Apa Itu WiFi 6? Ini Kelebihan yang Dapat Anda Rasakan

WiFi 6 adalah

WiFi sudah  menjadi jaringan yang cukup populer dan banyak digunakan di kalangan pekerja kantoran. WiFi 6 adalah salah satu contoh jaringan terbaru dan tercepat yang ada saat ini.

Akibat tingkat penggunaan WiFi yang tinggi, membuat beberapa teknologi seperti Access Point dan Router terus melakukan upgrade agar dapat mengantarkan jaringan WiFi 6 kepada device yang Anda gunakan saat ini.

Lalu, apa itu WiFi 6, kelebihan serta perbedaannya dengan versi terdahulu? Simak penjelasannya melalui artikel di bawah ini.

Apa Itu WiFi?

WiFi 6 adalah

WiFi adalah istilah yang digunakan untuk menyebutkan LAN (Local Area Network) jenis nirkabel (wireless) berdasarkan standar protokol jaringan 802.11 IEEE. WiFi digunakan untuk menghubungkan perangkat komputer atau endpoint device yang Anda gunakan agar terhubung ke internet tanpa menggunakan kabel. Inovasi WiFi hadir sekitar tahun 90an dan penggunanya terus meningkat hingga saat ini.

Mengenal WiFi 6

Jika WiFi mengacu kepada salah satu jenis protokol jaringan LAN, maka WiFi 6 adalah istilah yang menandakan versi tertinggi dari jaringan WiFi untuk saat ini. WiFi 6 melakukan upgrade besar dari generasi sebelumnya, WiFi 5 dan di bawahnya.

Meskipun, dalam hal penggunaan tidak  ada perubahan signifikan dari cara kita menggunakan jaringan nirkabel tersebut. Namun, perubahan itu dapat dirasakan dari peningkatan performa maupun kecepatan saat berinternet.

Untuk lebih jelasnya, berikut bagan perkembangan WiFi dan kode jaringan yang digunakan pada endpoint device:

Versi Wi-Fi Kode Jaringan pada Device Tahun Rilis
Wi-Fi 1
802.11b
1999
Wi-Fi 2
802.11a
2003
Wi-Fi 3
802.11g
2003
Wi-Fi 4
802.11n
2009
Wi-Fi 5
802.11ac
2013
Wi-Fi 6
802.11ax
2019

Kelebihan WiFi 6

Kelebihan Wifi 6

Sebagai versi WiFi teranyar dari pendahulunya, WiFi 6 adalah jenis jaringan LAN yang memiliki banyak kelebihan yang ditawarkan. Berikut ini beberapa kelebihan WiFi 6 yang perlu Anda ketahui:

1. Meningkatkan Keamanan

Jika kebanyakan jaringan WiFi publik menggunakan fitur keamanan WPA2, maka pada WiFi 6 fitur keamanan ditingkatkan dengan menggunakan WPA3. Sehingga hal ini akan membantu menyediakan jaringan nirkabel yang lebih aman. Melindungi jaringan Anda dari hacker, meningkatkan enkripsi, serta situs yang menggunakan perangkat IoT.

2. Menghemat baterai

WiFi 6 adalah generasi WiFi yang memiliki fitur pengaturan perangkat tertentu ke mode “sleep” saat sedang tidak digunakan. Tentunya, hal ini akan membuat bandwith dengan koneksi “sleep” tidak digunakan dan membukanya ke perangkat lain. Kelebihan lainnya, Anda dapat memanfaatkan permintaan daya rendah dairi WiFi 6 dan meningkatkan penggunaan sensor IoT kecil.

3. Meningkatkan Kecepatan

Banyaknya pengguna di satu Access Point (AP) umumnya akan menurunkan kecepatan internet yang ada. Namun berbeda dengan WiFi 6, di mana WiFi ini secara dinamis menggunakan unit sumber daya yang memungkinkan AP mendukung lebih dari satu pengguna.  Sehingga, tiap pengguna tidak perlu melakukan persaingan sulit untuk mendapatkan bandwidth.

4. Meningkatkan Performa Access Point

seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, WiFi 6 mendukung AP dengan lebih dari satu perangkat tanpa mengurangi kecepatan berinternet. WiFi 6 sendiri menggunakan konfigurasi hingga antena 8×8:8, naik dari batas maksimum sebelumnya 4×4:4. Hal inilah yang memungkinkan pengguna WiFi 6 untuk berkomunikasi secara bersamaan, meningkatkan kecepatan, serta memungkinkan beberapa pengguna untuk “berbicara” secara bersamaan.

5. Transmit yang berfokus pada kecepatan dan keandalan

Kelebihan lain WiFi 6 adalah LAN jenis ini dapat mengarahkan sinyalnya ke situs perangkat nirkabel untuk meningkatkan sinyal yang dapat diandalkan. Transmit ini memfokuskan sinyal di jalur tersebut, alih-alih mendistribusikannya secara merata ke seluruh area. Hal ini tentunya membantu meningkatkan keandalan serta kecepatan koneksi.

6. menampung lebih banyak pengguna dengan Konfigurasi 8x8

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, WiFi 6 menggunakan konfigurasi antena 8×8, dimana konfigurasi ini  dapat menampung lebih banyak perangkat secara bersamaan. Secara keseluruhan, WiFi 6 memberikan lebih banyak throughput dan kapasitas daripada generasi WiFi sebelumnya, sehingga membuat performanya jadi lebih baik.

Nikmati WiFi 6 Dengan Aruba Access Point

WiFi 6 adalah salah satu kecanggihan teknologi yang wajib Anda coba. Untuk dapat menikmati WiFi 6, Anda dapat menggunakan Access Point yang mendukung pendistribusian jaringan WiFi 6 bagi endpoint device.

AMT IT Solutions sebagai Aruba Official Partner Indonesia menyediakan Aruba Access Point yang dilengkapi dengan fitur WiFi 6. Anda dapat menikmati berinternet dengan cepat menggunakan jaringan WiFi 6 bersama Aruba.