Secure Access Service Edge (SASE): Pengertian dan Manfaatnya

Secure Access Service Edge

Setiap perusahaan haruslah mengadopsi solusi inovatif agar terus bertahan di tengah masifnya perkembangan transformasi digital. Secure Access Service Edge (SASE) adalah salah satu solusi yang menawarkan pendekatan keamanan jaringan untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Agar lebih memahaminya, berikut pembahasan lengkap mengenai apa itu SASE dan manfaatnya bagi perkembangan bisnis modern.

Apa Itu SASE?

Secure Access Service Edge

Secure Access Service Edge atau disingkat SASE adalah arsitektur cloud-native yang mengkombinasikan beberapa fungsi jaringan dan keamanan ke dalam satu platform.  Arsitektur SASE mencakup SD-WAN, Firewall as a Service, Secure Web Gateway, endpoint security, Zero Trust Network Access, dan Cloud Access Security Broker.

Cara Kerja SASE

SASE bekerja dengan merutekan traffic melalui Point of Presence (PoP), tempat dimana kebijakan jaringan dan keamanan diterapkan berdasarkan identitas pengguna dan postur perangkat.

Sehingga memberikan akses aman ke aplikasi dan layanan di lokasi dan perangkat apa pun, meningkatkan kinerja jaringan dan hemat biaya. SASE cocok untuk pekerja yang memerlukan akses aman dan fleksibel ke sumber daya cloud.

Manfaat Secure Access Service Edge

SASE mendorong pertumbuhan bisnis yang meliputi kinerja, konektivitas, keamanan, skalabilitas, kegunaan, dan biaya. Beberapa manfaat SASE adalah sebagai berikut:

Performa

Jaringan tradisional perlu mengarahkan semua traffic melalui pusat data center atau hub jaringan, sehingga menciptakan latensi dan memperlambat traffic. Dengan menerapkan SASE, semua traffic dapat langsung mengakses sumber daya cloud, sehingga dapat meningkatkan kinerja dan mengurangi latensi.

Konektivitas

Jaringan tradisional tidak lagi mendukung meningkatnya permintaan konektivitas yang aman dan andal. Namun, SASE menyediakan solusi berbasis cloud terpadu, yang mampu mengamankan dan mengoptimalkan traffic di tepi jaringan.

Keamanan

Solusi keamanan tradisional dirancang untuk lingkungan lokal (on-premise) dan tidak menyediakan perlindungan untuk pekerja jarak jauh. Untuk itu, SASE menyediakan solusi keamanan berbasis cloud terpadu yang melindungi pengguna dan perangkatnya di mana saja.

Skalabilitas

skalabilitas dari jaringan tradisional terbatas pada hardware dan infrastruktur fisik. Sedangkan SASE adalah solusi yang dapat memenuhi perkembangan perusahaan tanpa perlu investasi besar pada hardware maupun infrastrukturnya. Sehingga Anda dapat mengembangkan kapasitas jaringan dan keamanan bisnis dengan cepat dan mudah.

Kegunaan

Seringkali jaringan dan keamanan tradisional memiliki kompleksitas tinggi, sehingga sulit untuk dikelola. SASE menyederhanakan masalah tersebut dengan arsitektur yang terintegrasi. Menyediakan manajemen terpusat dengan penerapannya yang mudah.

Biaya

Solusi jaringan dan keamanan tradisional membutuhkan modal besar untuk hardware, perawatan, dan pekerja TI dalam menerapkan dan mengelolanya. Sedangkan SASE mampu mengurangi kebutuhan akan hardware lokal sehingga dapat menghemat biaya.

Gunakan Solusi Sangfor Access Secure

Secure Access Service Edge atau SASE adalah solusi untuk mengembangkan bisnis di tengah transformasi digital. Anda dapat menggunakan solusi Sangfor Access Secure, yang merupakan solusi SASE terbaik se Asia-Pasifik.

Sebagai mitra resmi Sangfor, AMT IT Solutions dapat membantu Anda menyediakan kebutuhan tersebut. Hubungi marketing@amt-it.com atau klik ikon WhatsApp untuk konsultasi dan informasi selengkapnya.