SSL VPN: Perlindungan Ganda Untuk Jaringan Perusahaan

SSL VPN adalah

Istilah VPN mungkin terdengar familiar di kalangan pengguna internet. Selain itu, ada juga istilah SSL yang cukup akrab bagi pemilik website. Namun, tahukah Anda apa itu SSL VPN? SSL VPN adalah solusi yang menawarkan perlindungan ekstra dari masalah keamanan yang mungkin mengintai bisnis Anda.

Semakin tingginya potensi cybercrime yang mengincar data penting perusahaan, tentunya membuat Anda harus lebih berhati-hati dalam melakukan pertukaran data di di internet. Untuk itulah VPN bekerja sama dengan SSL dan meningkatkan keamanan untuk melawan kejahatan siber.

Melalui artikel kali ini, akan dijelaskan mengenai penjelasan SSL VPN, cara kerja, dan manfaatnya bagi perkembangan bisnis perusahaan.

Apa Itu SSL VPN?

Apa Itu SSL VPN?

SSL VPN adalah salah satu jenis protokol VPN (Virtual Private Network) yang digabungkan dengan SSL (Secure Sockets Layer). Jenis VPN ini memanfaatkan protokol SSL untuk memberikan keamanan seperti pada web browser standar, dengan akses jarak jauh layaknya VPN pada umumnya.

SSL VPN memungkinkan perangkat komputer dengan koneksi internet untuk membuat koneksi VPN jarak jauh yang aman dengan browser web. Jaringan SSL VPN sendiri menggunakan end-to-end encryption (E2EE) untuk melindungi pertukaran data antara software endpoint milik client dan server SSL VPN, melalui jaringan internet client yang terkoneksi dengan aman.

Penggunaan SSL VPN bagi perusahaan bertujuan untuk memungkinkan karyawan yang bekerja secara remote mengakses sumber daya perusahaan dengan aman. Selain itu, juga dapat mengamankan sesi internet pengguna yang mengaksesnya dari luar perusahaan.

Cara Kerja SSL VPN

Cara kerja SSL VPN adalah dengan memanfaatkan protokol TLS untuk menggantikan protokol SSL versi lama. Hal ini bertujuan agar dapat melindungi pengguna jarak jauh. Setidaknya, ada dua jenis utama SSL VPN yang dilihat dari cara operasionalnya:

VPN Portal

Jenis VPN portal menyediakan satu koneksi SSL VPN pada satu waktu untuk remote website. Nantinya, pengguna remote diharuskan mengakses gateway dengan browser mereka setelah melakukan autentikasi melalui metode yang didukung oleh gateway. Nantinya, akses akan didapatkan melalui webpage yang bertindak sebagai portal menuju layanan lain.

VPN Tunnel

Berbeda dengan VPN portal, pada VPN tunnel Anda dapat mengakses berbagai jaringan melalui web browser standar. Selain itu, Anda juga dapat mengakses protokol hingga aplikasi lain yang bukan dari web browser.

VPN tunnel sendiri adalah sirkuit yang dibuat antara remote user dan VPN server, dimana server dapat terkoneksi ke lebih dari satu remote website, network service, atau resource secara bersamaan. VPN jenis ini membutuhkan web browser menangani konten aktif dan menyediakan fungsionalitas yang tidak dapat diakses melalui VPN tunnel.

Manfaat SSL VPN Bagi Perusahaan

Selain sebagai solusi keamanan ganda, SSL VPN juga memiliki keuntungan lain jika diterapkan di perusahaan. Beberapa manfaat SSL VPN adalah sebagai berikut:

Menggunakan Teknologi TLS Terbaru

SSL VPN menggunakan teknologi TLS yang diterapkan pada browser modern, sehingga tidak perlu meng-install software client khusus ketika ingin menggunakannya. Selain itu, sirkuit terenkripsi yang dibuat menggunakan TLS mampu memberikan keamanan koneksi yang jauh lebih canggih dibandingkan protokol VPN tradisional.

Lebih Sedikit Biaya Administrasi

Kelebihan selanjutnya dari SSL VPN adalah administrasi serta dukungan teknis yang lebih ringan. Hal ini dikarenakan kemudahan penggunaan serta pemanfaatan web client secara maksimal. Selain itu, SSL VPN juga memungkinkan penggunanya untuk memilih web browser apapun, terlepas dari Operating System (OS) yang digunakan.

Instalasi Mudah

Untuk menggunakan SSL VPN, Anda tidak perlu mengunduh software tambahan atau file konfigurasi dengan langkah-langkah rumit. Berbeda dengan protokol keamanan tunneling lain seperti Layer 2 Tunneling Protocol (L2TP) atau IP security (IPsec), SSL VPN hanya memerlukan browser yang diperbarui untuk membangun jaringan yang aman.

Sangfor SSL VPN Amankan Jaringan Anda

Perusahan yang menerapkan remote working pada karyawan, tentu memerlukan tingkat aksesibilitas yang tinggi terhadap jaringan perusahaan. Selain kecepatan, keamanan jaringan juga menjadi faktor yang perlu diperhatikan. SSL VPN adalah solusi yang dapat Anda terapkan.

AMT IT Solutions sebagai mitra resmi Sangfor menyediakan SSL VPN terbaik untuk melindungi jaringan Anda dari ancaman siber. Untuk informasi lebih lanjut, hubungi marketing@amt-it.com atau klik ikon WhatsApp.