Bagaimana Cara Edge Computing Mendukung Keberlanjutan?

Edge Computing Untuk Sustainability

Pesatnya perkembangan teknologi akan memberikan kemudahan serta kekuatan pada setiap proses bisnis. Namun, kecanggihan tersebut tidak akan bertahan lama jika teknologi yang digunakan tidak mendukung keberlanjutan.

Sustainability atau keberlanjutan sendiri merupakan isu besar dalam penciptaan teknologi. Tentunya seiring dengan perkembangan teknologi, kita akan meninggalkan jejak karbon yang lebih besar seperti penggunaan energi hingga limbah elektronik. Lalu, bagaimana edge computing dapat digunakan untuk meningkatkan keberlanjutan? Simak di bawah ini.

Cara Edge Computing Mendukung Keberlanjutan

Edge Computing

Komputasi tepi dapat meningkatkan efisiensi serta kecepatan, sehingga mengurangi waktu operasional. Secara tidak langsung, hal tersebut juga akan mengurangi dampak terhadap lingkungan.

Dengan menghilangkan beban kerja dari cloud, edge computing juga akan mengurangi  biaya bandwidth. Beberapa cara lain agar edge computing dapat mendukung keberlanjutan meliputi:

Keamanan Data yang Efektif

Melakukan pendistribusian dan pemrosesan data pada jaringan edge dan model komputasi edge akan meningkatkan keamanan data. Hal tersebut nantinya akan mengurangi dampak operasional maupun lingkungan dari pelanggaran data.

Pemantauan Real-time

Dengan adanya analisis dan pemantauan secara real-time, proses transfer data melalui berbagai jaringan tidak diperlukan lagi. Keputusan tersebut nantinya dapat dibuat secara lokal dan penggunaan energi pun dapat dikurangi.

Mendukung Pekerjaan Jarak Jauh

Komputasi tepi juga memungkinkan operasional bisnis tetap berlangsung di mana pun lokasi koneksi internetnya. Hal ini akan menjamin keberlangsungan bisnis, mengurangi biaya operasional, serta memungkinkan penggunaan lingkungan kerja jarak jauh yang berkelanjutan.

Penggunaan Sumber Daya yang Efisien

Menggunakan komputer di tepi jaringan akan mengurangi permintaan operasional pada server yang terpusat, sehingga dapat mengurangi konsumsi energi. Selain itu, model tersebut juga dapat mengurangi transfer data yang tidak diperlukan.

Sangfor HCI Mendukung Keberlanjutan Untuk Lingkungan

Berdasarkan penelitian Sangfor, virtualisasi pada Sangfor Hyperconverged Infrastructure (HCI) dapat menghemat ruang yang dibutuhkan server. Hingga menghemat 70% energi yang digunakan oleh server lokal di data center.

Sementara itu, banyak teknologi saat ini yang mengadopsi infrastruktur virtual sebagai bentuk dukungan terhadap keberlanjutan lingkungan. Hal ini dapat dilihat dari adanya kesadaran bahwa konsumsi energi paling besar pada data center berasal dari pengoperasian server dan kebutuhan pendinginan.

Dengan mengadopsi komputasi awan dan menggabungkan inisiatif yang ramah lingkungan, dapat membantu mengurangi jejak karbon yang disebabkan oleh data center.

Gunakan Infrastruktur HCI yang Ramah Lingkungan

Edge computing merupakan framework yang memungkinkan penggunaan teknologi secara berkelanjutan. Dengan tetap meningkatkan pengalaman serta efisiensi penggunanya.

Sangfor melalui Sangfor HCI menawarkan solusi infrastruktur cloud dengan langkah-langkah keamanan cyber kelas dunia yang inovatif dan berkelanjutan. AMT IT Solutions sebagai mitra resmi Sangfor dapat membantu Anda menyediakan kebutuhan tersebut. Hubungi marketing@amt-it.com atau klik ikon WhatsApp untuk informasi selengkapnya.