Tips Antisipasi Ancaman Siber Di Tahun 2022!

Antisipasi keamanan siber

Ancaman siber saat ini menjadi mimpi buruk bagi perusahaan dan organisasi. Tim manajemen perlu mempersiapkan berbagai antisipasi agar dapat meminimalisir kebocoran data dan kerugian secara material.

Berikut ini AMT IT Solutions berikan tips untuk menghindari ancaman siber yang semakin agresif di tahun 2022, berikut di antaranya:

 

Data Protection Perangkat

1. Lindungi Perangkat Dengan Benar

Melindungi perangkat merupakan salah satu langkah mendasar yang perlu dijalankan setiap perusahaan. Perlindungannya bisa dengan memanfaatkan teknologi terkini yang terbukti mampu menangkal ancaman siber, seperti antivirus, anti-spyware, firewall dan anti ransomware. Aplikasi ini dapat diperoleh di perusahaan penyedia jasa keamanan internet seperti AMT IT Solutions.

Di samping itu, perusahaan juga dituntut untuk lebih aware dengan software yang dipakai. Pastikan perusahaan memakai software yang legal, sebab dapat melindungi perangkat dengan maksimal. Hal ini tentu berbeda dengan software bajakan. Selain, sudah pasti ilegal, software bajakan tidak akan mampu melindungi perangkat dari ancaman siber.

Data Maintenance

2. Update Sistem Secara Terjadwal

Pengembang aplikasi atau software pastinya akan melaksanakan upgrade guna membetulkan bug atau cacat desain pada software di sistem sebelumnya. Tak hanya itu, upgrade juga bisa menambah sistem keamanan dan meningkatkan kualitas pengamanan.

Untuk itu, update sistem secara berkala amat penting dilaksanakan demi melindungi sistem yang dipakai perusahaan.

Umumnya, para developer menawarkan fitur update sistem secara otomatis pada konsumennya dengan tujuan untuk mempermudah pengerjaan update. Dengan begini, perusahaan tak perlu lagi melaksanakan pengecekan dan update satu per satu sistem yang dipakai.

Data Duplikasi

3. Lakukan Penyalinan Data

Hal ini sering kali dianggap remeh  oleh banyak orang, yaitu tidak melaksanakan penyalinan data atau backup. Padahal, aktivitas ini amat penting dilakukan individu, terlebih perusahaan yang mempunyai banyak data penting.

Lainnya, tiap perusahaan perlu memastikan bahwa salinan data yang dimiliki tersimpan di tempat yang aman. Jika penyimpanannya di eksternal drive, pastikan untuk tidak terhubung dengan komputer atau jaringan lain supaya tak mudah terinfeksi dengan ransomware.

Amannya lagi, perusahaan memakai enkripsi pada external drive atau folder yang dipakai. Dengan begini, oknum kejahatan siber tak akan bisa membaca data yang tersimpan.

Update Password

4. Ubah Password Secara Berkala

Apakah password yang dipakai seperti password yang banyak digunakan orang, misal pass123, 12345, abcdef atau lainnya? Kalau iya, jangan ragu untuk langsung ubah password menjadi lebih kuat, karena password seperti itu masih masuk dalam kategori lemah dan gampang diretas oleh oknum kejahatan siber.

Tiap pengguna akun bisa membuat password yang relatif aman dengan mengkombinasikan elemen huruf besar dan kecil, angka, sampai karakter. Disamping itu, pengguna juga perlu mengubah password secara terjadwal, semisal dalam dua bulan atau tiga bulan sekali.

Seandainya pengguna takut lupa, pemilik akun boleh mencatatnya di tempat yang aman dan cuma diri sendiri yang mengetahuinya.

Factor Autentikasi

5. Manfaatkan Two Factor Authentication

Two Factor Authentication atau 2FA  atau Otentikasi Dua Faktor ini dapat meningkatkan keamanan secara signifikan. Oknum kejahatan siber memang masih dapat melancarkan aksi pencurian data, kendati demikian mereka tak akan bisa merusaknya lebih jauh berkat kode keamanan yang perlu dilalui. Kode ini adalah lapisan tambahan keamanan dari 2FA.

Cara ini amat disarankan bagi pengguna yang sering kali mengerjakan tugas krusial seperti transaksi antar perusahaan satu dengan lainnya.

Bagaimana Caranya Menghadapi Serangan Siber?

Perkembangan teknologi yang kian pesat seperti sekarang turut menuntut  pemilik atau petinggi perusahaan untuk menambah wawasan teknologi demi kelancaran sistem perusahaan.  Dengan mempunyai wawasan itu, mereka dapat menentukan  waktu terbaik untuk upgrade teknologi terkini, mencarikan solusi ketika terjadi error pada teknologi yang digunakan  dan juga menyusun strategi supaya data penting perusahaan tak terkena ancaman siber.

Selain itu, perusahaan juga memerlukan Information Security Solutions sebagai perlindungan maksimal dalam menghadapi serangan siber.

AMT IT Solutions menyediakan beragam solusi keamanan dari infrastruktur hingga jaringan, serta aplikasi keamanan terbaik yang bisa diandalkan perusahaan Anda. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi website kami atau menghubungi kontak yang tertera dalam website.