Aruba EdgeConnect SD-WAN: Maksimalkan Performa Jaringan

Aruba EdgeConnect SD-WAN

Ada banyak perusahaan yang mulai menerapkan migrasi dari data center menuju penyimpanan awan atau cloud storage. Untuk meningkatkan performa aktivitas transfer data, perusahaan memerlukan solusi pendukung seperti Aruba EdgeConnect SD-WAN.

Dengan memanfaatkan SD-WAN Aruba, Anda dapat menikmati kecepatan cloud dengan tetap stabil dan aman. Lalu, bagaimana cara Aruba meningkatkan produktivitas perusahaan dengan solusi SD-WAN yang dimilikinya? Simak di bawah ini.

Mengenal EdgeConnect SD-WAN

Aruba EdgeConnect SD-WAN adalah platform untuk membantu mengembangkan performa aplikasi perusahaan. Sekaligus mengurangi biaya dan kompleksitas dari pengembangan WAN dengan memanfaatkan broadband untuk menghubungkan  pengguna ke jaringan aplikasi.

Selain dirancang sebagai sebuah SD-WAN berkecepatan tinggi, EdgeConnect juga menerapkan arsitektur keamanan Zero-Trust security dan SASE (Secure Access Service Edge). Solusi keamanan tersebut juga dilengkapi dengan NGFW, akses kontrol berbasis identitas, serta pertahanan IDS/IPS dan DDoS untuk melindungi penggunanya dari aktivitas berbahaya.

3 Komponen EdgeConnect

Dalam Aruba Edge Connect SD-WAN setidaknya ada 3 komponen utama yang membantunya bekerja secara maksimal:

1. Aruba EdgeConnect Enterprise

Perangkat SD-WAN fisik atau virtual yang mendukung semua hypervisor dan public cloud, digunakan di kantor cabang untuk membuat overlay jaringan virtual yang aman.

2. Aruba WAN Orchestrator

Bagian dalam Edge Connect SD-WAN yang bertujuan untuk meningkatkan visibilitas di aplikasi dan cloud. Serta memiliki kemampuan unik untuk menetapkan kebijakan terpusat berdasarkan minat bisnis untuk mengontrol dan mengamankan semua traffic WAN.

3. Aruba WAN Boost

Paket pengoptimalan performa yang menggabungkan Aruba WAN dengan EdgeConnect Enterprise untuk membuat satu platform tepi WAN terpadu.

Fitur Utama EdgeConnect

Aruba EdgeConnect

Tiap komponen EdgeConnect memiliki banyak fitur. Seperti pada komponen  Aruba EdgeConnect Enterprise dengan berbagai fitur diantaranya sebagai berikut:

  1. Business Intent Overlays
    Mengirimkan aplikasi kepada pengguna, serta dapat dikembangkan untuk menjaga security compliance.
  2. Path Conditioning
    Memberikan performa seperti private-line melalui internet publik.
  3. Tunnel Bonding
    Menggabungkan performa semua tautan yang mendasarinya.
  4. First-packet iQ Application Classification
    Mengidentifikasi aplikasi untuk mengirimkan SaaS terpercaya serta menganalisis traffic web yang mencurigakan ke pusat data firewall atau IDPS.
  5. Secure Internet Breakout
    Menghilangkan potensi terbuangnya bandwidth dan hambatan kerja untuk SaaS dan traffic web terpercaya.
  6. Secure Access Service Edge (SASE)
    Berkolaborasi dengan beberapa SASE terbaik untuk membuat akses aman tanpa batas hingga tepi layanan arsitektur.
  7. Next-generation Firewall
    Memberikan kemampuan bagi pimpinan IT untuk memblokir malware berdasarkan aplikasi, identitas dan konteks, terlepas dari port/protokol yang digunakan. 

Kelebihan EdgeConnect

Dengan berbagai fitur yang dimiliki dari 3 komponen Aruba SD-WAN, berikut kelebihan yang akan Anda dapatkan:

Terintegrasi Microsoft 365 dan lainnya

EdgeConnect SD-WAN telah terintegrasi dengan Microsoft 365 REST API. Sehingga pengguna dapat terus mencapai konektivitas dan performa Office 365 yang maksimal. Bahkan, EdgeConnect juga telah diuji dan disertifikasi untuk mendukung Prinsip Konektivitas Microsoft 365.

Selain itu, SD-WAN dari Aruba ini juga telah terintegrasi dengan Microsoft Azure Virtual WAN (VWAN) dan AWS Transit Gateway Network Manager (TGNM) untuk membantu Anda mengembangkan mengembangkan teknologi cloud-on-ramp.

Memiliki Kemampuan Kontrol Cloud

Menggunakan SD-WAN dari Aruba akan memberikan Anda gambaran akurat tentang bagaimana Infrastructure-as-a-Service (IaaS) dan Software-as-a-Service (SaaS) digunakan dalam perusahaan. Beberapa kemampuan tersebut diantaranya:

  1. Melakukan identifikasi berbasis nama dan pelaporan dari semua cloud
  2. Melacak traffic penyedia SaaS
  3. Menyediakan pemetaan internet yang optimal melalui Cloud Intelligence sebagai jalan keluar menuju layanan SaaS

Perlindungan Cloud Secara Menyeluruh

Inovasi tingkat lanjut yang ditawarkan EdgeConnect memberikan kemampuan cloud-first control bagi perusahaan, untuk memusatkan dan mengotomatiskan manajemen kebijakan keamanan. Sekaligus menghubungkan pengguna secara langsung ke aplikasi dengan aman.

Sertifikasi SD-WAN Aman Oleh ICSA LABS

Komponen Aruba EdgeConnect Enterprise SD-WAN telah mendapatkan sertifikasi ICSA Labs Secure SD-WAN, yang telah melewati pengujian ketat berdasarkan serangkaian fitur SD-WAN dan persyaratan keamanan platform yang komprehensif dan kuat.

Meningkatkan Kinerja Aplikasi Sesuai Kebutuhan

Dengan komponen Aruba WAN Boost, Anda dapat meningkatkan performa SD-WAN Anda yang meliputi:

  • Mitigasi Latensi

TCP dan teknik akselerasi protokol lainnya diterapkan ke semua traffic, meminimalkan efek latensi pada kinerja aplikasi dan secara signifikan meningkatkan waktu respons aplikasi di seluruh WAN.

  • Redudansi Data

Kompresi dan deduplikasi data bertujuan untuk menghilangkan transmisi berulang dari data duplikat.

Tingkatkan Produktivitas Dengan EdgeConnect SD-WAN

Untuk memberikan performa SD-WAN yang maksimal, Aruba EgdeConnect setidaknya memiliki 3 komponen utama dengan fitur masing-masing untuk mendukung performanya.

AMT IT Solutions menyediakan solusi SD-WAN bersama Aruba Networks dengan produk yang lebih baik dan berpengalaman. Untuk informasi selengkapnya, hubungi marketing@amt.com atau klik ikon WhatsApp.