Cegah Berbagai Jenis Ransomware Dengan Perlindungan Komprehensif

AMT IT Solutions Backup Recovery

Ransomware adalah hal yang sangat menakutkan bagi perusahaan dan juga individu. Malware jahat yang dibuat untuk mengenkripsi file dan penyimpanan data perusahaan. Melalui titik masuk, seperti email phishing, pengguna dapat secara tidak sengaja mengizinkan serangan ini ke dalam pusat penyimpanan data.

Para oknum hackers menggunakan malware ini untuk memeras uang dari perusahaan. Dengan banyaknya serangan ransomware yang mencari semua file dan dokumen. Dengan begitu perusahaan tidak punya pilihan, selain memenuhi tuntutan para hackers.

Dilansir dari Laporan Tahunan Monitoring Keamanan Siber pada tahun 2021, terungkap bahwa ada lebih dari 1,6 miliar atau tepatnya 1.637.973.022 anomali trafik atau serangan siber (cyber attack) yang terjadi di seluruh wilayah Indonesia sepanjang tahun 2021. Beberapa ransomware di antaranya adalah :

  1. MyloBot
  2. Botnet
  3. PROTOCOL-SCADA Moxa
  4. MiningPool
  5. Trojan.ZeroAccess
  6. Dusciver Using Socks Agent
  7. CVE-2017-0147
  8. Trojan.AllAple
  9. RDP Account Brute Force
  10. Generic Trojan RAT
  11. ISC BIND DoS vulnerability.
Apa itu Ransomware

Ransomware bukan hanya mengakibatkan hilangnya data saja, tetapi dapat mengakibatkan kerugian dalam bentuk material dan juga kepercayaan perusahaan bagi klien.

Dengan jumlah tersebut, tentu hal ini menjadi prioritas utama bagi AMT IT Solutions untuk menjawab tantangan dan memberikan solusi terbaik bagi perusahaan untuk dapat melakukan pencegahan dari berbagai jenis ransomware yang ada.

Kami telah melakukan analisa secara terperinci, dan hasilnya adalah banyak perusahaan yang saat ini masih belum melakukan perlindungan dini, serta tidak memiliki backup recovery terhadap data yang penting.

Veeam Recovery memiliki perlindungan yang aman terhadap ransomware. Software Veeam sangat aman, hal ini karena Veeam memiliki cadangan yang andal. AMT IT Solutions juga melihat, jika terdapat 4 poin penting ketika Anda menggunakan Veeam, yaitu :

  1. Detect Ransomware
  2. Protect your Data
  3. Verify Backups
  4. Instanly recover

Implementasi Veeam sangat sederhana, fleksibel, dan andal. Ketika Anda mengalami insiden ransomware, ketahanan sepenuhnya didasarkan pada bagaimana Anda menerapkan solusi infrastruktur cadangan Veeam Anda, perilaku ancaman dan langkah yang Anda ambil dalam memulihkan ancaman.

Ransomware adalah

Untuk menemukan rekomendasi implementasi untuk ketahanan beberapa jenis ransomware, pelajari panduan berikut:

  1. Perlindungan Veeam Backup & Replication terhadap server dan komponen
  2. Menerapkan kemampuan Veeam untuk deteksi ransomware
  3. Penyimpanan cadangan yang sangat tangguh dan menerapkan 3-2-1 rule
  4. Konfigurasi beberapa teknik pemulihan
  5. Endpoint protection
  6. Perlindungan Network-Attached Storage (NAS)
  7. Enkripsi Veeam untuk data cadangan
  8. Mengatur pemulihan cadangan dan replika.

Pada Veeam, pendekatan untuk memulihkan ransomware adalah sebagai berikut:

Jangan membayar uang tebusan. Pulihkan data! ini adalah satu-satunya pilihan. Terlepas dari semua teknik implementasi yang mungkin Anda terapkan untuk tetap tahan terhadap ransomware, Anda harus siap untuk bertahan melawan insiden ransomware jika ancaman suatu saat datang.

Berikut adalah beberapa rekomendasi untuk perbaikan yang Anda miliki jika insiden ransomware terjadi:

Veeam Support

Veeam memiliki grup khusus dalam organisasi yang memiliki operasi khusus untuk memandu pelanggan dalam memulihkan data dalam insiden ransomware. Karena Anda tidak ingin menempatkan cadangan Anda dalam risiko, support ini sangat penting bagi Anda untuk memulihkan.

Communication First

Dalam bencana apa pun, komunikasi menjadi salah satu tantangan pertama Anda. Miliki rencana terhadap komunikasi out-of-band dengan individu yang tepat. Paket ini dapat mencakup group text list dan nomor telepon atau mekanisme lain yang biasanya digunakan untuk panggilan.

Expert

Siapkan daftar tim keamanan, respons insiden, manajemen identitas, dan lain sebagainya yang siap dihubungi jika diperlukan. Mereka bisa berada di dalam organisasi atau pakar eksternal. Jika penyedia layanan Veeam digunakan, ada tambahan nilai untuk penawaran dasar mereka yang dapat dipertimbangkan (seperti Perlindungan Orang Dalam Veeam Cloud Connect).

Ready to restore

Jika sudah tepat untuk memulihkan, terapkan pemeriksaan keamanan tambahan sebelum mengembalikan sistem ke jaringan. Langkah-langkah tambahan dapat mencakup pemulihan dengan akses jaringan dinonaktifkan untuk pemeriksaan terakhir.

Restore Safely

Veeam Secure Restore akan memicu pemindaian antivirus pada gambar sebelum pemulihan selesai. Veeam Secure Restore menggunakan definisi antivirus dan malware terbaru, dengan opsi alat tambahan, untuk memastikan ancaman tidak muncul kembali.

Force Password Reset

Meskipun tidak selalu populer di kalangan pengguna, menerapkan perubahan paksa kata sandi secara menyeluruh dapat mengurangi area ancaman penyebaran sampai ke permukaan.

AMT IT Solutions dan Veeam berkomitmen untuk terus dapat melindungi data penting perusahaan Anda agar dapat terhindar dari Ransomware dan dapat memulihkannya kembali secepat mungkin. Dengan Veeam, kami menawarkan opsi pemulihan instan dan terukur sehingga Anda dapat memulihkan tanpa membayar uang tebusan.