Kenali 5 Jenis Serangan Hackers Pada Website Perusahaan

Cyberattack merupakan suatu tindakan yang bertujuan untuk merusak sistem pusat data. Serangan ini biasanya dilakukan oleh hackers untuk mengambil berbagai data penting yang dimiliki oleh korban. Data tersebut akan digunakan untuk berbagai kepentingan oknum hackers, seperti salah satunya diperjual belikan.

Hackers biasanya akan meminta tebusan kepada korban, namun setelah tebusan diberikan, belum tentu oknum tersebut melepaskannya begitu saja. Korban akan diminta terus menerus mengirim uang tebusan sampai tersangka merasa puas.

Pada era transformasi digital saat ini, tingkat Cyberattack terus meningkat setiap tahun, karena banyak orang berusaha mencari keuntungan dari kelemahan pada sebuah sistem perusahaan. Jika website Anda tidak memiliki cybersecurity yang baik, para hacker akan memanfaatkannya.

Sebelum Anda melakukan mitigasi perlindungan, ada baiknya Anda harus mengenali 5 jenis serangan hackers yang dapat mengancam data pada website perusahaan Anda, hal ini bisa menjadi referensi untuk melakukan deteksi dini.

DDOS Attack

Distributed Denial of Service Attack (DDoS Attack) bukanlah serangan baru. Cyberattack ini sudah lama ada dan banyak memakan korban. Dari mulai organisasi swasta sampai pemerintahan. Serangan ini dilakukan secara terus menerus pada korban, biasanya serangan ini memanfaatkan koneksi jaringan. Hackers akan meminta permintaan koneksi berupa ping.

Dampaknya adalah, website menjadi overload dan tidak bisa diakses, resource naik mencapai limit server. Bagian yang dimanfaatkan oleh hackers biasanya, Transmission Control Protocol (TCP) dan User Datagram Protocol (UDP).

Bruto Force Attack

Hampir sama dengan DDoS, Bruto Force juga melakukan request secara terus menerus pada website calon korban. Namun bedanya adalah, serangan ini melakukan percobaan login dengan menggunakan username dan password yang dicocokkan satu per satu sampai berhasil.

Jika hackers berhasil masuk, mereka akan melakukan pengubahan pada pengaturan dan isi konten website. Dengan begitu, hal ini akan merepotkan web developer.

Inject Malware

Serangan ini terjadi akibat kelalaian pengguna, seperti mendownload dan menginstall plugin dari website yang tidak resmi. Akibatnya, hackers dengan mudah melakukan eksekusi script malware yang telah disisipi di salah satu file yang diunggah ke website.

Dampak yang terjadi adalah, inject malware akan membuat beberapa file core website dengan disisipi script malware yang berbahaya. Begitu ada request yang dilakukan di browser, script malware akan berjalan di background website. Bagian terburuknya, hackers dapat melakukan perekaman data audience pada website.

Email Spamming & Scamming

Dua serangan ini melibatkan email, yang memungkinkan para hackers melaukan pengiriman email secara terus menerus. Email Scamming memiliki format menyerupai email resmi, biasanya oknum akan meminta data pribadi, seperti kartu kredit atau nomor rekening bank.

Sedangkan email spamming berupa pengiriman outgoing atau incoming mail. Hal ini bisa sangat mengganggu email website hingga reputasi website. Email spamming diakibatkan karena ada malware yang bersarang dan memiliki script untuk bisa menjalankan perintah melakukan pengiriman email tanpa perintah.

Bug CMS/Framework

Serangan yang terakhir adalah Bug CMS/Framework. Serangan ini memanfaatkan eksploitasi bug pada celah CMS/Framework. Jika hackers berhasil menembus sistem keamanan, dampak terburuknya adalah, hackers akan menyusupi backdoor shell di file manager cPanel.

Serangan ini sangat berbahaya, karena jika website sudah berhasil disisipi oleh backdoor shell, file backdoor tersebut akan sulit dicari.

Dengan demikian, itulah 5 serangan hacker yang harus dikenal agar Anda jauh lebih waspada untuk meningkatkan keamanan pada website. Salah satu solusi yang dapat dilakukan untuk melindungi website dari serangan hacker adalah dengan memiliki sistem perlindungan terpercaya.

Pastikan Anda menggunakan solusi keamanan agar website terhindar dari serangan. Melalui perjalanannya, AMT IT Solutions saat ini telah bekerja sama dengan berbagai mitra global yang berfokus pada solusi cybersecurity untuk melakukan proteksi dini sampai memitigasi pada website perusahaan Anda.

Untuk dapat berkonsultasi masalah yang terjadi, hubungi sekarang juga tim marketing kami. Dapatkan beragam solusi dan penawaran terbaik untuk perusahaan Anda.