5 Langkah Membangun Kasus Bisnis Untuk Teknologi GRC

Membangun kasus bisnis

Perusahaan dengan sumber daya terbatas perlu membangun kasus bisnis yang kuat untuk mengakuisisi teknologi GRC. Kasus bisnis sendiri merupakan upaya untuk menyampaikan kebutuhan perusahaan akan teknologi. 

Termasuk di dalamnya upaya untuk menjelaskan bagaimana tantangan dapat mempersulit karyawan untuk mencapai tujuan perusahaan. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan dukungan dari pemangku kepentingan untuk menyediakan kebutuhan tersebut.

Berikut langkah yang dapat Anda lakukan untuk menciptakan kasus bisnis yang tepat.

1. Identifikasikan Siapa Pembuat Keputusan

Membangun kasus bisnis

Ada lebih banyak orang yang terlibat dalam proses pengambilan keputusan mengenai kasus bisnis yang Anda buat. Beberapa diantaranya termasuk manajer IT/CTO/CISO/CIO, komite audit (CAE), rekan tim, dan tim lainnya.

Anda dapat mengidentifikasi lebih lanjut mengenai kebutuhan mereka yang berkaitan dengan teknologi. Sehingga, mereka dapat terlibat dan memberikan dukungan pada tujuan Anda dalam membangun kasus bisnis.

2. Uraikan Tantangan Anda

Catat segala bentuk tantangan yang akan Anda hadapi, anggaplah upaya ini sebagai bentuk pendorong untuk melakukan pembelian teknologi. Beberapa hal yang dapat Anda pertimbangkan seperti:

Tim audit, membutuhkan sistem manajemen audit dengan otomasi dan data yang kuat.

Tim analitik, perlu menghemat waktu dalam kerja spreadsheet sehingga efisien dan minim kesalahan.

Tim kepatuhan, mungkin ingin memusatkan dan mengelola semua peraturan dan dokumentasi kepatuhan dengan lebih baik.

3. Tunjukkan Nilai Bisnis yang Didapat

Anda bisa mendapatkan dukungan dari pemangku kepentingan dengan mendemonstrasikan nilai bisnis. Seperti memberikan gambaran biaya untuk membeli solusi, serta seberapa besar keuntungannya bagi perusahaan.

Tiga elemen penting yang dapat menjadi nilai bisnis perusahaan Anda seperti:

Pengurangan Risiko
Fokuskan argumen pada bagaimana teknologi dapat meningkatkan kontrol dan manajemen risiko.

Peningkatan Efisiensi
Jelaskan juga jika teknologi seperti otomasi dapat membantu meningkatkan proses dan efisiensi tim.

Pengambilan Keputusan Strategis dan Kinerja yang Lebih Baik
Berikan gambaran mengenai penerapan strategi yang lebih baik seperti adanya pandangan risiko dan postur kepatuhan yang lebih akurat, dsb.

4. Pertimbangkan Gambaran Besarnya

Anda dapat meraih dukungan dengan berbicara tentang bagaimana software GRC dapat berkontribusi pada tujuan dan strategi bisnis secara keseluruhan. Misalnya, Anda dapat membicarakan tentang bagaimana software GRC yang terintegrasi dengan HighBond dapat menyelesaikan berbagai tantangan GRC di berbagai area bisnis. Dengan begitu, tentunya rencana Anda akan lebih dihargai.

5. Terapkan Solusinya

Buatlah peta dan garis waktu untuk mengimplementasikan solusi. Anda juga dapat mengidentifikasi tim implementasi serta sumber daya lain yang diperlukan. Dalam tim implementasi Anda dapat menyertakan vendor proyek terbaik, prospek, dan sponsor.

Setelah itu, uraikan peran mereka dalam tim implementasi, kemudian lihat bagaimana keahlian mereka dapat membantu menerapkan teknologi GRC yang dibutuhkan.

Kembangkan Kasus Bisnis Anda Dengan Tepat

Detail dalam membangun kasus bisnis bergantung pada beberapa faktor. Termasuk seberapa besar ukuran perusahaan, berapa banyak orang yang terlibat dalam keputusan pembelian teknologi, perkiraan biaya, serta berapa banyak karyawan yang menggunakannya.

Diligent dengan solusi software GRC miliknya siap membantu Anda mengimplementasikan kasus bisnis yang ada. Hubungi marketing@amt-it.com untuk konsultasi dan pengadaan produk Diligent.