Apa Itu Opini Audit? Ini Pengertian dan Jenis-Jenisnya

Opini audit adalah

Pengambilan keputusan perusahaan umumnya didasari oleh opini audit yang dihasilkan dari proses audit. Dengan begitu, para petinggi perusahaan dapat mempertimbangkan keputusan terbaik berdasarkan data hasil analisis yang dilakukan oleh tim audit.

Opini audit adalah tahapan yang tidak dapat dipisahkan dari laporan audit. Karena tujuan akhir dari proses pembuatan laporan audit adalah untuk mendapatkan opini yang akurat dari tim audit. Lalu, apa itu opini audit? Berikut pengertian dan  jenis-jenisnya.

Mengenal Opini Audit

Apa itu opini audit

Opini audit adalah bagian dari laporan audit yang menjelaskan hasil audit. Opini audit sendiri dihasilkan dari beberapa variabel, seperti berapa data yang tersedia, berapa prosedur yang diikuti, serta tingkat materialitasnya.

Masing-masing variabel tersebut bersifat subjektif dan bergantung pada opini auditor. Pembuatan opini audit pun harus dilakukan dengan hati-hati. Hal ini dikarenakan adanya opini audit yang merugikan dapat merusak status perusahaan.

Jenis-Jenis Opini Audit

Bentuk laporan opini audit adalah surat yang dilampirkan auditor pada laporan audit wajib yang mencerminkan opini mereka atas audit tersebut. Dalam prosesnya, auditor dapat memilih setidaknya empat jenis laporan opini audit:

Unqualified Opinion

Opini wajar tanpa pengecualian atau unqualified opinion dianggap sebagai laporan bersih. Laporan ini, menunjukkan jika auditor puas dengan laporan keuangan perusahaan. Karena perusahaan diyakini mematuhi prinsip tata kelola dan hukum yang berlaku.

Dalam laporan ini, tidak ada komentar yang merugikan dan tidak mencakup penafian tentang klausul maupun proses audit apapun. Baik perusahaan, auditor, investor, dan masyarakat memandang laporan ini bebas dari salah saji material.

Qualified Opinion

Opini yang memenuhi persyaratan atau qualified opinion umumnya menunjukkan jika auditor tidak yakin pada laporan keuangan perusahaan. Hal ini dapat terjadi karena beberapa faktor, termasuk perusahaan yang tidak menyajikan catatannya dengan GAAP.

Dalam laporan ini, auditor akan menuliskan alasan mengapa mereka tidak menyajikan unqualified opinion kepada perusahaan terkait. Jenis laporan ini akan menggambarkan opini negatif terhadap perusahaan terkait. Sehingga investor tidak akan menerima perusahaan dengan laporan qualified opinion.

Disclaimer of Opinion

Disclaimer of opinion menghasilkan laporan penafian. Ketika auditor mengeluarkan opini laporan jenis ini, artinya mereka menjauhkan diri atau sama sekali tidak memberikan opini terkait laporan keuangan yang ada.

Konsensus umum menyatakan bahwa penolakan tersebut merupakan sikap yang sangat keras dan dapat menimbulkan citra buruk bagi perusahaan. Beberapa penyebab dikeluarkannya laporan jenis ini karena auditor merasa perusahaan membatasi kemampuannya untuk melakukan audit secara menyeluruh.

Adverse Opinion

Jenis yang terakhir dari opini audit adalah adverse opinion. Opini tidak wajar yang dikeluarkan auditor merupakan tanda masalah. Laporan audit tersebut umumnya menunjukkan bahwa laporan keuangan mengandung salah saji yang besar dan berpotensi menimbulkan kecurangan.

Laporan jenis ini dikeluarkan sebagai peringatan bahwa catatan perusahaan belum disusun sesuai GAAP. Adanya laporan ini, akan menciptakan situasi di manan investor dan pemerintah tidak akan mempercayai laporan keuangan perusahaan.

Dampak Opini Audit Negatif

Dalam beberapa kasus, opini audit yang merugikan dapat menyebabkan litigasi. Anda dapat meminta badan regulasi terkait untuk memeriksa opini audit atau laporan audit untuk melakukan verifikasi keakuratan informasi, serta dampak apapun terhadap masalah perpajakan.

Manfaatkan Software Audit Untuk Hasil Maksimal

Adanya opini audit adalah dorongan bagi perusahaan untuk memberikan transparansi  serta akuntabilitas pada investor dan pelanggan. Untuk mendapatkan opini audit yang positif, Anda dapat memanfaatkan audit management software.

Diligent sebagai penyedia solusi audit manajemen dapat membantu memenuhi kebutuhan audit perusahaan. Dapatkan solusi tersebut bersama AMT IT Solutions, sebagai mitra resmi Diligent. Untuk konsultasi dan informasi lebih lanjut, hubungi marketing@amt-it.com atau klik ikon WhatsApp.