Perbedaan Access Point Dan Router Dalam Jaringan Internet

Penjelasan access point dan router

Kehadiran WiFi membuat setiap orang dapat terhubung ke internet dengan mudah. Tapi, tahukah Anda? Jika WiFi memerlukan beberapa perangkat agar dapat mengantarkan internet ke penggunanya. Seperti perlu adanya access point dan router.

Perbedaan access point dan router dapat Anda lihat dari fungsinya dalam mengantarkan jaringan internet ke perangkat Anda. Lalu, apa saja perbedaan kedua perangkat tersebut? Simak pembahasannya di bawah ini.

Penjelasan Access Point dan Router

Fungsi Access Point dan Router

Perbedaan access point dan router pada dasarnya dapat dilihat dari fungsi kedua perangkat tersebut. Berikut penjelasan lengkapnya:

Fungsi access point

Access point berfungsi untuk menghubungkan perangkat komputer ke Local Area Network (LAN). Umumnya, access point digunakan untuk memperluas jangkauan LAN serta meningkatkan jumlah pengguna yang dapat terhubung ke jaringan tersebut.

Cara kerja access point

Access point bekerja dengan menjadi perantara di mana sebuah kabel ethernet berkecepatan tinggi akan berjalan dari router menuju access point. Kemudian, mengubah sinyal kabel tersebut menjadi sinyal nirkabel yang selanjutnya disebarkan oleh access point menuju endpoint device atau perangkat akhir yang akan menggunakan WiFi.

Fungsi router

Router merupakan perangkat yang memiliki dua fungsi utama dalam jaringan internet. Fungsi pertama router yaitu sebagai penyedia akses internet untuk semua perangkat kompatibel yang terhubung ke router, seperti misalnya access point.

Sedangkan fungsi kedua router yaitu sebagai penghubung beberapa endpoint device seperti komputer, laptop, smartphone, printer, atau perangkat lainnya untuk membentuk jaringan Local Area Network (LAN).

Cara kerja router

Router bekerja dengan cara mengatur jaringan area lokal atau LAN dan menghubungkan satu atau beberapa endpoint device ke jaringan tersebut. Pada router modern, setiap perangkat dapat dihubungkan baik melalui kabel ethernet maupun secara nirkabel atau melalui WiFi.

Namun, agar dapat mendistribusikan serta mengirimkan data ke perangkat dalam jaringan area lokal, router harus terhubung ke Internet Service Provider (ISP) milik pengguna atau Customer Premises Equipment (CPE) melalui kabel ethernet.

Perbedaan Access Point dan Router

Perbedaan Access Point dan Router

Pada dasarnya, perbedaan access point dan router dapat dilihat dari fungsi router yang tidak ada pada access point, yaitu fungsi routing atau pengelolaan jaringan. Di bawah ini penjelasan lengkap perbedaan keduanya.

Dari segi fungsi

Pada umumnya, kebanyakan wireless router memiliki beberapa fungsi sekaligus. Misalnya, dapat menjadi wireless access point, router ethernet, firewall dasar, hingga ethernet switch kapasitas kecil.

Sementara itu, access point umumnya datang sebagai komponen perangkat bawaan seperti Wi-Fi network extender. Maka, dapat disimpulkan jika router dapat bekerja sebagai access point, namun access point tidak dapat bekerja sebagai router.

Dari segi koneksi dan cakupan

Perbedaan access point dan router selanjutnya dapat dilihat dari penyediaan koneksi yang ditawarkan. Umumnya, wireless router dapat menyediakan sinyal WiFi secara langsung untuk perangkat. Dapat juga dihubungkan ke kabel PoE untuk menambahkan access point dan memperluas jangkauan WiFi.

Sedangkan untuk beberapa wireless access point (skala rumahan) tanpa fungsi perutean, tidak dapat dihubungkan ke modem atau gateway dan harus menggunakan router sebagai perantaranya.

Dari segi pengaplikasian

Anda juga dapat melihat perbedaan access point dan router dari segi penggunaanya. Router tanpa access point umumnya banyak digunakan di skala perumahan hingga lingkungan kerja maupun organisasi kecil. Hal ini karena penggunaannya dalam skala kecil sehingga tidak memerlukan access point untuk memperluas jaringan.

Sementara untuk penggunaan access point umumnya ditemui di beberapa lingkungan kantor menengah hingga besar. Semakin banyak penggunanya, maka perusahaan umumnya akan memiliki lebih dari satu access point untuk membuat jangkauan yang lebih luas.

Di bawah ini tabel rangkuman perbedaan access point dan router:

Access point Router
Berperan sebagai Wi-Fi network extender
Berperan sebagai wireless access point, router ethernet, firewall dasar, hingga ethernet switch kapasitas kecil
Tidak memiliki fitur kelola jaringan
Dapat mengubah pengaturan jaringan
Access point skala rumahan umumnya memerlukan router untuk terhubung ke modem atau gateway
Dapat digunakan tanpa access point
Bagian dari skalabilitas router
Memerlukan access point untuk menambah jangkauan dan penggunaan
Digunakan perusahaan skala menengah dan besar dilengkapi dengan router dan perangkat lainnya
Untuk router tanpa access point umumnya digunakan di skala perumahan hingga maupun organisasi kecil

Access Point Atau Router Yang Anda Butuhkan?

Salah satu perbedaan access point dan router dilihat dari skala penggunaannya. Jika Anda termasuk pengguna internet dengan skala kecil atau perumahaan, menggunakan router tanpa access point saja mungkin sudah cukup.

Namun, jika Anda termasuk pengguna internet dengan skala menengah maupun besar, maka Anda memerlukan router sekaligus access point tambahan untuk meningkatkan jangkauan internet di kantor Anda.

AMT IT Solutions sebagai mitra resmi Aruba menyediakan berbagai jenis access point seperti outdoor access point dan indoor access point melalui Aruba Instant On. Dengan performa terbaik, Aruba Instant On siap memenuhi kebutuhan jaringan internet Anda!