6 Langkah Internal Control Evaluation Dalam Proses Audit

Internal Control Evaluation

Manajemen risiko merupakan upaya untuk menciptakan operasional perusahaan yang efektif dan berkelanjutan. Namun, upaya tersebut hanya akan berhasil jika Anda melakukan internal control evaluation atau evaluasi pengendalian internal dengan baik.

Jika tim audit Anda dapat melakukannya dengan efektif, maka perusahaan dapat mencegah berbagai risiko keuangan, operasional, hingga regulasi kepatuhan. Langkah tersebut merupakan upaya terbaik untuk mengatasi risiko kelemahan proses audit.

Apa Itu Internal Control Evaluation?

Internal Control Evaluation

Internal control evaluation atau internal control assessment adalah upaya untuk meninjau sistem pengendalian internal. Tujuannya, untuk mendeteksi kekurangan seperti kesalahpahaman karyawan dalam melakukan pengendalian, atau pengendalian yang  tidak sejalan dengan peraturan terkini.

Adanya internal control assessment akan mengurangi risiko pengendalian internal secara efektif. Upaya tersebut termasuk meninjau perbedaan komponen pengendalian, untuk memutuskan apakah pengendalian tersebut berjalan secara efektif atau tidak.

Fungsi Internal Control Assessment

Evaluasi pengendalian internal berfungsi untuk memvalidasi hasil dari penilaian internal control dalam mencegah penipuan dan mengurangi risiko pelanggaran peraturan. Dengan begitu, baik dewan direksi, komite audit, maupun tim kepemimpinan akan mendapatkan visibilitas ke dalam sistem pengendalian internal mereka.

Selain itu, mereka juga akan mendapatkan informasi yang dibutuhkan untuk membuat keputusan yang lebih baik terkait risiko yang ada. Hal tersebut juga akan membuka jalan bagi tim audit untuk menggunakan penilaian sebagai dukungan dalam melakukan pengendalian internal.

Cara Melakukan Internal Control Evaluation

Upaya evaluasi pengendalian internal memiliki tantangan tersendiri. Beberapa ini beberapa langkah yang perlu Anda lakukan dalam internal control assessment:

1. Nilai Budaya Kepatuhan Anda

Nilailah sikap keseluruhan karyawan terhadap pengendalian dan kepatuhan. Kemudian analisis bagaimana sikap tersebut dapat berkontribusi terhadap keberhasilan atau kegagalan pengendalian internal Anda.

2. Analisis Risiko Paparan

Anda dapat memahami terlebih dahulu risiko apa yang akan Anda hadapi. Kemudian prioritaskan risiko tersebut berdasarkan risiko mana yang paling merugikan jika hal tersebut terjadi.

3. Tinjau Kontrol yang Dilakukan

Selanjutnya, evaluasi pengendalian Anda beserta struktur yang mendukungnya. Termasuk mengenai pengendalian keamanan two-factor authentication atau peraturan keamanan lainnya, termasuk meninjau dokumentasi pengendalian dan pelatihan.

4. Evaluasi Komunikasi Internal

Tim audit haruslah mengkomunikasikan dengan jelas mengenai pengendalian internal kepada dewan terkait, serta karyawan yang akan menerapkannya. Sebelum itu, Anda perlu meninjau sistem komunikasi untuk memastikan laporan yang akurat dan mudah dimengerti.

5. Periksa Sistem Pemantauan

Perusahaan haruslah mengambil pendekatan aktif terhadap evaluasi pengendalian internal. Nilailah seberapa sering Anda memantau aktivitas pengendalian dan seberapa efektif pemantauan tersebut.

6. Laporkan Hasil Evaluasi

Langkah terakhir adalah melaporkan hasil evaluasi Anda kepada dewan dan eksekutif. Sehingga mereka dapat mengetahui adakah kekurangan yang perlu diperbaiki. Anda dapat mengembangkan struktur pelaporan yang jelas dan transparan, sebagai jaminan bagi perusahaan.

Lakukan Evaluasi Pengendalian Internal Sekarang

Melakukan internal control evaluation memang dapat menambah beban kerja tim audit. Namun, hal tersebut dapat membantu hasil audit yang lebih maksimal. Agar tidak mempersulit tim audit, Anda dapat memperbarui infrastruktur audit sebagai cara untuk mendukung kebutuhan mereka.

Diligent adalah penyedia solusi audit terbaik yang dapat membantu memaksimalkan kinerja tim audit Anda. AMT IT Solutions sebagai mitra resmi Diligent dapat membantu Anda menyediakan kebutuhan tersebut. Untuk konsultasi dan informasi lebih lanjut, hubungi marketing@amt-it.com atau klik ikon WhatsApp.