Apa Itu PoE? Mengenal High Power PoE Dalam Aruba Networks

PoE adalah

Power over Ethernet atau PoE adalah kabel jaringan Ethernet yang digunakan untuk pemasangan perangkat jaringan di gedung perusahaan. Dengan menggunakan PoE, Anda tidak perlu melakukan penarikan kabel power yang cukup merepotkan dan memakan banyak biaya.

Produk Aruba Networks mulai dari access point hingga switch memanfaatkan teknologi High Power PoE, untuk memaksimalkan performanya dalam mendistribusikan sinyal WiFi. Lalu, apa itu PoE dan bagaimana High Power PoE bekerja pada Aruba? Simak melalui artikel berikut ini.

Apa Itu PoE?

Apa itu PoE?

Power over Ethernet atau disingkat PoE adalah kabel jaringan jenis Ethernet yang dapat menyalurkan tenaga listrik tanpa perlu melakukan penarikan kabel power. Sebagai gantinya, tenaga listrik akan dialirkan melalui kabel twisted pair, baik UTP maupun STP yang bertugas sebagai wadah transmisi daya.

Fungsi PoE

Fungsi utama PoE adalah sebagai penyalur daya melalui jaringan kabel Ethernet. Di mana Anda tidak perlu melakukan penarikan kabel power, sehingga meningkatkan efisiensi dan menghemat biaya pemasangan perangkat.

Sebagai penyalur daya, PoE tentunya memiliki berbagai pilihan standar daya dengan variasi watt yang beragam dan masih terus ditingkatkan. Hal ini dikarenakan kebutuhan daya yang terus meningkat pada perangkat yang semakin canggih. Beberapa perangkat yang membutuhkan PoE berdaya tinggi seperti:

  1. Penerangan LED pada bangunan;
  2. Retail dengan sistem POS dan tanda tangan digital;
  3. Access point dan switch dengan performa tinggi lebih dari 30W;
  4. Kamera keamanan dengan fitur high-definition pan-tilt zoom yang ditempatkan di area bercuaca ekstrim, dsb.

Standar Daya PoE

Standar daya PoE

Pada tahun 2003, PoE menyediakan standar jaringan IEEE 802.3af yang memiliki maksimum power per port sebesar 15,4 W. Lalu di tahun 2009, PoE menyediakan standar IEEE 802.3at yang memiliki maksimum power per port lebih besar, yaitu mencapai 30 W. Kemudian di tahun 2018, PoE mengeluarkan high power standard IEEE 802.3bt dengan maksimum power per port mencapai 90 W.

Aruba Mendukung High Power PoE

Power Over Ethernet

High Power PoE adalah teknologi yang menawarkan lebih banyak sumber daya untuk meningkatkan performa perangkat jaringan. Aruba mendukung penggunaan High Power PoE, untuk memenuhi kebutuhan watt pada access point maupun switch terbaik mereka. Sehingga, memberikan kemampuan distribusi sinyal WiFi yang maksimal ke seluruh area.

Aruba Networks mendukung standar jaringan IEEE 802.3bt dengan maksimum power per port mencapai 60 W pada setiap perangkatnya. Selain itu, Aruba juga telah masuk ke dalam daftar Ethernet Alliance (EA) sebagai Certified PoE Product Registry, yang menunjukkan komitmennya dalam mendukung jaringan internet stabil yang dapat diandalkan.

Gunakan Aruba Untuk Performa Jaringan Terbaik

Untuk mewujudkan pembangunan jaringan yang merata di area perusahaan, PoE adalah solusi penting yang wajib Anda terapkan. Selain mempermudah pemasangan, menggunakan jaringan Ethernet juga akan menghemat pengeluaran Anda.

AMT IT Solutions sebagai mitra resmi Aruba menawarkan access point atau switch yang mendukung High Power PoE untuk memenuhi kebutuhan perusahaan Anda. Hubungi marketing@amt-it.com atau klik ikon WhatsApp untuk informasi selengkapnya.