Memahami Risiko dan Cara Mencegah Online Fraud

Cara Mencegah Online Fraud

Penipuan online semakin meningkat karena tingginya perkembangan teknologi, terutama di sektor bisnis. Kerugian yang ditimbulkan oleh online fraud tidak kalah besarnya dengan jenis penipuan lainnya. Untuk itu, Anda perlu melakukan tindakan pencegahan online fraud dan melindungi bisnis Anda dari kerugian.

Sebagai penyedia solusi keamanan, F5 berbagi tips untuk mencegah ancaman online fraud mengganggu jalannya bisnis Anda. Untuk lebih lengkapnya, simak di bawah ini.

Mengapa Perlu Pencegahan Online Fraud?

Cara Mencegah Online Fraud

Pertumbuhan teknologi digital serta mudahnya mendapatkan ketersediaan informasi pribadi, telah meningkatkan risiko bagi bisnis Anda maupun pelanggan Anda. Sehingga rentan menjadi korban penipuan online.

Jenis cyber attack seperti fraud menjangkau tim keamanan dan fraud suatu perusahaan. Jika kedua tim tersebut tidak saling berkomunikasi, maka akan sulit untuk mengintegrasikan informasi  dan melihat keseluruhan serangan untuk melakukan tindakan pencegahan. Akibatnya, kerugian yang ditimbulkan akan semakin besar.

Untuk mengatasinya, tim keamanan perlu menghentikan fraud secara real-time tanpa mengganggu jalannya operasional bisnis dan pelanggan. Selain itu, Anda juga perlu memahami cara mencegah online fraud.

Cara Mencegah Online Fraud

Beberapa cara mencegah online fraud yang dapat Anda lakukan yaitu:

Mencegah Pencurian Akun

Umumnya tindakan penipuan atau fraud terjadi saat suatu akun berhasil dicuri atau Account Takeover (ATO). Kemudian, akun yang berhasil dicuri tersebut akan melanjutkan aksi penipuannya pada target yang dirasa sesuai.

Untuk itu, ATO merupakan momentum untuk Anda mencegah aksi lanjutan yang akan menimbulkan kerugian seperti kehilangan revenue hingga merusak kepercayaan pelanggan.

Menghentikan Penipuan Manual

Langkah selanjutnya dalam pencegahan online fraud adalah dengan menghentikan penipuan manual atau human-driven fraud, tanpa mengganggu pengalaman pengguna. Anda dapat melakukannya dengan menghapus otomasi yang tidak diinginkan, sehingga dapat mengevaluasi maksud dan tujuan dari traffic yang ada.

Dalam hal ini, Anda dapat memanfaatkan solusi keamanan dari F5 untuk melindungi aset berharga Anda dari fraud.

Mitigasi Bot dan Penyalahgunaannya

Bot dapat dikategorikan sebagai teknologi otomasi. Selain dapat mempermudah pekerjaan, sayangnya penggunaan bot juga dapat meningkatkan risiko online fraud. Untuk itu, Anda dapat menghapus otomasi yang tidak diperlukan, yang dapat mengarahkan Anda pada serangan siber termasuk fraud.

Solusi F5 juga dapat membantu Anda mengalahkan serangan otomasi seperti credential stuffing dengan terus memantau dan menjaga jaringan perusahaan. Selain itu, F5 juga menggunakan sinyal telemetri jaringan, perangkat, dan lingkungan yang tahan lama untuk mendeteksi perilaku anomali secara akurat.

Dengan solusi F5, Anda dapat melindungi website, aplikasi seluler, dan API dari malicious bot. Serta mempertahankan akses untuk bot yang membantu bisnis Anda.

Mulai Pencegahan Online Fraud Bersama F5

F5 mampu melindungi layanan keuangan dan niaga online secara unik dengan solusi platform terintegrasi yang menyatukan tim keamanan dan fraud. Hal ini tentunya dapat mendukung pencegahan online fraud yang lebih baik di lingkungan perusahaan.

Dengan F5, menjaga bisnis Anda dari serangan fraud akan lebih mudah dan maksimal. AMT IT Solutions sebagai F5 Official Partner menyediakan solusi F5 sesuai kebutuhan Anda. Jika ingin berkonsultasi, hubungi marketing@amt-it.com atau klik ikon WhatsApp.