Mengenal SD-WAN dan Manfaatnya bagi Infrastruktur Jaringan

SD-WAN adalah

Perusahaan yang terus berkembang tentunya memerlukan infrastruktur tambahan untuk mendukung operasional bisnis yang sedang dijalankan. SD-WAN adalah salah satu teknologi yang dapat menyederhanakan infrastruktur tersebut menjadi lebih efektif dan efisien.

Software-Defined Wide Area Network atau SD-WAN digunakan untuk menghubungkan setiap jaringan yang ada di perusahaan. Termasuk jaringan yang terdapat di kantor cabang maupun data center yang memiliki jarak geografis cukup luas.

Melalui artikel kali ini, akan dijelaskan mengenai apa itu SD-WAN, cara kerja, serta manfaatnya bagi perusahaan.

Apa Itu SD-WAN?

Apa Itu SD-WAN?

SD-WAN adalah suatu bentuk pengaplikasian dari teknologi Software-Defined Networking (SDN) yang digabungkan dengan koneksi WAN (Wide Area Network). Fungsi SD-WAN yaitu untuk menghubungkan setiap jaringan yang ada di perusahaan, termasuk kantor cabang dan data center.

Dengan menerapkan teknologi tersebut, Anda dapat membangun infrastruktur yang lebih sederhana melalui Zero Touch Provisioning (ZTP). Sehingga dapat melakukan konfigurasi secara otomatis dan meminimalisir risiko human error.

Cara Kerja SD-WAN

Secara teknis, SD-WAN berbeda dengan WAN tradisional. WAN tradisional bekerja dengan memasang sirkuit eksklusif untuk mendistribusikan layanan IP ke klien tujuan. Tentunya, hal tersebut dilakukan menggunakan hardware sebagai dasar pelengkap jaringan secara keseluruhan.

Ketika Anda memiliki banyak jaringan yang harus terhubung di lokasi berbeda, tentunya Anda harus menyediakan hardware untuk mengelola aktivitas jaringan tersebut. Hal ini menjadikan penggunaan WAN tradisional terlalu rumit bagi tim IT. Berbeda dengan penggunaan SD-WAN yang memanfaatkan solusi tunnelling dari infrastruktur jaringan yang sudah ada sebelumnya. Inilah mengapa SD-WAN adalah solusi bagi Anda yang ingin menghemat dan menyederhanakan infrastruktur jaringan perusahaan.

Manfaat SD-WAN Bagi Perusahaan

Manfaat SD-WAN

Setelah membahas mengenai apa itu SD-WAN, Anda mungkin tertarik untuk mengulas manfaat yang ditawarkan oleh teknolog ini dalam membantu mengembangkan perusahaan. Berikut ini beberapa manfaat jika Anda menggunakan SD-WAN:

1. Menghemat Waktu Instalasi

Bagi perusahaan yang memiliki kantor cabang maupun lokasi operasional lainnya, tentu menginginkan distribusi jaringan yang lebih mudah dan cepat. Berbeda dengan WAN tradisional yang membutuhkan waktu lama untuk melakukan instalasi, SD-WAN hanya memerlukan lebih sedikit waktu berkat adanya teknologi Zero Touch Provisioning (ZTP).

Dengan SD-WAN, waktu failover saat terjadi pemindahan dari satu jaringan ke jaringan lainnya menjadi tidak begitu terasa berkat adanya teknologi Link Steering atau Dynamic Multipath Optimization (DMPO) yang disematkan.

2. Meningkatkan performa jaringan

Manfaat paling dasar yang dapat Anda rasakan dengan menggunakan SD-WAN adalah meningkatnya performa yang cukup signifikan. Pada WAN tradisional, waktu failover tergantung pada seberapa cepat perusahaan melakukan routing. Umumnya, berlangsung selama 3 menit.

Sedangkan SD-WAN mampu menawarkan failover dengan waktu yang lebih cepat, yaitu sekitar 1 detik. Tentunya, hal ini akan memberikan peningkatan performa yang lebih baik dibandingkan WAN tradisional.

3. Memberikan kapasitas yang tidak terbatas

WAN tradisional yang masih sangat bergantung pada data center tentunya memiliki kapasitas koneksi yang terbatas. Terlebih, jika harus menangani koneksi yang masuk ke beberapa platform cloud. Berbeda halnya pada SD-WAN yang tidak memerlukan hardware untuk beroperasi, sehingga tidak memiliki batasan seperti WAN tradisional.

4. Memudahkan konfigurasi

Pada WAN tradisional, Anda harus melakukan konfigurasi perangkat pendukung secara mandiri yang disesuaikan dengan basis per perangkat. Hal ini dilakukan agar hasil konfigurasi tersebut dapat diterapkan dengan baik. Sedangkan pada SD-WAN, aplikasi WAN dikhususkan secara menyeluruh dan perusahaan dapat memantau lalu lintas secara real-time saat terjadi brownout.

5. Meningkatkan Fleksibilitas

Dari segi fleksibilitas, SD-WAN adalah yang paling mudah jika dibandingkan dengan WAN tradisional. Hal ini karena WAN tradisional masih bergantung pada data center yang mengharuskan lalu lintas jaringan di-backhaul yang terkadang dapat terjadi kendala.

Sedangkan SD-WAN memiliki kumpulan bandwith terorganisir yang disediakan oleh penyedia layanan. Sehingga dapat memanfaatkan sumber daya jaringan yang lebih besar ketika terjadi migrasi data lintas kantor.

Tingkatkan Fleksibilitas Jaringan Dengan Sangfor SD-WAN

SD-WAN adalah teknologi yang dapat menyederhanakan infrastruktur jaringan perusahaan menjadi lebih efektif dan efisien. Dibandingkan dengan WAN tradisional, SD-WAN tentunya memiliki lebih banyak manfaat yang dapat membantu bisnis Anda berjalan dengan lancar.

AMT IT Solutions sebagai mitra resmi Sangfor Indonesia menyediakan solusi SD-WAN terbaik dari Sangfor untuk kebutuhan perusahaan Anda. Untuk informasi lebih lanjut, hubungi marketing@amt-it.com atau klik ikon WhatsApp.