Apa Itu Gateway? Ini Cara Kerja, Fungsi, dan Jenisnya dalam Jaringan

Gateway adalah

Bekerjanya suatu jaringan internet tidak terlepas dari adanya gateway. Dengan begitu, penggunanya dapat menjelajahi website atau web browsing dengan lancar.

Dalam sebuah jaringan internet, gateway adalah komponen penting yang dapat menentukan apakah jaringan tersebut dapat digunakan atau tidak. Tanpa adanya gateway, Anda tidak akan dapat mengakses internet dan melakukan pertukaran data maupun informasi.

Lalu, apa itu gateway? Simak penjelasannya melalui artikel di bawah ini.

Apa Itu Gateway?

Gateway adalah suatu node (router) dalam jaringan komputer yang menghubungkan dua jaringan dengan protokol transmisi yang berbeda secara bersamaan. Dalam jaringan internet, gateway berperan sebagai titik keluar-masuk jaringan di mana semua data nantinya akan melewati gateway sebelum dirutekan.

Dalam jaringan internet, setidaknya gateway memiliki dua peran penting. Pertama, menjadi penghubung  antar jaringan yang berbeda. Lalu kedua, gateway juga dapat menghubungkan berbagai jenis jaringan komputer berdasarkan ukurannya. Misalnya, seperti ISP (Internet Service Provider) dan router yang dapat memberikan akses internet.

Cara Kerja Gateway

Sebagai bagian dari jaringan komputer, gateway memiliki setidaknya dua tipe interface untuk bekerja. Di mana nantinya, interface tersebut akan digunakan sebagai perangkat penghubung antar jaringan dalam melakukan transfer data.

Kemudian, ketika suatu jaringan akan berkomunikasi dengan jaringan lain, data yang dibutuhkan akan dikirimkan melalui gateway. Hal tersebut juga bertujuan untuk menentukan jalur mana yang paling efektif untuk melakukan pengiriman balik data untuk melakukan komunikasi antar jaringan.

Selain bekerja sebagai perutean data, gateway adalah solusi yang dapat melakukan penyimpanan informasi mengenai jalur internal jaringan host. Untuk itu, gateway disebut juga sebagai konverter protokol.

Fungsi Gateway

Setelah membahas apa itu gateway, berikut penjelasan beberapa fungsi gateway bagi jaringan perusahaan:

Mempermudah proses pertukaran data

Gateway dapat memudahkan proses integrasi dan pengelolaan data penting perusahaan. Terutama, bagi perusahaan dengan divisi yang cukup banyak dimana proses pendistribusian informasi menjadi lebih kompleks.

Sebagai hardware sharing

Fungsi lain gateway adalah sebagai hardware sharing, yaitu penggunaan perangkat secara bersamaan. Misalnya, seperti penggunaan printer kantor yang dapat digunakan oleh lebih dari satu orang secara bersamaan. Dengan gateway, performa jaringan Anda akan tetap stabil meskipun digunakan secara bersamaan.

Memudahkan akses informasi

Dengan adanya konversi protokol, gateway dapat memudahkan penggunanya mengakses informasi yang dibutuhkan. Hal ini sejalan dengan fungsi gateway sebagai perutean atau bertukar informasi dari satu jaringan ke jaringan yang berbeda.

Mendukung kinerja komputasi

Selain mempermudah akses informasi, gateway juga dapat mengoptimalkan performa jaringan komputasi perusahaan menjadi lebih stabil. Bahkan, gateway dapat mendistribusikan setiap tugas komputasi ke unit komputer lainnya untuk mengatasi overload.

Sebagai konversi protokol

Dengan gateway, setiap unit komputer dapat terhubung satu sama lain, sehingga mempermudah proses pertukaran data dan informasi. Untuk itu, gateway difungsikan sebagai pengonversi dua unit protokol yang berbeda.

Jenis-Jenis Gateway

Jika dilihat dari alur informasi dan data, gateway dibagi ke dalam beberapa jenis. Beberapa diantaranya sebagai berikut:

Network gateway

Network gateway adalah gateway yang menyediakan interface antara dua jaringan berbeda dengan protokol operasional yang berbeda pula. Jenis ini merupakan yang paling umum ditemukan dalam jaringan komputer.

IoT gateway

IoT gateway merupakan gateway yang menggabungkan dua sensor perangkat IoT untuk kemudian menerjemahan dua atau lebih protokol sebelum data dikirimkan ke jaringan cloud.

Cloud storage gateway

Jenis gateway selanjutnya yaitu cloud storage gateway yang berfungsi sebagai node jaringan untuk menerjemahkan permintaan penyimpanan dengan panggilan API layanan cloud yang berbeda, seperti REST (Representational State Transfer) dan SOAP (Simple Object Access Protocol).

Bidirectional gateway

Bidirectional merupakan jenis gateway yang memungkinkan data bergerak menuju dua arah yang berbeda, sehingga gateway ini juga dapat berfungsi sebagai alat sinkronisasi.

Unidirectional gateway

Sedangkan unidirectional gateway merupakan jenis gateway yang menggerakkan data ke satu arah saja, sehingga umumnya digunakan sebagai alat pengarsipan.

VoIP trunk gateway

Jenis VoIP trunk gateway berfungsi untuk memfasilitasi proses pertukaran data antar perangkat Public Switched Telephone Network (PSTN) dengan Voice Over Internet Protocol (VoIP). Dengan begitu, pengguna PSTN dapat terhubung ke jaringan VoIP tanpa memerlukan operator.

Kenali Apa Itu Gateway Dalam Jaringan Anda

Gateway adalah node dalam jaringan komputer yang berperan penting dalam membantu Anda bertukar data maupun informasi. Dengan memahami cara gateway bekerja, Anda dapat meningkatkan performanya sehingga memberikan kenyamanan saat menggunakannya.

AMT IT Solutions bersama Aruba Indonesia menyediakan solusi Gateway yang dapat membantu perkembangan bisnis Anda. Untuk informasi lebih lanjut, hubungi marketing@amt-it.com atau klik ikon WhatsApp.