Apa itu AI Generatif dalam Cyber Security? Ini Penjelasannya

AI Generatif adalah

Kecerdasan buatan generatif atau AI Generatif adalah salah satu cabang dalam artificial intelligence. Kemunculannya dapat memberikan keuntungan sekaligus kerugian bagi keamanan siber di perusahaan. Lalu, apa itu AI Generatif? Berikut penjelasannya.

Apa Itu AI Generatif?

AI Generatif adalah

AI Generatif adalah cabang dalam artificial intelligence yang dapat membuat data atau konten baru berdasarkan data atau konten yang sudah ada. Dalam keamanan siber, AI Generatif dapat menimbulkan tantangan yang signifikan.

Misalnya, digunakan oleh pelaku kejahatan untuk melancarkan serangan siber yang lebih canggih dan meyakinkan. Seperti phishing, malware, deepfake, dan identity theft atau pencurian identitas.

Penyalahgunaan AI Generatif dalam Cyber Attack

Teknik pembuatan konten baru oleh AI Generatif membuat perilakunya hampir tidak dapat dibedakan dengan manusia. Sehingga pelaku kejahatan memanfaatkannya untuk melakukan serangan siber, seperti:

1. Phising

AI Generatif dapat digunakan untuk membuat email phishing yang sangat realistis dan meyakinkan. Jenis AI ini dapat membaca HTML halaman web dan menghasilkan halaman login palsu yang sangat mirip dengan halaman asli.

2. Malware

Teknologi AI Generatif juga dapat mengembangkan kode malware polimorfik yang dapat belajar secara mandiri dan terus berkembang. Serta berubah berdasarkan sistem target. Jika upaya tersebut gagal, sistem dapat mempelajari dan memperbaiki kode malware-nya sendiri yang memiliki kemampuan untuk memecahkan kerentanan sistem target.

3. Deepfake

Kecanggihan AI Generatif juga dapat dimanfaatkan untuk membuat video, audio, atau gambar deepfake yang canggih. Memanipulasi konten visual dan audio untuk menipu dan menyesatkan penontonnya.

4. Identity Theft

Dengan memanfaatkan informasi atau data curian, AI Generatif adalah teknologi yang dapat memalsukan identitas dan memanfaatkannya untuk membuat dokumen palsu seperti paspor atau SIM. Sehingga tidak dapat dibedakan dengan dokumen asli.

Manfaat AI Generatif dalam Cyber Security

Selain dimanfaatkan oleh pelaku kejahatan, AI Generatif juga dapat digunakan untuk meningkatkan keamanan siber. Seperti berikut ini:

Menganalisis data dalam jumlah besar dengan cepat

Kecerdasan generatif dapat membantu tim keamanan memproses dan memahami data dalam jumlah besar dari berbagai sumber. Seperti data log, peringatan, lalu lintas jaringan, dll. Hal ini dapat membantu mengidentifikasi pola, tren, dan anomali yang mungkin mengindikasikan potensi ancaman atau kerentanan.

Mendeteksi anomali dan kerentanan

AI generatif juga dapat membantu menemukan dan memprioritaskan risiko paling kritis dan relevan dalam sistem perusahaan. Seperti kesalahan konfigurasi, perangkat lunak yang ketinggalan jaman, akses tidak sah, dsb. Hal ini dapat membantu mencegah atau memitigasi serangan siber sebelum menyebabkan kerusakan.

Mendeteksi anomali dan kerentanan

AI generatif juga dapat membantu menemukan dan memprioritaskan risiko paling kritis dan relevan dalam sistem perusahaan. Seperti kesalahan konfigurasi, perangkat lunak yang ketinggalan jaman, akses tidak sah, dsb. Hal ini dapat membantu mencegah atau memitigasi serangan siber sebelum menyebabkan kerusakan.

Mengotomatiskan proses yang berulang

Kecerdasan generatif dapat dengan mudah membantu mengotomatiskan dan menyederhanakan berbagai tugas yang memakan waktu. Serta rentan terhadap kesalahan manusia, seperti respons insiden, perburuan ancaman, analisis malware, dll. Hal ini dapat membantu meningkatkan efisiensi, akurasi, dan produktivitas.

Meningkatkan privasi dan keamanan data

Manfaat lain dari AI Generatif adalah membantu melindungi data dan informasi sensitif dari akses atau kebocoran yang tidak sah. Dengan membuat data sintetis yang meniru data sebenarnya tanpa mengungkapkan identitas atau kontennya. Hal ini dapat membantu mengurangi risiko pelanggaran atau penyalahgunaan data.

Melindungi dan memantau endpoint

Manfaat lainnya dari kecerdasan generatif yaitu untuk membuat skrip dan skenario virtual yang mengidentifikasi animalitas jaringan dan mendeteksi kerentanan. Sehingga perusahaan dapat membuat keputusan berdasarkan informasi mengenai improvisasi keamanan di lokasi mereka.

Gunakan Teknologi AI Untuk Meningkatkan Keamanan

Penggunaan AI Generatif adalah cara yang tepat untuk meningkatkan keamanan sistem jaringan perusahaan. Sangfor menyediakan solusi premium yang berkolaborasi dengan AI untuk memberikan keamanan terbaik.

AMT IT Solutions sebagai Sangfor Official Partner dapat membantu Anda menyediakan kebutuhan tersebut. Hubungi marketing@amt-it.com atau klik ikon WhatsApp untuk konsultasi dan informasi selengkapnya.