Penjelasan Apa Itu Switch, Cara Kerja, Fungsi, dan Jenisnya

Apa itu switch

Untuk membangun jaringan internet dengan performa maksimal, Anda memerlukan beberapa perangkat yang bekerja sekaligus. Switch adalah salah satu  perangkat untuk meningkatkan jangkauan internet di lingkungan perusahaan Anda.

Namun, apa itu switch? Karena bentuknya yang hampir mirip dengan router maupun access point, switch seringkali disamakan dengan keduanya. Padahal, setiap perangkat jaringan memiliki peran dan fungsinya masing-masing.

Berikut akan dijelaskan mengenai apa itu switch, fungsi, hingga cara kerjanya secara lengkap agar Anda dapat memaksimalkan jaringan internet di perusahaan Anda!

Apa Itu Switch Pada Jaringan?

Switch adalah

Switch adalah network device yang menghubungkan perangkat (dapat berupa switch lain, access point, maupun komputer) ke dalam Local Area Network (LAN). Berbeda dengan router maupun access point, network switch hanya bertugas mengirimkan data ke satu perangkat jaringan yang dituju dan bukan ke banyak perangkat secara bersamaan.

Dalam model OSI layer, switch dapat beroperasi di layer ke-2 yang langsung menghubungkan LAN menuju endpoint device seperti komputer maupun printer. Namun switch juga dapat beroperasi di layer ke-3, yaitu area perutean yang bertugas menyambungkan router dengan access point.

Cara Kerja Switch

Dalam penjelasan mengenai apa itu switch, telah dibahas secara singkat jika switch adalah perangkat jaringan yang dapat bekerja pada layer ke-2 maupun layer ke-3 dalam OSI layer. Namun, bagaimana sebenarnya cara switch bekerja?

Setelah switch terhubung ke sebuah perangkat, maka switch akan mengidentifikasi Media Access Control (MAC) address pada perangkat tersebut. MAC sendiri merupakan sebuah kode yang dimasukkan ke dalam kartu antarmuka jaringan atau Network Interface Card (NIC).

Nantinya switch akan menggunakan MAC address untuk mengidentifikasi perangkat terpasang mana yang mengirim paket keluar, dan ke mana harus mengirimkan paket masuk. Seperti itulah cara kerja switch pada layer ke-2. Berbeda jika switch bekerja pada layer ke-3, maka switch akan menggunakan IP address yang ditetapkan secara dinamis ke endpoint device dan berubah seiring waktu.

Fungsi Switch Bagi Perusahaan

Jika perusahaan Anda membutuhkan jaringan internet yang luas dan dapat menjangkau seluruh area kantor, maka penggunaan switch adalah solusi yang tepat. Beberapa fungsi switch bagi perusahaan di antaranya:

  1. Memberikan konektivitas nirkabel tingkat lanjut dengan jangkauan jaringan yang lebih luas;
  2. Mendukung Internet of Things (IoT) dan transformasi digital di dalam lingkungan perusahaan;
  3. Mengurangi kompleksitas infrastruktur jaringan perusahaan;
  4. Switch modern menggunakan teknologi Power over Ethernet (PoE) yang dapat memberikan daya hingga 100W untuk mendukung perangkat yang terhubung ke jaringan;
  5. Mengoptimalkan lingkungan penggunaan jaringan internet yang lebih efektif dan efisien sehingga mampu meningkatkan produktivitas karyawan.

Jenis-jenis Switch

Sebelum menggunakan switch, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu apa itu switch hingga jenis-jenisnya yang ada. Dengan begitu, Anda dapat menggunakan switch sesuai kebutuhan perusahaan. Berikut jenis-jenis switch yang dibedakan berdasarkan konsep kerjanya:

Unmanaged Switch

Unmanaged switch adalah jenis switch paling dasar yang tidak menawarkan fitur pengelolaan. Dengan kata lain, switch jenis ini  merupakan switch dengan konfigurasi tetap yang dapat langsung digunakan (plug and play).

Switch jenis ini memiliki pengaturan default untuk fitur seperti kualitas layanan, namun tidak dapat diubah sesuai kebutuhan. Keuntungan menggunakan network device jenis ini  adalah harganya yang relatif lebih murah dan dapat langsung digunakan dengan mudah.

Managed switch

Berbeda dengan unmanaged switch, managed switch merupakan jenis switch yang menawarkan lebih banyak fitur, termasuk fitur mengelola pengaturan sesuai kebutuhan perusahaan.

Switch jenis ini umumnya mendukung LAN virtual, Quality of Service (QoS) dan perutean IP. Selain itu, managed switch juga menawarkan keamanan yang lebih baik karena mampu melindungi semua jenis traffic yang ditangani. Dengan fitur yang lebih banyak, tentunya switch jenis ini memiliki harga yang lebih mahal.

Smart switch

Smart switch adalah jenis switch terkelola yang memiliki beberapa fitur di luar dari apa yang ditawarkan oleh managed maupun unmanaged switch, namun dengan harga yang lebih murah dari kedua jenis switch tersebut. Sehingga network device jenis ini lebih cocok digunakan untuk perusahaan dengan anggaran yang terbatas.

Apa Switch yang Cocok Untuk Perusahaan Anda?

Switch adalah network device yang dapat menyambungkan perangkat lain seperti access point maupun endpoint device ke Local Area Network (LAN). Penggunaan switch bagi perusahaan dapat memperluas jaringan internet serta menyederhanakan kompleksitasnya.

AMT IT Solutions bersama Aruba menyediakan berbagai jenis switch yang dibutuhkan perusahaan Anda. Cek solusi kami bersama Aruba untuk mendapatkan produk yang dapat meningkatkan produktivitas bisnis Anda!