Aruba Instant On Solusi Bagi UMKM Untuk Tingkatkan Performa Jaringan

Apa itu UMKM

Peran Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) bagi perekenomian Indonesia sangat besar.  Berdasarkan informasi Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop UKM) pada tahun 2021, jumlah pelaku UMKM di Indonesia mencapai 64,2 juta.

UMKM sudah turut berkontribusi terhadap produk domestik bruto (PDB) sebesar 61,07% atau Rp8.573,89 triliun. UMKM mampu menyerap 97% dari total angkatan kerja dan mampu menghimpun hingga 60,42% dari total investasi di Indonesia.

Setelah dihadapkan oleh pandemik, saat ini UMKM menjadi pilar penting bagi kebangkitan ekonomi Indonesia. Jumlah UMKM yang sangat banyak dan tersebar di perkotaan maupun pedesaan bahkan hingga di pelosok terpencil menjadi prioritas penting bagi pemerintah untuk terus dapat ditingkatkan.

Namun melalui pesatnya perkembangan teknologi di Indonesia, budaya jual beli digital lebih digemari oleh calon pembeli, karena mereka tidak perlu lagi meluangkan waktunya untuk datang ke lokasi penjualan. Saat ini mereka bisa memesan produk di mana dan kapan saja.

Untuk mendukung aktivitas jual beli tersebut, para pedagang membutuhkan koneksi internet yang stabil, aman, dan cepat. Hanya saja, banyaknya pengakses internet di saat bersamaan, mengakibatkan adanya berbagai kendala, mulai dari menurunnya kecepatan jaringan, dead spot di sejumlah ruangan, dan jaringan yang putus nyambung.

Solusi Instant On

Solusi Jaringan Stabil dari Aruba

Melalui persoalan tersebut, Aruba Instant On menyediakan solusi yang memudahkan pengguna. Tujuan diciptakannya access point ini adalah agar para pelaku UMKM lebih mudah dalam menjalankan transformasi digital yang penuh tantangan dengan memperkuat mereka melalui solusi-solusi yang setara dengan perusahaan-perusahaan skala besar.

Terdapat 5 solusi sederhana yang ditawarkan oleh Aruba Instant On dalam meningkatkan performa jaringan bagi UMKM, di antaranya adalah:

  1. Aplikasi mobile yang sederhana dan intuitif untuk pemasangan dan pengelolaan jaringan yang mudah
  2. Dua mode pengelolaan melalui aplikasi mobile Instant On atau portal web berbasis cloud
  3. Tingkat keamanan terbaik di kelasnya, termasuk kesesuaian dengan protokol otentikasi terbaru seperti WPA2/WPA3.
  4. Teknologi Smart Mesh untuk perluasan jaringan ke area yang sulit dijangkau dengan jaringan kabel
  5. Opsi pemasangan di plafon, di dinding, atau di atas meja, disesuaikan dengan lingkungan bisnis perusahaan skala kecil yang beragam.

Aruba sendiri mengklaim jika perangkat Instant On ini dirancang untuk menghadirkan wireless connectivity berkecepatan tinggi dan aman, dengan pengaturan dan pengelolaan yang mudah.

Mengutip dari tim Amazon, “Aruba instant on adalah kekuatan baru yang harus diperhitungkan bagi small medium business. Jika Anda dapat mempertahankan domain RF Anda pada 25 AP atau kurang dalam struktur tertentu, access point ini tidak dapat dikalahkan. Kami tim Amazon sangat terkesan dengan kinerja Instant On dari sisi throughput, stabil, andal, dan cepat. Seamless, bahkan dengan VOIP, tanpa drop, tanpa lag. Pembaruan firmware yang dapat dilakukan dengan cara otomatis dan sangat lancar.”

Tim AMT IT Solutions sendiri melihat, jika Aruba Instant On ini dapat menjadi solusi baru untuk menjawab berbagai tantangan digital saat ini. Selain mudah untuk digunakan, Instant On juga dapat tersambung dengan berbagai perangkat, seperti : Mesin Point of Sales (POS), CCTV, smart locks, printers, smart tv, PC, laptop, dan lain sebagainya.

Tidak hanya itu, harga yang terjangkau juga menjadi opsi penting bagi pengguna untuk memilih access point ini. Pengguna tidak akan dikenakan adanya biaya berlangganan atau lisensi tambahan, termasuk pembelian tools keamanan, salah satunya seperti gateway. Jika nantinya ingin menambah perangkat wired, Anda dapat melakukannya sendiri dengan mudah.

AMT IT Solutions Bersama Aruba berkomitmen untuk mendukung transformasi digital di seluruh pelosok Indonesia. Tujuannya agar setiap bisnis di berbagai daerah dapat bertahan dan berkembang di lingkungan ekonomi digital saat ini.