Memahami Hybrid Cloud dan Manfaatnya Bagi Perusahaan

hybrid cloud adalah

Sebelum membangun infrastruktur cloud, ada baiknya Anda memperhatikan berbagai jenis cloud yang sesuai untuk perusahaan. Baik itu private cloud, public cloud, hingga hybrid cloud dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Berbeda dengan lainnya, hybrid cloud adalah gabungan dari  private dan public cloud  yang telah disesuaikan dengan kebutuhan. Sehingga manfaat hybrid cloud dapat lebih Anda rasakan dari jenis cloud lainnya. Berikut pembahasan mengenai apa itu hybrid cloud dan manfaatnya bagi perusahaan.

Apa Itu Hybrid Cloud?

hybrid cloud adalah

Hybrid cloud adalah solusi bagi perusahaan yang menawarkan lingkungan yang berbeda (selain private dan public cloud) untuk memenuhi kebutuhan komputasi, penyimpanan, maupun jaringan mereka.

Lingkungan hybrid tercipta dengan beberapa cara. Seperti menggabungkan layanan cloud publik, layanan cloud lokal, infrastruktur lokal, maupun layanan pihak ketiga. Cara yang paling umum yaitu dengan memadukan layanan cloud publik dan cloud lokal.

Manfaat Hybrid Cloud Untuk Perusahaan

Infrastruktur hybrid menggabungkan manfaat dari infrastruktur lokal maupun publik, yang menawarkan pendekatan cloud-smart. Sehingga perusahaan dapat memilih lingkungan mana yang sesuai dengan kebutuhan. Manfaat hybrid cloud lainnya meliputi:

Tata Kelola dan Kepatuhan

Berbagai industri dengan banyak data sensitif tentunya memiliki peraturan keamanan yang ketat. Dengan menerapkan strategi hybrid, perusahaan dapat memilih lingkungan dan solusi terbaik untuk keamanan data mereka. Baik dengan penyimpanan data on-premise maupun lokal.

Hybrid cloud sendiri memungkinkan perusahaan untuk memenuhi persyaratan kepatuhan. Namun tetap memberikan pilihan bagi perusahaan yang tidak terlalu membutuhkan persyaratan kepatuhan tersebut.

Skalabilitas

Perusahaan yang menggunakan infrastruktur cloud dapat melakukan penskalaan sesuai kebutuhan bisnisnya. Melalui penyedia cloud, Anda dapat membayar penggunaannya sesuai dengan kebutuhan, mengubah langganan tanpa batas, serta meningkatkan infrastruktur. Sehingga, Anda dapat menikmati manfaat sumber daya sesuai permintaan tanpa penundaan.

Mendukung Pekerjaan Jarak Jauh

Transformasi digital membuat pekerjaan menjadi jauh lebih praktis dan dapat dikerjakan dengan jarak jauh. Beberapa perusahaan yang menerapkan sistem kerja jarak jauh pun membutuhkan lingkungan kerja yang fleksibel, serta dapat diakses dari mana saja. Hybrid cloud adalah satu-satunya solusi yang menawarkan dukungan untuk  hasil kerja yang maksimal.

Manajemen Sumber Daya dan Biaya

Perusahaan dapat merencanakan anggaran berdasarkan sumber daya yang diperlukan, serta lingkungan yang mampu memenuhi kebutuhan tersebut. Seperti contohnya, solusi cloud-first untuk menghemat biaya jangka panjang perusahaan.

Namun, tidak semua perusahaan dapat menerapkan solusi tersebut dan mendapatkan keuntungan yang sama. Adanya hybrid cloud akan memungkinkan perusahaan untuk menggunakan solusi yang paling sesuai dengan anggaran mereka seiring pertumbuhan bisnis.

Memberdayakan Aplikasi Lama

Aplikasi lama terkadang menjadi kendala dalam transformasi digital suatu perusahaan yang ingin beralih ke cloud. Dengan hybrid cloud, perusahaan dapat menggunakan cloud untuk memberdayakan aplikasi lama. Inilah salah satu manfaat hybrid cloud yang menawarkan fleksibilitas tanpa batas.

Terapkan Hybrid Cloud Bersama Sangfor HCI

Sangfor menawarkan berbagai manfaat hybrid cloud yang telah disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan komputasi perusahaan. Sangfor hybrid cloud adalah strategi yang dibangun di atas infrastruktur hyper-converged (HCI). Solusi ini, menggabungkan komputasi, penyimpanan, virtualisasi, dan keamanan untuk penerapan yang sederhana, kemudahan pengelolaan, dan keamanan yang mutakhir.

AMT IT Solutions sebagai mitra resmi Sangfor di Indonesia, dapat membantu Anda menyediakan kebutuhan Sangfor HCI sebagai solusi hybrid cloud perusahaan. Hubungi marketing@amt-it.com atau klik ikon WhatsApp untuk informasi selengkapnya.