On Premise Backup

Manfaat Menggunakan On Premise Backup Oleh Perusahaan

Bagi sebagian besar perusahaan, memutuskan untuk menggunakan on premise atau cloud backup tentu bukanlah hal yang mudah. Ada banyak faktor yang harus dipertimbangkan, seperti salah satunya keamanan data perusahaan. Tim manajemen perlu membuat beberapa langkah untuk memulai perubahan.

Pertama-tama, kebutuhan bisnis perlu dianalisis dengan benar untuk mengetahui pendekatan mana yang lebih sesuai dengan proses bisnis perusahaan. Setelah diputuskan, langkah selanjutnya adalah memilih provider yang andal dan sesuai kebutuhan. Perlu diketahui bahwa terdapat banyak provider yang menawarkan layanan backup dengan kebutuhan perusahaan yang berbeda-beda.

Saat ini terdapat dua metode backup data yang populer, yaitu on premise dan cloud backup solution. Setelah sebelumnya kami membahas keuntungan menggunakan cloud backup bagi small medium business (SMB), di artikel kali ini akan dijelaskan keuntungan menggunakan on premise backup bagi perusahaan.

Mengenal on premise backup

On premise backup merupakan salah satu solusi backup yang populer saat ini, biasa dikenal dengan istilah on site backup. Solusi ini merupakan pencadangan data secara lokal atau in-house menggunakan berbagai devices seperti hard drive, disk, tape drive, atau server.

Saat ini juga ditemukan banyak perusahaan yang lebih menyukai on premise backup solution dibandingkan cloud backup solution, karena dianggap lebih aman, cepat, dan efisien. Sebagai informasi, menggunakan on premise backup berarti segala urusan maintenance, keamanan, dan update dilakukan in-house (on site).

Bisnis yang membutuhkan backup dan recovery yang cepat dan teratur juga biasanya lebih menyukai on premise backup.

Perlu diketahui, Di banyak perusahaan besar on premise backup sering kali melakukan hosting di lokasi pusat, hal ini dianggap bisa memberikan keuntungan dari segi biaya dan aspek manajemen lainnya. Berikut keuntungan on premise backup:

On Premise Backup

Offline

Salah satu keuntungan dalam menggunakan on premise backup adalah perusahaan tidak perlu bergantung pada koneksi internet untuk mengakses server data.

Sekalipun perusahaan memiliki ketergantungan pada koneksi internet untuk menjalankan kegiatan operasional harian, perusahaan tidak perlu merasa khawatir kehilangan cadangan data, seandainya terjadi gangguan internet.

On Premise Backup

Low monthly cost

Private cloud backup solutions sering kali membebankan biaya bulanan (atau tahunan) kepada penggunanya. Meski jumlah yang harus dibayar tiap bulan atau tahun akan disesuaikan mengikuti kebutuhan tiap perusahaan, hal ini tetap membuat pengeluaran rutin bulanan perusahaan bertambah.

Sedangkan dengan memanfaatkan on premise backup perushaan tidak perlu lagi mengeluarkan biaya tambahan untuk jasa maintenance, karena semuanya dapat dikelola sendiri (secara internal).

Atas dasar itulah, penggunaan on premise backup disebut-sebut bisa menghemat pengeluaran bulanan suatu perusahaan.

On Premise Backup

Security

Perlu diketahui, cloud backup masih memiliki celah keamanan yang bisa dimanfaatkan pelaku serangan siber untuk mencoba mengakses bahkan mencuri data perusahaan.

Meskipun cloud backup solutions terbilang sangat aman, karena menggunakan teknologi end-to-end encryption, bukan berarti data perusahaan kebal dari serangan peretas. Penggunaan end-to-end encryption hanya meminimalkan risiko serangan yang dilancarkan peretas.

Di sisi lain, penempatan hardware pada on premise backup yang secara in-house membuat perusahaan selaku pelaku usaha memiliki kendali penuh atas data internal perusahaan. Setiap perubahan, konfigurasi, dan upgrade tentunya dilakukan atas seizin tim manajemen yang berkaitan.

Solusi mana yang lebih baik?

Penting untuk dipahami bahwa baik cloud maupun on premise backup solution memiliki keuntungan maupun keunggulan masing-masing. Oleh karena itu, Anda harus memilih backup solution yang paling sesuai dengan kebutuhan dan budget perusahaan agar manfaat yang diberikan tepat sasaran.

Tim manajemen perusahaan sebagai perlu menganalisa secara teliti dan seksama kebutuhan perusahaan Anda. Selain itu, Anda juga diharapkan dapat memprediksi pertumbuhan perusahaan kedepannya.

Namun jika Anda ragu dan merasa tidak mempunyai kemampuan untuk mengidentifikasi kebutuhan bisnis dengan tepat, melalui layanan Backup as a Service AMT IT Solutions, kami dapat membantu memilihkan opsi backup terbaik yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda.

Perlu diketahui bahwa Backup as a Service merupakan layanan yang sangat bermanfaat bagi banyak bisnis. Dengan memanfaatkan layanan Backup as a Service dari AMT IT Solutions, Anda akan memperoleh sejumlah keuntungan, seperti mampu memaksimalkan efisiensi perusahaan sambil tetap menjaga kestabilan pengeluaran perusahaan, serta meningkatkan keamanan data internal.