F5 BIG-IP DNS: Ciptakan DNS Tercepat Untuk Service Providers

F5 BIG-IP DNS

Untuk dapat bersaing dalam bisnis, penyedia layanan DNS server Indonesia memerlukan DNS tercepat dengan performa yang stabil dan aman. Selain mendukung perkembangan bisnis, kelebihan tersebut juga akan meningkatkan kepercayaan pelanggan.

F5 BIG-IP DNS menawarkan peningkatan performa DNS dengan berbagai kelebihan yang dapat memenuhi kebutuhan bisnis Anda. Lalu, apa saja kelebihan tersebut? Simak melalui artikel berikut ini.

Apa Itu F5 BIG-IP DNS?

F5 BIG-IP DNS

F5 BIG-IP DNS adalah solusi DNS (Domain Name System) yang menawarkan peningkatan performa DNS dan mengoptimalkan keamanan infrastruktur dari serangan siber seperti DDoS Attack.

BIG-IP DNS memungkin penggunanya melakukan web browsing dengan lebih cepat serta latensi yang lebih rendah. Memberikan DNS tercepat bagi penyedia DNS server di Indonesia yang tentunya akan memberikan dampak positif bagi pelanggannya.

F5 telah menangani lima juta pelanggan dari berbagai jenis perangkat jaringan melalui solusi DNS yang dimilikinya. Solusi tersebut menciptakan performa DNS yang maksimal serta mengurangi ancaman terhadap DNS serta jaringan, mampu memblokir akses menuju IP Address dengan potensi bahaya.

Selain itu, solusi ini juga menyediakan kemampuan untuk memantau, memperingati, mencatat, memeriksa, dan memvalidasi konten DNS melalui dashboard interaktif yang dapat dipantau secara real-time.

Fitur Utama BIG-IP DNS

Dashboard BIG-IP DNS

Untuk mendatangkan performa DNS tercepat, F5 BIG-IP DNS memiliki beberapa fitur utama. Beberapa diantaranya sebagai berikut:

Pengurangan Latensi Jaringan

BIG-IP DNS dilengkapi dengan  integrasi IP Anycast yang dapat membuat permintaan DNS dan mengarahkan permintaan IP tunggal ke banyak perangkat lokal. Sehingga, dapat mengurangi latensi pada jaringan.

Latensi LDNS lebih rendah

Fitur utama lainnya dari solusi DNS ini adalah adanya kemampuan untuk mengaktifkan caching dan menyelesaikannya dengan membongkar LDNS serta backend dari infrastruktur DNS.

DNS over HTTPS (DoH)

Untuk mendapatkan performa DNS tercepat F5 menyelesaikan kueri DNS dari web browser yang mendukung permintaan DoH untuk mengurangi serangan vektor pada SSL, serta mempertahankan kendali pada lalu lintas jaringan.

Pencegahan Serangan

Terdapat fitur BIG-IP AFM™, yaitu sebuah jaringan ICSA bersertifikat Firewall yang dapat melindungi DNS dari DDoS Attack dan serangan sejenis lainnya.

Authoritative DNS

Dengan tanggapan hyperscale hingga 100 juta RPS dengan DNS Express yang tersedia dalam Rapid Response Mode (RRM).

DNS Inline Services

BIG-IP DNS juga memiliki fitur untuk mengelola lalu lintas jaringan dengan ketersediaan tingkat tinggi untuk DNS and Caching ENUM Services.

Dukungan 3G, 4G, dan 5G 3GPP

Fitur lain yang ada pada BIG-IP DNS dalam menciptakan DNS tercepat adanya dukungan node DNS NAPTR serta layanan untuk mendorong instalasi yang lebih cepat.

Pencatatan, pelaporan, dan analitik

Solusi DNS ini juga menyediakan data DNS serta GSLB secara mendetail, baik dalam bentuk statistik maupun grafik untuk analisis yang lebih dalam.

Ketersediaan layanan

Terdapat penyeimbang muatan jaringan secara geografis yang dapat mengidentifikasi lokasi di setiap benua, negara, atau tingkat negara bagian dan menghubungkan pengguna ke aplikasi terdekat, memastikan ketersediaan layanan dengan performa maksimal.

Dukungan IPv6 dan DNS64

Solusi DNS dari F5 juga mendukung IPv6 dan DNS64 untuk pengelolaan endpoint IPv4 atau IPv6, memberikan performa yang maksimal saat menggunakan jaringan.

Real-time DNSSEC

Adanya fitur Real-time DNSSEC akan melindungi DNS dari berbagai serangan berbahaya seperti cache poisoning dan Man-in-the-middle Attack.

Keuntungan BIG-IP DNS

DNS Tercepat

Ada beberapa keuntungan yang ditawarkan dari solusi DNS besutan F5, seperti di bawah ini:

Hiperskala hingga 100 juta RPS

DNS dari F5 dapat melakukan hiperskala DNS secara otoritatif hingga 100 juga respons kueri per detik atau responses per second (RPS) dan mengontrol traffic dari DNS tersebut. Hal ini memastikan bahwa penggunanya terhubung ke situs dengan performa maksimal, bahkan untuk penggunaan global.

Tingkatkan kinerja aplikasi global

Dengan menggunakan solusi DNS F5, pengguna aplikasi akan diarahkan menuju cloud atau situs lokal dengan performa yang lebih baik berdasarkan aplikasi, geolokasi, bisnis, dan kondisi jaringan.

Memastikan ketersediaan dan melindungi DNS

F5 akan memastikan ketersediaan dan memberikan perlindungan terhadap DNS dari serangan seperti DDoS Attack. Selain itu, solusi ini juga dapat memblokir akses menuju IP domain yang berbahaya.

Penerapan, penambahan, dan pengelolaan yang fleksibel dan efisien

Solusi DNS F5 menghadirkan aplikasi global yang fleksibel dalam lingkungan virtual dan multi-cloud. Dengan UI berbasis web, menyediakan konfigurasi DNS yang mudah dengan menu terpusat, logging lanjutan, statistik dan pelaporan bersama dengan ekspor ke analitik pihak ketiga.

Wujudkan DNS Tercepat Bersama F5 BIG-IP DNS

F5 BIG-IP DNS merupakan solusi DNS yang menawarkan peningkatan performa DNS dengan berbagai kelebihan. Solusi ini cocok untuk penyedia layanan DNS server Indonesia yang memerlukan DNS tercepat dengan performa stabil dan aman.

AMT IT Solutions sebagai vendor resmi F5 menyediakan solusi DNS bagi para penyedia layanan DNS server Indonesia. Untuk informasi lebih lanjut, hubungi marketing@amt-it.com atau klik ikon WhatsApp.