Apa Itu Microsoft Azure? Ini Jenis Layanan dan Manfaatnya Bagi Bisnis

Microsoft Azure adalah

Layanan cloud computing dikenal sebagai inovasi yang memberikan kemudahan untuk penggunanya. Microsoft Azure adalah salah satu contoh layanan komputasi awan yang dapat membuat pekerjaan Anda jauh lebih efektif dan efisien.

Sebagai layanan keluaran Microsoft, aplikasi ini memiliki banyak fitur untuk mendukung penggunaan Microsoft yang lebih maksimal. Lalu, apa itu Microsoft Azure? Melalui artikel kali ini, akan dijelaskan mengenai pengertian, cara kerja, serta manfaat Microsoft Azure agar Anda lebih memahaminya.

Apa Itu Microsoft Azure?

Microsoft Azure adalah sebuah platform cloud yang terdiri dari berbagai layanan computing, analytic, storage, hingga network. Layanan ini diperuntukan untuk membuat dan mengembangkan aplikasi baru, maupun menjalankan aplikasi yang sudah ada pada cloud.

Dengan Azure, Anda dapat membuat, menjalankan, maupun mengelola aplikasi di mana saja dengan kerangka kerja pilihan Anda. Selain itu, setiap tools yang ada juga sangat kompatibel bagi seluruh jenis teknologi yang bersifat open source. Sehingga menjadikan Azure sebagai platform yang sangat fleksibel bagi para penggunanya.

Bagi Anda yang tertarik menggunakan Azure, perlu diketahui jika aplikasi ini menerapkan sistem pembayaran pay-as-you-go. Dimana pelanggan hanya akan membayar tagihan untuk sumber daya yang sudah digunakan saja.

Layanan Microsoft Azure

Layanan Microsoft Azure

Dilansir dari laman Microsoft, Azure adalah aplikasi yang memiliki lebih dari 200 layanan pengembangan aplikasi. Seluruh layanan tersebut masuk ke dalam 3 kategori utama, yaitu layanan komputasi, layanan jaringan, serta layanan penyimpanan. Berikut penjelasannya.

Layanan komputasi

Microsoft Azure menyediakan layanan komputasi yang terdiri dari virtual machine, cloud service, service fabric, dan functions. Itu artinya, jika ingin membuat virtual machine dengan sistem operasi Windows maupun Linux, Anda dapat memanfaatkan layanan komputasi dari Microsoft Azure.

Sementara itu, jika Anda ingin membuat aplikasi di dalam cloud, Anda dapat memanfaatkan layanan cloud service. Atau ketika Anda mengembangkan microservice menjadi lebih sederhana, Anda dapat memanfaatkan layanan service fabric.

Begitu pula ketika Anda ingin membuat aplikasi menggunakan berbagai jenis bahasa pemrograman, Anda dapat memanfaatkan layanan functions dari Microsoft Azure.

Layanan jaringan

Microsoft Azure adalah layanan yang menyediakan jaringan bagi pengembangan aplikasi. Seperti misalnya layanan Azure CDN yang berfungsi untuk mengirimkan konten website dengan bandwidth yang lebih tinggi untuk semua penggunanya.

Selain itu, ada juga express route yang merupakan layanan untuk menghubungkan on premise network pada cloud melalui private connection.

Layanan penyimpanan

Jika Anda yang membutuhkan ruang penyimpanan untuk bisnis, maka di kategori layanan ini Anda akan menemukan banyak pilihan ruang penyimpanan. Seperti file storage, disk storage, blob storage, dan queue storage.

File storage merupakan layanan penyimpanan yang dilengkapi dengan standar server menggunakan Server Message Block atau SMB. Sedangkan blob storage diperuntukkan bagi data yang tersimpan dalam jumlah besar dan tidak terstruktur, namun dapat disimpan dengan aman.

Selain itu, Azure juga menyediakan pilihan SSD maupun HDD storage yang dapat Anda operasikan bersama virtual machine.

Manfaat Microsoft Azure

Apa itu Microsoft Azure

Selain memiliki lebih dari 200 layanan yang dapat mendukung pengembangan aplikasi, Microsoft Azure juga memiliki manfaat lain yang akan mempermudah pekerjaan Anda. Beberapa diantaranya sebagai berikut:

Skalabilitas yang dapat disesuaikan

Salah satu kelebihan Microsoft Azure adalah dapat melakukan skalabilitas sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Hal ini tentunya tidak terlepas dari fitur fleksibel yang dapat bekerja baik secara manual maupun auto scaling.

Azure mampu memastikan Anda menggunakan layanan komputasi ini sesuai kebutuhan, sehingga tidak perlu khawatir akan solusi lokal yang kurang dimanfaatkan.

Biaya yang lebih efisien

Microsoft Azure mengadaptasi sistem pembayaran pay-as-you-go yang memungkinkan Anda cukup membayar apa yang telah Anda gunakan. Selain itu, aplikasi ini juga memungkinkan Anda mengakses lebih banyak sumber daya yang Anda butuhkan secara maksimal.

Sehingga selain lebih hemat, Anda juga tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk penyediaan infrastruktur IT maupun pemeliharaannya.

Dukungan backup dan recovery

Adanya dukungan pencadangan dan pemulihan merupakan faktor penting bagi penyedia layanan komputasi. Azure memiliki lebih dari 50 sertifikat kepatuhan kelas dunia dengan retensi selama 99 tahun.

Hal tersebut tentunya membuat Azure mampu melindungi data Anda dengan lebih baik. Selain itu, jika terjadi gangguan layanan atau kehilangan data, Azure dapat memulihkan data Anda 66% lebih cepat dibanding solusi IT lainnya.

Manajemen akses dan identitas yang aman (IAM)

Anda dapat mengurangi risiko peretasan dengan Azure Active Directory dan kemampuan Identity Access Management (IAM) yang dimilikinya. Solusi tersebut dapat melindungi sumber daya dan aplikasi Anda dengan fitur tambahan, termasuk kebijakan Multi-Factor Authentication, Application Proxy, dan Conditional Access. 

Terintegrasi dengan aplikasi lainnya

Sebagian besar bisnis bergantung pada aplikasi seperti Microsoft Office dan Office 365. Menggunakan platform cloud seperti Microsoft Azure adalah pilihan yang tepat untuk mengintegrasikan semua software Microsoft maupun aplikasi lainnya dengan lebih mudah.

Kembangkan Aplikasi Bisnis Anda Bersama Microsoft Azure

Jika Anda ingin mengembangkan aplikasi bisnis dengan lebih efektif dan efisien, maka Microsoft Azure adalah pilihan yang tepat. Platform cloud ini terdiri dari berbagai layanan computing, analytic, storage, hingga network yang dapat mendukung pengembangan suatu aplikasi.

AMT IT Solutions sebagai mitra resmi Microsoft Indonesia menawarkan solusi komputasi awan dengan Microsoft Azure untuk memenuhi kebutuhan perusahaan Anda.

Untuk informasi lebih lanjut, hubungi marketing@amt-it.com atau klik ikon WhatsApp.