Apa Itu Access Point dan Kelebihannya Bagi Perusahaan

Apa itu Access Point?

Jika Anda membutuhkan jaringan internet untuk sekelompok orang di dalam satu ruangan, mungkin menggunakan router saja sudah cukup. Namun, bagaimana jika kebutuhan internet semakin bertambah sehingga mengharuskan Anda memperluas jangkauannya?

Access point adalah solusi tepat untuk memperluas jangkauan internet di lingkungan kantor Anda. Selain meningkatkan jangkauan WiFi, access point (AP) juga dapat meningkatkan efektivitas hingga produktivitas perusahaan.

Lalu, apa itu access point dan apa saja kelebihannya bagi bisnis perusahaan? Simak melalui penjelasan di bawah ini.

Apa Itu Access Point (AP)?

Apa itu AP?

Access point adalah perangkat jaringan yang dapat menghubungkan endpoint device seperti laptop, smartphone, maupun printer dengan jaringan Wireless Area Network (WLAN). Access point (AP) dikenal juga dengan sebutan Wireless Access Point (WAP).

Sebuah AP berperan sebagai pendistribusi sekaligus penerima sinyal jaringan nirkabel. Dengan adanya AP, perangkat endpoint tanpa kabel seperti laptop dan smartphone dapat terhubung ke WiFi dan melakukan pertukaran data di internet.

Umumnya, access point digunakan untuk memenuhi kebutuhan jaringan WiFi di rumah, ruang publik, hingga lingkungan perusahaan. Access point sendiri dapat digunakan sebagai bagian dari jaringan internet bersamaan dengan wired router maupun stand-alone router atau router tanpa kabel.

Cara Kerja Access Point

Access point adalah perangkat jaringan yang bekerja dengan cara dihubungkan langsung ke router atau switch yang telah terhubung dengan kabel ethernet. Dengan begitu, AP dapat menampung koneksi internet serta bandwidth yang dibutuhkan.

Kemudian, AP akan mendistribusikan jaringan tersebut dalam rentang frekuensi 2.4Ghz atau 5Ghz (frekuensi yang biasa digunakan WiFi) menuju perangkat endpoint yang membutuhkannya. Dengan begitu, Anda dapat terhubung dengan WLAN dan internet.

Jenis-Jenis Acces Point

Ada tiga jenis access point yang dapat Anda gunakan, yaitu indoor access point, outdoor access point, dan remote access point. Berikut penjelasan lengkap ketiganya:

Indoor access point

Indoor Access Point

Indoor access point adalah perangkat jaringan yang diperuntukkan bagi penggunaan di dalam ruangan. AP jenis ini digunakan untuk memperluas jangkauan sinyal WiFi di dalam ruangan. Ada beberapa bentuk indoor access point yang dapat kamu gunakan seperti ceiling AP, dan in-wall AP.

Outdoor access point

Outdoor Access Point

Sementara itu, outdoor access point adalah perangkat jaringan yang diperuntukan untuk penempatan di luar ruangan. AP jenis ini umumnya memiliki jangkauan sinyal yang cukup luas serta dapat meminimalkan gangguan frekuensi karena diletakkan di luar ruangan. Penggunaan outdoor access point di luar ruangan seperti outdoor kafe dan taman adalah pilihan yang tepat.

DOWNLOAD E-BOOK

Remote Access Point

Remote Access Point

Berbeda dengan AP indoor dan outdoor yang memerlukan pemasangan di satu tempat, remote access point adalah jenis perangkat jaringan yang memiliki fleksibilitas tinggi dengan bentuk fisik yang mudah dibawa kemana-mana tanpa memerlukan pemasangan. Jenis access point ini cocok digunakan untuk perusahaan dengan mobilitas karyawan yang tinggi.

Kelebihan Menggunakan Access Point

Kelebihan Access Point

Jika Anda mempertimbangkan untuk menggunakan access point di lingkungan perusahaan Anda, berikut kelebihan yang akan Anda dapatkan:

Dapat diakses oleh lebih banyak pengguna

Jika perusahaan Anda memiliki banyak pengguna atau karyawan, maka access point adalah pilihan yang tepat. Umumnya, satu buah router dapat diakses oleh 10-20 pengguna, sementara AP dapat menampung lebih banyak pengguna dibanding router.

Ditambah lagi, AP juga memiliki kemampuan yang lebih kuat untuk mengirim dan menerima sinyal. Terutama di area yang sulit mendapatkan jangkauan jaringan internet dari router nirkabel.

Jangkauan transmisi yang lebih luas

Sebuah router umumnya dapat menjangkau transmisi sinyal dalam kisaran puluhan meter, dan akan akan kehilangan sinyal jika berada di luar jangkauan tersebut. Namun, dengan menggunakan AP, Anda dapat meningkatkan jangkauan sinyal hingga sekitar 100 sampai 300 meter.

Selain itu, access point juga akan memperluas jangkauan sinyal secara proporsional, sehingga pengguna bisa lebih leluasa dalam menggunakan jaringan. AP memang cocok digunakan untuk perusahaan dengan area kantor yang cukup luas serta jumlah pengguna yang cukup banyak.

Jaringan yang lebih fleksibel

Jika Anda banyak memiliki kebutuhan internet yang datang dari perangkat nirkabel seperti laptop dan smartphone, Anda perlu menggunakan jaringan yang lebih fleksibel agar lebih mudah untuk digunakan.

mode jaringan router cenderung relatif tunggal dengan fleksibilitas rendah. Sementara AP memiliki berbagai mode yang dapat Anda pilih agar lebih fleksibel. Seperti contohnya Simplex AP, Wireless Client, Wireless Bridge, Multi-point Bridge, dsb.

Memungkinkan interkoneksi multi-AP

Penggunaan access point memungkinkan perusahaan untuk merancang program nirkabel dengan lebih fleksibel sesuai dengan kebutuhan. Hal ini akan membentuk interkoneksi multi-AP yang dapat memberikan keuntungan penuh.

Penerapan multi-AP ini umumnya ditemukan pada lingkungan perusahaan, dengan cakupan AP tunggal yang terbatas. Dengan adanya penerapan tersebut, jangkauan jaringan nirkabel aka diperluas  sehingga memungkinkan pengguna untuk menjelajah internet dengan lebih mulus.

Gunakan Access Point Untuk Tingkatkan Jaringan Perusahaan

Jaringan WiFi yang stabil dan fleksibel di lingkungan perusahaan akan meningkatkan produktivitas karyawan secara lebih baik lagi. Untuk itu, access point adalah salah satu perangkat jaringan yang dapat membantu Anda mewujudkannya.

AMT IT Solutions sebagai mitra resmi Aruba Networks menyediakan berbagai pilihan access point terbaik yang dapat memenuhi kebutuhan jaringan internet perusahaan Anda. Salah satu rekomendasi produk AP yang dapat Anda gunakan adalah Aruba Instant On. Selain itu, ada banyak pilihan AP lainnya yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan.