Perbedaan Firewall Tradisional dan NGFW: Mana yang Terbaik?

perbedaan firewall tradisional dan Next Generation Firewall

Tingginya tingkat ancaman siber membuat banyak penyedia solusi network security terus berinovasi mengembangkan firewall yang mampu melindungi server dari ancaman terbaru. Next Generation Firewall atau NGFW adalah salah satu hasil dari pengembangan firewall tradisional dengan tingkat keamanan yang lebih dioptimalkan.

Lalu, apa saja perbedaan firewall tradisional dan Next Generation Firewall? Sebelum membahasnya, berikut akan dijelaskan mengenai pengertian NGFW dan firewall tradisional terlebih dahulu.

Apa Itu Firewall Tradisional?

Firewall tradisional adalah perangkat keamanan jaringan yang menyediakan inspeksi stateful terhadap lalu lintas keluar-masuk jaringan, dari titik di dalam jaringan berdasarkan status, port, dan protokol. Sederhananya, firewall tradisional adalah perangkat keamanan jaringan yang mengatur kontrol jaringan.

Apa Itu NGFW?

NGFW adalah

Next Generation Firewall atau NGFW adalah perangkat keamanan jaringan yang tidak hanya menyediakan pemeriksaan lalu lintas keluar-masuk jaringan, namun juga menyertakan fitur tambahan yang jauh lebih banyak dari firewall tradisional. Beberapa diantaranya seperti:

  1. Application awareness and control
  2. Integrated intrusion prevention
  3. Deep Packet Inspection (DPI)
  4. Integrated Intrusion Protection System (IPS)
  5. Cloud-delivered threat intelligenc
  6. Secure Sockets Layer (SSL) Inspection dan Secure Shell (SSH) Control
  7. Integrasi Sandbox
  8. No impact of list of protection enabled on performance
  9. Advanced Threat Protection
  10. Web Filtering
  11. Antivirus, Antispam, Antimalware

Perbedaan Firewall Tradisional dan NGFW

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, jika NGFW adalah pengembangan dari firewall tradisional yang dilengkapi fitur tambahan untuk meningkatkan keamanan. Secara singkat, berikut beberapa perbedaan firewall tradisional dan Next Generation Firewall (NGFW):

perbedaan firewall tradisional dan NGFW

Pilih NGFW Terbaik Untuk Lindungi Bisnis Anda

Secara sederhana, perbedaan firewall tradisional dan Next Generation Firewall dapat dilihat dari fungsinya dalam melindungi server. NGFW adalah solusi lanjutan dari firewall tradisional yang memberikan lebih banyak fitur keamanan.

Jika Anda membutuhkan solusi NGFW untuk bisnis, AMT IT Solutions sebagai mitra resmi Sangfor menyediakan Sangfor NGFW terbaik yang dapat melindungi perusahaan Anda dari berbagai ancaman siber. Untuk informasi lebih lanjut, hubungi marketing@amt-it.com atau klik ikon WhatsApp.