Cara Meningkatkan Keamanan Email Perusahaan Dari Ancaman Siber

FireEye Network Security

Keamanan email adalah unsur penting yang wajib diperhatikan oleh setiap orang, khususnya perusahaan. Di era digital saat ini, email memiliki peranan yang sangat penting untuk komunikasi bisnis. Hal ini menjadi celah bagi cyber crime untuk mengambil keuntungan dengan melancarkan hal yang tidak bertanggung jawab.

Keamanan email bukan hanya menjadi tanggung jawab provider dan admin, namun juga harus melibatkan pengguna, hal ini bertujuan agar email tak dapat dibobol oleh oknum. Di artikel berikut ini tim AMT IT Solutions sudah merangkum sejumlah cara yang wajib dilakukan perusahaan untuk mengamankan email korporat. Berikut adalah 6 Tips Meningkatkan Keamanan Email

Data Proteksi

1. Aktifkan verifikasi 2 langkah

Verifikasi 2 langkah dapat dilakukan dengan meminta provider email mengirimkan Message authentication code (mac) ke ponsel Anda, sehingga ketika ada orang oknum yang mengetahui kata sandi email, oknum tersebut akan sulit untuk bisa login, sebab perlu mengisi kode angka yang dikirimkan ke ponsel Anda.

2. Update browser dengan versi terbaru

Dengan melakukan update browser, nantinya browser tersebut akan satu tingkatan lebih canggih dari browser versi sebelumnya, sehingga lebih optiman untuk menolong Anda dalam mengamankan email.

Sebagai contoh, berikut cara mengupdate Google Chrome:

1. Di komputer, buka Chrome.
2. Di kanan atas, klik Lainnya .
3. Klik Update Google Chrome. Jika tombol ini tidak muncul, berarti Anda sudah memakai browser versi terupdate.
4. Klik Luncurkan Kembali

Browser secara otomatis akan menyimpan tab serta jendela yang terbuka dan membukanya kembali saat direstart. Apabila Anda tak mau langsung melakukan restart, Anda bisa klik Nanti saja. Ketika Anda menyalakan browser di lain waktu, pembaruan akan langsung diaplikasikan.

3. Pakai kata sandi yang bervariasi dan rajin menggantinya

Kata sandi atau password adalah hal yang amat penting sebab apabila rangkaiannya mudah, seperti tanggal lahir atau menulis kata sandi dengan “password” atau bahkan nama sendiri, hacker akan mudah membobol email pengguna. Alasannya, tentu karena hacker sudah berpengalaman dalam mengenal kata sandi yang seringkali dipakai pengguna maupun calon korbannya.

Pakailah kata sandi yang unik dan gabungan dari beberapa karakter seperti “!n1 C0n7oH@#. Jangan lupa juga untuk mengganti kata sandi Anda dengan rangkaian yang unik secara berkala.

4. Jangan membuka email yang dirasa mencurigakan

Salah satu cara yang digunakan hacker untuk meretas email, yaitu dengan mengirimkan email yang minta Anda untuk membuka emailnya untuk kemudian mengklik sesuatu di email tersebut. Seandainya ada permintaan seperti itu, lebih baik Anda hiraukan, terlebih jika pengirim email tidak Anda kenal.
Selain itu, periksa juga antara nama email dan nama akun pengirim, apakah sama atau tidak. Apabila berbeda, Anda patut berhati hati dengan email tersebut. Bukan hanya membuka email, Anda juga perlu berhati-hati pada saat membuka lampiran email.

5. Jangan mengisi form di situs yang tak aman

Terkadang kita suka tertarik dengan penawaran menarik di suatu website. Entah itu berupa diskon barang, ebook, dan video edukasi yang mengharuskan Anda mengisi form email dan kata sandi. Jika Anda menemukan hal seperti ini, Anda wajib mengamati dengan teliti apakah situs tersebut terpercaya atau tidak.

6. Pakai Provider & Solusi Berkualitas

Ada banyak opsi provider ketika kita mau meningkatkan keamanan email. Oleh karena itu, pilihlah provider yang menyediakan solusi yang tak hanya telah teruji keamananya namun juga menjaga data penggunanya seperti FireEye Email Security dari AMT IT Solutions.

FireEye memiliki solusi FireEye Email Security yang dapat melindungi email dari berbagai ancaman terkini. FireEye Email Security akan memblokir dan mendeteksi setiap email yang tak diinginkan pengguna, terutama email berisi serangan yang membahayakan.
Sebagai salah satu opsi solusi keamanan, FireEye Email Security telah membuktikan dirinya mampu mendeteksi ancaman email perusahaan yang luput dideteksi oleh solusi lainnya. Jika Anda berminat, silahkan hubungi AMT IT Solutions melalui kontak yang tertera pada website.