Jenis-Jenis Sistem Keamanan Komputer Untuk Perusahaan

Sistem Keamanan Komputer

Adanya sistem keamanan komputer merupakan upaya yang diperlukan perusahaan untuk mencegah serangan siber pada jaringan komputer mereka. Termasuk penyalahgunaan informasi, penggunaan akses yang tidak sah, serta pencurian data penting.

Sebelum menerapkannya pada jaringan komputer, ada baiknya Anda mengetahui jenis-jenis keamanan yang dibutuhkan oleh perusahaan.

Keamanan Aplikasi

Sistem Keamanan Jaringan

Application security atau keamanan aplikasi adalah tahap awal dalam sistem keamanan. Adanya keamanan aplikasi akan melindungi sistem komputer Anda dari ancaman siber, seperti pencurian data dan akses yang yang tidak sah. Selain itu, keamanan aplikasi juga dapat membantu komputer Anda melawan pelanggaran SQL dan serangan DDoS.

Beberapa contoh sistem keamanan aplikasi yang dapat Anda gunakan yaitu seperti software enkripsi, antivirus, firewall, dll. Salah satu solusi yang Anda gunakan seperti Sangfor Next Generation Firewall.

Keamanan Informasi

Salah satu cara memastikan sistem keamanan komputer adalah dengan menerapkan keamanan informasi atau information security pada jaringan Anda. Tujuan dari adanya keamanan informasi adalah untuk melindungi ketersediaan, integritas, dan kepercayaan pada sistem komputer perusahaan. Sehingga operasional bisnis Anda dapat terus berjalan dengan lancar.

Keamanan Jaringan

Keamanan jaringan atau network security merupakan jenis sistem keamanan yang dapat melindungi komputer Anda dari penyusupan jaringan. Sama halnya dengan information security, sistem keamanan jenis ini juga bertujuan untuk melindungi integritas, ketersediaan, dan kepercayaan perusahaan.

Keamanan yang dilakukan pada jaringan juga mencakup keamanan software dan hardware. Ada banyak metode dan komponen keamanan jaringan yang akan membantu jaringan perusahaan Anda menjadi lebih aman. Beberapa diantaranya:

  1. Keamanan aplikasi
  2. Software anti-virus
  3. Analisis perilaku
  4. Firewall 
  5. Keamanan email
  6. Keamanan web
  7. Keamanan jaringan nirkabel
  8. Kontrol akses jaringan
  9. Segmentasi jaringan, dan 
  10. Virtual Private Network

Keamanan Endpoint Device

Endpoint device juga membutuhkan perlindungan dari serangan siber. Hal ini dikarenakan para pengguna endpoint, yaitu end user seringkali menjadi sasaran utama para pelaku kejahatan. Sehingga Anda perlu melindungi perangkat yang mereka gunakan untuk meningkatkan keamanan.

Anda juga dapat memberikan pelatihan kepada karyawan untuk meningkatkan endpoint security. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan software perlindungan Endpoint Secure dari Sangfor untuk memaksimalkan keamanan pada endpoint device penggunanya.

Keamanan Internet

Internet security atau keamanan internet saat ini menjadi salah satu jenis  keamanan yang paling banyak diterapkan. Jenis keamanan ini bertujuan untuk menciptakan peraturan dan tindakan untuk mencegah penggunaan yang tidak sah atau perusakan sistem komputer yang berakibat langsung pada koneksi jaringan internet.

Beberapa serangan yang menargetkan jaringan komputer seperti malware, virus komputer, DDoS attack, dll. Anda dapat meningkatkan keamanan jaringan dengan menerapkan solusi network security dari F5.

Lindungan Perusahaan Anda dari Serangan Hacker

Menjaga keamanan pada sistem komputer merupakan hal penting yang perlu dilakukan oleh perusahaan, tentunya agar terhindar dari berbagai serangan yang dapat mengganggu jalannya operasional bisnis.

Konsultasikan kebutuhan keamanan siber perusahaan Anda bersama AMT IT Solutions untuk mendapatkan berbagai solusi terbaik dari vendor keamanan seperti Sangfor dan F5. Untuk informasi lebih lanjut dan penawaran menarik, hubungi marketing@amt-it.com atau klik ikon WhatsApp.