Penerapan Teknologi Touchless Di Sektor Hospitality Selama Pandemi

Seperti di banyak negara lainnya, sektor hospitality menjadi salah satu sektor yang mengalami dampak pandemi Covid-19. Namun, seiring berjalannya program vaksinasi Covid dan banyaknya masyarakat yang telah divaksin, sektor ini harus mulai memikirkan langkah yang diambil untuk kembali beroperasi.

Melalui perubahan yang terjadi pada tatanan hidup masyarakat akibat pandemi, banyak pihak berusaha menggunakan bantuan teknologi untuk memudahkan proses adaptasi. Salah satunya adalah menerapkan teknologi touchless. Penerapan teknologi touchless sendiri mulai banyak digunakan di sektor hospitality, seperti salah satunya hotel.

Bergesernya tren konvensional ke digital selama pandemi, pada akhirnya ikut meningkatkan tren teknologi touchless. Di hotel, jaringan IT sebelumnya hanya digunakan untuk keperluan Wi-Fi dan kartu kunci kamar tamu, namun saat ini mulai diterapkan untuk skala yang lebih besar.Hal ini berarti, diperlukan pondasi yang tepat untuk menjamin kelancaran jaringan IT pendukung teknologi touchless. Oleh karena itu, di artikel kali ini akan dibahas serba-serbi teknologi touchless lengkap dengan perangkat pendukung yang diperlukan.

Mengenal Teknologi Touchless

Adanya virus Covid-19 membuat para ahli bekerja keras mengembangkan teknologi touchless, karena dianggap sebagai standar keamanan baru di tengah maraknya pandemi. Penerapan teknologi touchless di masa pandemi memang sangat diperlukan. Para pelaku usaha dituntut untuk tetap produktif, dan secara bersamaan harus bisa mengurangi rasa kekhawatiran pelanggan maupun karyawan dari infeksi virus.

Teknologi touchless dapat diterapkan mulai dari lingkungan tempat tinggal, gedung perkantoran, hingga tempat umum. Di sektor hospitality seperti hotel, penerapan teknologi touchless dianggap sebagai solusi yang tepat, karena dapat meminimalisir para tamu untuk tidak menyentuh benda.

Memilih Pondasi Yang Tepat

Sektor hospitality sudah selangkah lebih maju dalam menerapkan teknologi touchless. Para management memulai penerapan teknologi ini pada kartu kamar dan saklar lampu, bahkan sebelum adanya pandemi. Akan tetapi, dalam menerapkan teknologi touchless untuk skala yang lebih besar, pelaku bisnis hospitality tentu memerlukan pondasi yang tepat, seperti infrastruktur jaringan yang handal dan aman.

Memilih infrastruktur jaringan yang tepat menjadi hal yang esensial, karena hal ini akan berkaitan dengan pengalaman yang dirasakan para tamu saat menginap. Tidak hanya soal pengalaman tamu, infrastruktur jaringan yang handal dan aman juga turut mendukung kinerja karyawan menjadi lebih praktis dan efisien

Aruba ESP dan Wi-Fi 6

Bagi banyak pelaku usaha, menerapkan jaringan overlay tambahan kerap dianggap tidak perlu,  karena akan menambah biaya. Sebagai gantinya, pelaku usaha memerlukan satu platform yang bisa mengamankan, sekaligus menyatukan infrastruktur jaringan seperti Aruba ESP. Solusi ini merupakan kombinasi solusi kabel, nirkabel, dan keamanan Aruba yang berfungsi untuk mengaktifkan sekaligus mengamankan jaringan Wi-Fi dan berbagai aplikasi IoT.

Selain platform infrastruktur jaringan yang handal dan aman, penerapan teknologi touchless di sektor hospitality juga perlu didukung oleh jaringan Wi-Fi yang stabil. Di kalangan pelaku usaha sektor hospitality, salah satu perangkat yang mereka pilih jatuh pada Wi-Fi 6 dari Aruba. Aruba Wi-Fi 6 sendiri menjadi pilihan tepat, karena memungkinkan konektivitas tanpa batas sehingga teknologi touchless bisa diterapkan di skala yang lebih besar.

AMT IT Solutions Mendukung Tren Teknologi Touchless

Memahami pentingnya penerapan teknologi touchless di tengah maraknya pandemi Covid-19, AMT IT Solutions sebagai salah satu mitra resmi Aruba turut menyediakan Aruba ESP dan Wi-Fi 6. Kami berharap kehadiran AMT IT Solutions bisa memudahkan Anda mendapatkan berbagai produk resmi Aruba.

Sebagai salah satu produk andalan Aruba, kualitas Aruba ESP dan Wi-Fi 6 tak perlu diragukan lagi. Oleh karena itu, bagi Anda yang menginginkan bisnisnya tetap bertahan dan produktif selama masa pandemi, Aruba ESP dan Wi-Fi 6 bisa menjadi salah satu pilihan tepat bagi Anda.