Ketahui Apa Itu Hacker, Jenis, dan Cara Mencegahnya

Apa itu hacker

Banyak kasus pencurian data maupun penyerangan online yang seringkali dikaitkan dengan hacker. Hal ini karena umumnya hacker adalah penyebab dari kasus-kasus kejahatan yang terjadi di internet.

Jika Anda memiliki bisnis yang dekat dengan internet, tentu saja serangan hacker bisa jadi ancaman berbahaya. Untuk itu,  keamanan dalam mencegah serangan hacker harus terus ditingkatkan. Namun, tahukah Anda apa itu hacker? Di bawah ini pengertian, jenis, serta cara mencegah serangan peretas yang dapat Anda lakukan.

Apa Itu Hacker?

Hacker adalah

Hacker adalah orang yang berupaya mencari kelemahan suatu sistem komputer atau jaringan, kemudian memanfaatkannya untuk mendapatkan akses yang tidak sah untuk melakukan kejahatan. Seorang hacker umumnya memiliki keahlian pemrograman komputer dengan pengetahuan tentang network security.

Contoh kejahatan yang dapat dilakukan oleh hacker misalnya seperti pencurian informasi hingga data pribadi, serta merusak suatu sistem atau server. Sedangkan tujuan hacker melancarkan aksinya adalah untuk mengancam orang lain hingga meminta uang tebusan seperti ransomware atau jenis malware lainnya.

Jenis-Jenis Hacker

Jenis-jenis hacker

Hacker dapat dibedakan berdasarkan maksud dari tindakan mereka dalam menyerang korbannya. Beberapa jenis hacker adalah sebagai berikut:

White hat hacker

White hat hacker adalah peretas yang memiliki izin resmi untuk meretas. Tujuannya, adalah untuk memperbaiki kelemahan yang teridentifikasi pada suatu sistem atau jaringan. Hal ini tentunya berbeda dengan hacker pada yang umumnya membobol akses untuk melakukan kejahatan. Selain dapat meretas, white hat hacker juga dapat melakukan pengujian hingga penilaian kerentanan.

Black hat hacker

Selanjutnya, black hat hacker adalah jenis hacker yang mendapatkan akses ke sistem komputer atau jaringan secara tidak sah agar mendapatkan keuntungan pribadi. Setiap aksi yang dilakukan oleh black hat hacker umumnya dilakukan untuk mencuri data perusahaan, melanggar hak privasi, mentransfer dana dari rekening bank dan lain sebagainya.

Grey hat hacker

Grey hat hacker berada diantara white hat dan black hat hacker. Peretas jenis ini melakukan pembobolan akses menuju sistem atau jaringan suatu perusahaan tanpa izin, kemudian mengidentifikasi kelemahan sistem tersebut dan mengungkapkannya kepada pemilik sistem.

Script kiddie hacker

Jika hacker pada umumnya dibekali kemampuan komputer yang canggih, script kiddie hacker adalah seorang yang tidak memiliki kemampuan khusus namun dapat memperoleh akses ke sistem komputer menggunakan alat yang sudah dibuat.

Hacktivist hacker

Jika umumnya hacker membobol akses untuk mendapatkan keuntungan pribadi, hacktivist hacker melakukannya untuk menyampaikan pesan-pesan sosial, agama, politik, dsb. Cara kerja peretas jenis ini adalah dengan membajak situs web dan meninggalkan pesan di situs web yang dibajak.

Cara Mencegah Serangan Hacker

Cara mencegah hacker

Setelah mengetahui apa itu hacker dan jenis-jenisnya, berikut akan dijelaskan beberapa cara mencegah serangan peretas yang dapat Anda lakukan untuk melindungi data perusahaan.

Gunakan kata sandi yang kuat

Salah satu metode serangan hacker seperti brute force attack memanfaatkan kelemahan kata sandi untuk mencuri akses menuju server Anda. Untuk itu, selalu gunakan kata sandi yang kuat agar peretas tidak dapat dengan mudah menebak kata sandi Anda. Selain itu, Anda juga dapat memperbarui kata sandi secara berkala agar tetap aman.

Perbarui software secara berkala

Cara lain untuk mencegah serangan hacker adalah dengan selalu memperbarui software. Dengan menggunakan perangkat lunak terbaru, Anda juga akan mendapatkan perlindungan terbaru. Selain itu, menggunakan software versi lama justru akan meningkatkan potensi terkena serangan hacker karena sistem keamanannya yang tidak diperbarui.

Gunakan SSL

Secure Socket Layer atau disingkat SSL adalah protokol keamanan yang dapat melindungi website Anda dari serangan hacker. Dengan menggunakan SSL, pertukaran data yang terjadi di website Anda akan lebih aman. Website yang menggunakan SSL ditandai dengan HTTP yang sudah berubah menjadi HTTPS.

Lakukan pencadangan secara berkala

Selain melakukan pembaruan secara berkala, Anda juga perlu melakukan pencadangan data secara berkala. Hal ini bertujuan agar tidak kehilangan data penting milik pribadi maupun perusahaan saat hacker mencoba menyerang server atau jaringan Anda.

Gunakan keamanan tambahan

Untuk mencegah serangan hacker, Anda dapat menggunakan plugin keamanan pada server maupun jaringan yang Anda gunakan. Selain menggunakan firewall, Anda juga dapat menggunakan keamanan tambahan seperti Web Application Firewall (WAF) untuk melindungi layer aplikasi perusahaan dari serangan peretas. F5 Advanced WAF adalah salah satu produk yang dapat Anda gunakan.

Lindungi Data Pribadi Anda dari Serangan Hacker

Serangan hacker adalah salah satu yang dapat mengancam keberlangsungan bisnis perusahaan. Untuk itu, Anda perlu memahami apa itu hacker, jenis-jenisnya, serta cara untuk mencegah serangan hacker.

AMT IT Solutions bersama F5 dapat menyediakan keamanan ekstra untuk melindungi bisnis Anda dari peretasan. Melalui Advanced Web Application Firewall, F5 dapat melindungi layer aplikasi perusahaan Anda dari segala jenis serangan hacker berbahaya.