Apa Itu Identity Access Management? Ini Manfaat IAM Untuk Bisnis

Pengertian IAM (Identity Access Management)

Identity Access Management adalah salah satu upaya untuk mengamankan server perusahaan dari akses tidak berizin. Nantinya, IAM akan mengidentifikasi setiap pengguna yang melakukan aktivitas di dalam jaringan.

Dengan menggunakan Identity Access Management atau IAM, Anda akan memiliki akses untuk memantau setiap log activity dan melakukan manajemen terhadapnya. Sehingga, Anda dapat melakukan antisipasi jika terjadi aktivitas mencurigakan.

Ketahui apa itu Identity Access Management dan manfaat yang akan Anda dapatkan dengan menerapkan IAM melalui artikel berikut ini!

Apa Itu Identity Access Management (IAM)?

IAM atau yang disingkat Identity Access Management adalah proses mengidentifikasi, melacak, mengontrol, dan mengelola hak akses pengguna terhadap sistem informasi yang ada di perusahaan. Dengan begitu, perusahaan dapat mengawasi setiap log activity yang ada di server.

Melalui penerapan IAM yang baik, pengawasan  terhadap data atau informasi penting dapat lebih ditingkatkan lagi. Anda dapat menentukan user mana yang dapat mengakses data tersebut.

Sistem yang digunakan IAM termasuk sign-on, two-factor authentication (2FA), multifactor authentication, hingga pengelolaan akses kepada user tertentu. Selain itu, teknolog IAM juga dilengkapi dengan kemampuan untuk menyimpan identitas dan data profil dengan aman, termasuk data tata kelola pemerintahan.

Identity Access Management atau IAM dapat dibangun secara on-promise yang disediakan oleh vendor pihak ketiga, baik menggunakan model cloud maupun model hybrid.

Cara Kerja IAM

Solusi teknologi IAM umumnya melakukan dua tugas utama: authentication dan authorization. Berikut penjelasannya:

1. Autentikasi

Autentikasi dan Otorisasi IAM

Di tahap authentication, IAM melakukan konfirmasi bahwa user, software, maupun hardware adalah perangkat yang memiliki izin. Dibuktikan dengan melakukan autentikasi kredensial pada database. Penggunaan teknologi IAM ini lebih aman dan fleksibel jika dibandingkan dengan  solusi konfirmasi username dan password tradisional.

2. Otorisasi

Pada tahap authorization, IAM akan melakukan manajemen akses identitas dengan memberikan tingkat akses yang sesuai. Ketimbang memberikan akses berdasarkan nama pengguna dan kata sandi, teknologi ini dapat memberikan akses yang lebih bervariatif untuk dibagi. Seperti akses editor, penampil, dan pemberi komentar dalam sistem manajemen konten.

Fungsi Identity Access Management (IAM)

Identity Access Management adalah

Fungsi utama Identity Access Management adalah menjaga keamanan data perusahaan dari akses yang tidak diinginkan. Mengingat saat ini banyak berkembang cybercrime dalam bentuk yang lebih canggih, sehingga melakukan pengecekan identitas secara manual bukan lagi solusi yang tepat.

Identity Access Management mampu melakukan pengecekan identitas secara otomatis dengan tingkat kesalahan yang lebih minim dari metode manual. Selain itu, IAM juga memungkinkan kontrol akses granular dan audit semua aset perusahaan, baik on-premise maupun cloud.

IAM umumnya memiliki beberapa fitur seperti fitur biometrik, analitik perilaku, dan Artificial Intelligence yang sangat cocok untuk mencegah ancaman siber jenis baru sekalipun. Dengan begitu Anda dapat lebih meningkatkan keamanan dari sisi aktivitas pengguna.

Manfaat IAM Untuk Bisnis

Manfaat Identity Access Management

Identity Access Management adalah teknologi yang memiliki berbagai manfaat yang dapat membantu mengamankan bisnis Anda, beberapa diantaranya seperti:

  1. Hak akses yang dapat disesuaikan dengan kebijakan. Semua individu maupun layanan dapat diautentikasi, disahkan, dan diaudit dengan benar;

  2. Perusahaan memiliki kontrol yang lebih besar terhadap akses pengguna, sehingga dapat mengurangi risiko pelanggaran data internal maupun eksternal;

  3. Dengan sistem IAM yang dapat diotomatiskan, memungkinkan bisnis Anda untuk beroperasi lebih efisien. Anda akan dapat menghemat biaya operasional serta waktu yang dibutuhkan untuk mengelola akses ke jaringan secara manual;

  4. Dalam hal keamanan, Identity Access Management adalah teknologi yang dapat mempermudah Anda melakukan berbagai penerapan kebijakan seperti autentikasi pengguna, dll;

  5. IAM juga dapat membantu perusahaan dalam mengikuti regulasi pemerintah dengan mudah. Memastikan setiap data perusahaan yang dikeluarkan tidak disalahgunakan. Selain itu, perusahaan juga dapat menunjukkan bahwa data apa pun yang diperlukan untuk audit dapat tersedia sesuai permintaan.

Gunakan Solusi Identity Access Management

Memiliki Identity Access Management adalah salah satu upaya yang dapat Anda lakukan untuk mengamankan aktivitas pengguna pada server perusahaan. Selain itu, IAM memiliki peran penting untuk perkembangan bisnis Anda agar lebih efektif dan efisien.

AMT IT Solutions sebagai mitra resmi F5 menyediakan solusi Identity Access Management melalui BIG-IP Access Policy Manager. APM dapat membantu Anda melakukan manajemen akses bagi berbagai identitas yang ada di perusahaan dengan lebih aman.