Cara Membuat Studi Kasus GRC Bersama Diligent

Cara Membuat Studi Kasus GRC

Dalam menjalankan perusahaan yang berkembang pesat, perlu adanya penerapan GRC (Governance, Risk, dan Compliance) yang tepat. Untuk itu, Anda perlu menciptakan studi kasus GRC yang sesuai dengan keadaan bisnis. Diligent memaparkan bagaimana cara membuat studi kasus GRC yang dapat Anda simak di sini.

Kembangkan Kasus Bisnis Anda

Cara Membuat Studi Kasus GRC

Mengembangkan kasus bisnis merupakan salah satu cara membuat studi kasus GRC. Ada beberapa faktor yang dapat membantu Anda mengembangkan kasus bisnis, yaitu:

  1. Mengidentifikasi siapa saja yang terlibat dalam pengambilan keputusan
  2. Menginformasikan masalah dan tantangan dengan jelas
  3. Menjelaskan nilai bisnis yang akan didapatkan
  4. Menjelaskan bagaimana solusi yang dilakukan dapat menguntungkan perusahaan
  5. Menjelaskan implementasi solusi dan jadwal/pencapaian proyek.

Identifikasi Siapa Saja Pengambil Keputusan Anda

Ada banyak orang yang nantinya terlibat dalam proses pengambilan keputusan. Beberapa diantaranya seperti manajer IT/CTO/CISO/CIO, komite audit, anggota tim, hingga tim lain yang berkaitan. Setiap perusahaan tentunya akan memiliki jumlah pengambil keputusan yang berbeda. Hal ini bergantung pada ukuran dan struktur manajemen perusahaan Anda.

Uraikan Tantangan yang Dihadapi

Selanjutnya, Anda dapat menguraikan apa saja tantangan yang Anda hadapi. Hal ini dapat menjadi pendorong utama dalam pembelian solusi teknologi. Misalnya, seperti kebutuhan solusi audit yang dapat menghemat waktu, meningkatkan efisiensi, dan meminimalisir kesalahan.

Setiap perusahaan tentunya akan memiliki tantangan yang berbeda. Apapun itu, Anda harus dapat menginformasikannya dengan jelas dan rinci tentang bagaimana tantangan tersebut dapat berdampak pada aktivitas bisnis.

Tunjukan Nilai Bisnis Anda

Untuk mendapatkan dukungan dari manajemen dalam pembelian solusi GRC, Anda perlu menunjukkan manfaat yang akan didapat oleh perusahaan serta biaya yang diperlukan.

Beberapa hal yang perlu Anda kemukakan seperti berapa banyak penghematan biaya yang dapat terjadi jika perusahaan memiliki solusi tersebut. Kemukakan juga mengenai waktu yang terbuang jika terus menggunakan proses manual, biaya yang perlu dikeluarkan untuk menangani risiko penipuan, biaya pekerjaan yang berlebih, dsb.

Sampaikan Gambaran Besar

Anda dapat mempermudah pembuatan kasus bisnis dengan menjelaskan bagaimana solusi GRC dapat berkontribusi terhadap tujuan dan strategis bisnis perusahaan. Namun, ada beberapa tantangan yang perlu Anda perhatikan. Seperti kurangnya transparansi dalam proses kerja yang dapat menghambat informasi tersampaikan dengan baik.

Untuk itu, Anda perlu memastikan jika solusi yang ingin Anda terapkan dapat menyelesaikan berbagai tantangan di berbagai area perusahaan.

Terapkan Solusinya

Langkah terakhir, siapkan roadmap untuk melakukan implementasi solusi. Anda dapat mengidentifikasi tim implementasi dan sumber daya lain yang diperlukan. Untuk tim implementasi dapat terdiri dari pimpinan, sponsor proyek, dsb.

Selain itu, Anda juga dapat membuat peta pencapaian untuk memberikan gambaran proses yang dikerjakan. Seperti berapa lama waktu yang diharapkan untuk implementasi, tahapan proyek, serta tanggal-tanggal penting proyek apa saja yang akan melibatkan pengambilan keputusan penting.

Kesimpulan

Bagi sebagian perusahaan, membangun kasus bisnis GRC pertama mungkin akan cukup sulit untuk dilakukan. Diligent sebagai penyedia solusi GRC merekomendasikan beberapa cara membuat studi kasus GRC yang lebih sederhana.

AMT IT Solutions sebagai Diligent Official Partner dapat membantu Anda memenuhi kebutuhan terkait solusi GRC. Untuk konsultasi dan informasi selengkapnya, hubungi marketing@amt-it.com atau klik ikon WhatsApp.