Berbagai Sumber Data yang Dapat Diakses dengan ACL Analytics

ACL Analytics Highbond

ACL Analytics dari Diligent Highbond diciptakan untuk menunjang pekerjaan data analyst. Aplikasi ini, dilengkapi dengan tampilan Analytics yang mudah dipahami, serta berbagai sumber data yang dapat diakses dengan mudah.

Dengan Analytics, Anda dapat melihat berbagai jenis file,  database, serta sumber data cloud yang terintegrasi dalam satu lokasi. Fitur akses data tersebut bersumber dari:

  1. Metode akses data
    Menggunakan Data Definition Wizard, jendela Data Access, atau keduanya untuk mengakses data.
  2. Metode baca data
    Membaca tabel Analytics yang dihasilkan dari file data Analytics (.fil) atau langsung dari sumber data.

Menggunakan Jendela Data Access Untuk Mengakses Sumber Data ODBC

Data Source ACL Analytiscs

Anda dapat menggunakan jendela Data Access untuk membuat koneksi ke sumber data yang sesuai dengan ODBC (Open Database Connectivity). Berikut ini pilihan ODBC yang tersedia:

Konektor ACL Analytics

Analytics berisi sejumlah konektor data asli ke sumber data, seperti Oracle, Microsoft SQL Server, dan Salesforce. Anda dapat melihat database dan layanan data cloud untuk seluruh daftar konektor data asli.

Konektor ACL DSN (Bundled)

Konektor ini berisi konektor data tambahan yang disediakan oleh mitra data Diligent, yaitu software CData.

Konektor Windows DSN

Anda dapat menggunakan driver ODBC Windows atau DSN yang sudah di-install atau dikonfigurasi di komputer Anda.

Konektor Lainnya

Selain konektor yang sudah disebutkan, Anda juga dapat meng-install driver ODBC apa saja yang Anda perlukan. Anda juga dapat menggunakannya dengan jendela Data Access.

Data Access Bersifat Read-only

Saat Anda mengakses dan mengimpor sumber data apapun, Analytics hanya menampilkannya dalam mode read-only. Aplikasi ini tidak dapat menambahkan, memperbarui, atau menghapus data dari sumber data atau mengubahnya.

Mode read-only ini berlaku untuk semua sumber data yang dapat diakses oleh Analytics seperti sumber data berbasis file, database, dan layanan data cloud. Sedangkan untuk file data Analytics (.fil) yang dibuat dari data yang diimpor juga akan ditampilkan dalam mode read-only. Analytics tidak dapat mengubah file .fil, kecuali memperbaruinya dari sumber data.

Sumber Data Berbasis File

Ada banyak sumber data yang dapat diakses dari Analytics seperti Adobe Acrobat, Microsoft Access, Microsoft Excel, dsb. Untuk mengetahui apakah sumber data tersebut menggunakan Data Definition Wizard atau jendela Data Access, Anda dapat melihatnya pada tabel link ini.

Database dan Layanan Data Cloud

Anda dapat menggunakan jendela Data Access dan konektor data Analytics untuk mengakses database dan layanan data cloud yang tercantum di sini. Data yang diimpor, nantinya akan disimpan dalam bentuk file data Analytics (.fil)

Untuk informasi selengkapnya, lihat cara mengimpor data menggunakan jendela Data Access.

Maksimalkan Penggunaan Aplikasi Analytics

Aplikasi ACL Analytics memiliki banyak kemampuan untuk mempermudah pekerjaan data analis. Manfaatkan semua fiturnya dengan mempelajari bagaimana software aplikasi tersebut bekerja.

Sebagai mitra resmi Diligent, AMT IT Solutions dapat membantu Anda menyediakan kebutuhan perusahaan. Untuk konsultasi dan informasi lebih lanjut, hubungi marketing@amt-it.com atau klik ikon WhatsApp.