap informasi audit dengan cara yang terstruktur.

Diligent Audit Management merupakan solusi yang dapat Anda gunakan untuk membantu auditor tetap teratur dan memproses audit lebih cepat dengan satu platform terpusat.

Solusi Diligent Audit Management memanfaatkan otomatisasi dan template alur kerja berdasarkan praktik terbaik, solusi ini juga memberdayakan tim audit Anda untuk mengelola siklus hidup audit end-to-end secara efektif dan efisien. Software ini dilengkapi dengan berbagai fitur seperti:

Risk Workshop

Secara kolaboratif menilai risiko sebagai kelompok kepemimpinan dari pandangan sentral secara real-time, dan membicarakan dampaknya terhadap tujuan strategis.

Compliance Map

Tetap mengikuti peraturan terbaru atau standar industri yang Anda berikan jaminan, dan memetakan mereka ke dalam kontrol kepatuhan.

Framework Assurance

Dapatkan pandangan menyeluruh tentang aktivitas pengendalian risiko proses Anda secara kolektif, memberikan jaminan di seluruh risiko strategis dan kewajiban kepatuhan.

Hindari Risiko Audit Bersama Diligent Audit Management

Adanya dark data merupakan salah satu risiko audit tradisional yang dapat menghambat proses Anda dalam bekerja. Untuk itu, Anda perlu memahami cara mencegah risiko document-based audit dengan memanfaatkan solusi audit dari Diligent.

AMT IT Solutions merupakan mitra resmi Diligent yang dapat membantu Anda memenuhi kebutuhan manajemen audit yang lebih baik lagi. Untuk konsultasi dan informasi lebih lanjut, hubungi marketing@amt-it.com atau klik ikon WhatsApp.