Fitur Baru Windows 11

Microsoft Resmi Meluncurkan Windows 11, Apa Saja Fitur Terbarunya?

Microsoft akhirnya mengumumkan secara resmi meluncurkan Windows 11, sistem operasi penerus dari generasi windows 10 ini kabarnya akan siap digunakan di pasar global pada akhir tahun 2021 nanti.

Windows 11 diklaim akan jauh lebih baik dibanding Windows 10, baik dari teknologi dan juga fiturnya, bahkan Microsoft juga menekankan jika sistem operasi ini akan menjadi salah satu generasi teknologi terbaik.

Perbaikan yang dilakukan pada sistem operasi terbaru ini meliputi tampilan UI dan UX, serta sistem yang ada di dalam windows tersebut. Melalui situs PCmag, Microsoft menyampaikan bahwa UI dan beberapa fitur baru dalam OS ini bertujuan untuk meningkatkan produktivitas pekerja di era modern. Mengingat juga saat ini proses kerja dan kolaborasi antar tim lebih banyak dilakukan dari rumah.

Berbagai fitur baru juga akan diluncurkan oleh generasi terbaru dari windows. Microsoft memiliki fokus utama, yaitu ingin menciptakan lingkungan kerja yang interaktif dan segar dengan fitur baru yang mereka miliki.Lalu apa saja fitur terbaru yang dimiliki oleh generasi terbaru dari windows ini?

Fitur Baru Windows 11

Bisa Menjalankan Aplikasi Android

Microsoft memberi kabar jika aplikasi Android dalam Windows Store dapat dijalankan di OS baru tanpa perlu dimodifikasi secara khusus. Windows 11 mampu menjalankan berbagai aplikasi Android melalui compiler “Intel Bridge” yang kompatibel dengan prosesor dari AMD maupun Intel.

Para pengguna harus mengunduh dari Amazon Appstore. Pengguna bisa menjalankannya dari taskbar atau menu Start. Windows Android Application bahkan bisa di-snap seperti layaknya aplikasi Windows.

Fitur Baru Windows 11

Aplikasi “Teams” yang Sudah Terintegrasi

Fitur lainnya yang diluncurkan oleh Microsoft pada windows 11 adalah, aplikasi Teams yang sudah terintegrasi. Melalui laman resmi The Verge, icon teams akan berada pada menu taskbar dan dapat digunakan untuk membuat panggilan yang menggunakan teams di perangkat apapun.

Selain itu, melalui fitur teams ini pengguna juga dapat mengirim dan menerima pesan yang serupa messenger.

Fitur Baru Windows 11

Start Menu Baru

Update yang dilakukan oleh Microsoft akan sangan memudahkan pengguna dalam bekerja. Pengubahan tampilan ini akan menempatkan Start menu Windows yang akan muncul secara default di tengah layar. Namun pengguna juga masih bisa mengubahnya agar tetap bisa muncul di sebelah kiri layar.

Fitur live tiles juga kini akan diganti dengan ikon sederhana yang berwarna-warni. Tak hanya itu, melalui laman resmi Tom’s Hardware, start menu Windows menggunakan cloud khusus untuk membantu pengguna dengan menampilkan aplikasi atau dokumen yang mereka sering gunakan.

Fitur Baru Windows 11

Snap Layout & Snap Groups

Fitur selanjutnya adalah Microsoft juga menambah beberapa fitu yang disebut dengan Snap Layouts dan Snap Groups yang memungkinkan seseorang menyelesaikan banyak tugas dengan rapih dan tertata.

Fitur ini mempunyai dukungan untuk mengelola jendela Windows, sehingga pengguna dapat mengatur tampilan agar lebih tertata dan lebih cepat menemukan apa yang diperlukan.

Windows 11 juga mampu mengingat aplikasi mana saja yang sering dibuka dan susunannya dalam Snap Group yang bisa disimpan pada menu taskbar untuk dibuka dalam keadaan sama.

Itulah 4 fitur terbaru dari Windows 11 yang akan diluncurkan Microsoft akhir tahun nanti. Fitur-fitur tersebut nantinya akan membuat pengguna meningkatkan produktivitas.

Namun, pengguna windows 10 harus sedikit sabar, karena untuk mendapatkan update Windows 11 secara gratis membutuhkan waktu yang cukup lama. Melalui akun twitter resminya, Microsoft menulis, “Windows 11 akan dirilis nanti pada tahun 2021 dan akan dikirimkan selama bertahap dalam beberapa bulan. Upgrade Windows 11 untuk perangkat Windows 10 yang digunakan hari ini, akan dimulai pada 2022 hingga paruh pertama tahun itu.”

Fitur Baru Windows 11

Selain itu, Microsoft juga memiliki beberapa persyaratan untuk para pengguna Windows 10 yang akan melakukan update ke Windows 11. Perangkat mereka harus memiliki prosesor 64-bit dengan dua inti CPU berkecepatan 1 GHz. Perangkat juga perlu memiliki RAM sebesar 4 GB, media storage minimum 64 GB, dan Graphics Processing Unit (GPU) yang mendukung sistem DirectX 12.

Pelajari lebih lanjut terkait update Windows 11 dengan aplikasi khusus seperti PC Health Check yang dapat di-download pada situs Microsoft ini.

AMT IT Solutions bekerja sama dengan Microsoft untuk terus meningkatkan produktivitas dan kolaborasi antar tim, khususnya di masa pandemik. Selain itu, kami juga terus memaksimalkan inovasi dan teknologi untuk terus menjadi solusi dari tantangan yang dihadapi pelaku usaha di era digital agar tetap mampu beradaptasi di segala situasi dan kondisi.