Network Security Tingkatkan Keamanan Jaringan Perusahaan

Network security adalah

Ancaman cyber merupakan salah satu hambatan dalam pengembangan bisnis. Untuk mengatasinya, Anda perlu meningkatkan keamanan terutama pada bagian jaringan perusahaan. Network security adalah salah satu solusi yang dapat membantu Anda mengatasi hambatan tersebut.

Dengan adanya network security, Anda dapat menghindari berbagai potensi kejahatan siber yang semakin meningkat tiap tahunnya. Lalu, apa itu network security dan apa manfaatnya untuk keamanan jaringan perusahaan? Simak melalui artikel berikut ini.

Memahami Network Security

Network security adalah

Network security adalah perlindungan infrastruktur jaringan dari berbagai ancaman cyber seperti akses berbahaya, penyalahgunaan, hingga pencurian yang memanfaatkan kelemahan jaringan. Upaya pengamanan jaringan tersebut umumnya meliputi pembuatan infrastruktur yang aman pada perangkat aplikasi yang digunakan untuk bekerja.

Untuk meningkatkan keamanan jaringan, network security menggabungkan beberapa lapisan pertahanan di tepi dan di dalam jaringan. Setiap lapisan pertahanan tersebut, mengimplementasikan kebijakan dan kontrol. Seperti misalnya, kebijakan tentang bagaimana setiap pengguna berhak mendapatkan akses menuju sumber daya jaringan. Namun, tetap mengontrol “aktor jahat” atau hacker yang berpotensi melakukan eksploitasi dan ancaman.

Jenis-Jenis Network Security

Sebagai solusi peningkatan keamanan jaringan, network security adalah upaya dapat membantu menjaga bisnis Anda dengan menghadirkan berbagai jenis keamanan sesuai kebutuhan. Beberapa di antaranya sebagai berikut:

Firewall

Dalam network security, firewall adalah perangkat jaringan yang memantau aktivitas keluar-masuk jaringan. Firewall juga bertugas untuk memutuskan apakah akan mengizinkan atau memblokir traffic tersebut berdasarkan aturan keamanan yang sudah ditentukan.

Sebagai mitra resmi Sangfor Indonesia, AMT IT Solutions dapat menyediakan kebutuhan firewall sesuai dengan kebutuhan Anda.

Application security

Aplikasi yang digunakan untuk menjalankan bisnis merupakan sasaran empuk bagi para hacker untuk meraup keuntungan sepihak. Untuk itu, Anda perlu melindungi setiap aplikasi yang digunakan perusahaan, baik yang dibuat oleh tim IT internal maupun yang dibeli dari pihak eksternal.

Beberapa aplikasi mungkin sudah memiliki keamanan bawaan, namun peretas akan selalu mencari cara untuk menembus keamanan tersebut. Application security mencakup perlindungan terhadap perangkat keras, perangkat lunak, dan proses yang Anda gunakan untuk meningkatkan keamanannya.

AMT IT Solutions sebagai mitra resmi F5 menyediakan Advanced Web Application Firewall (Advanced WAF) yang menawarkan perlindungan aplikasi dari serangan siber.

Cloud security

Cloud security terdiri dari serangkaian teknologi dan kebijakan yang diterapkan untuk mengamankan IP,  layanan, aplikasi, maupun data penting lainnya. Jenis network security ini adalah solusi yang akan membantu Anda mengelola keamanan dengan lebih baik dan menjaga data maupun aplikasi di penyimpanan cloud.

Email Security

Jenis lainnya dari network security adalah email security. Solusi keamanan jaringan ini mengacu kepada semua proses, produk, dan layanan yang dirancang untuk melindungi akun email maupun konten email Anda dari ancaman eksternal.

Meskipun sebagian besar penyedia layanan email memiliki fitur keamanan email bawaan, namun Anda tetap memerlukan keamanan tambahan yang dapat memaksimalkan kinerja dan mencegah berbagai jenis cybercrime yang berkembang pesat.

Manfaat Network Security Untuk Perusahaan

Apa itu network security

Adanya network security adalah salah satu tanda jika suatu perusahaan sadar akan pentingnya keamanan jaringan, untuk menghadapi berbagai ancamanan cyber yang akan datang. Beberapa manfaat network security yang dapat Anda rasakan yaitu sebagai berikut:

Melindungi data perusahaan

Data perusahaan pada umumnya terdiri dari berbagai informasi penting seperti strategi pemasaran dan lain sebagainya. Untuk itu, menjaga keamanan data merupakan salah satu upaya wajib bagi perusahaan. Dengan menerapkan network security, Anda dapat meningkatkan keamanan data dengan lebih baik.

Mencegah serangan cyber

Sebagian besar serangan siber yang ada saat ini berasal dari internet. Mulai dari serangan virus yang menyasar perangkat komputer hingga serangan hacker yang menargetkan server milik korbannya. Untuk itu, network security adalah upaya pencegahan yang sangat penting bagi perusahaan.

Mempermudah pengelolaan

Umumnya, software keamanan jaringan atau network security dikelola oleh pengguna yang disebut sebagai administrator secara terpusat. Hal ini akan memudahkan Anda dalam melakukan pemantauan maupun pengelolaan infrastruktur jaringan yang aman dari ancaman cyber.

Pembaruan yang terpusat

Pembaruan secara berkala bagi software keamanan jaringan sangat penting dilakukan. Dengan begitu, performa yang diberikan akan tetap maksimal, terutama dalam hal melindungi berbagai jenis serangan cyber terbaru. Dengan adanya sistem keamanan jaringan yang terpusat, maka pembaruan dapat dilakukan dengan mudah dan tepat waktu.

Tingkatkan Network Security Bersama AMT IT Solutions

Menjaga keamanan jaringan atau network security adalah upaya penting yang perlu dilakukan perusahaan dalam menghadapi ancaman serangan cyber. Dengan  keamanan infrastruktur jaringan yang lebih ditingkatkan, tentunya akan mempermudah Anda dalam menjalankan operasional bisnis.

AMT IT Solutions sebagai vendor IT Solutions di Indonesia bekerja sama dengan berbagai brand terbaik yang menyediakan solusi keamanan jaringan perusahaan.