Beberapa Hal Penting Yang Tidak Boleh Dilewatkan Dalam Membuat Aplikasi

Software aplikasi

Di era digital saat ini aplikasi sudah seperti mesin pembantu manusia. Pesatnya perkembangan teknologi sekarang juga membuat para pengembang aplikasi berlomba-lomba mengerjakan berbagai inovasi. Tujuannya tentu untuk membuat berbagai aspek kehidupan manusia menjadi lebih mudah.

Oleh sebab itu, tidak heran kalau semakin hari banyak aplikasi baru bermunculan. Melihat fenomena ini, poin utama yang semestinya disadari bukan lagi soal menciptakan aplikasi baru, melainkan bagaimana sebuah aplikasi bisa berguna dalam kehidupan sehari-hari.

Sebelum Anda memulai membuat aplikasi, ada beberapa hal yang tidak boleh dilewatkan. Hal ini penting agar aplikasi yang dihasilkan nanti tidak cuma cocok dengan keinginan melainkan juga berguna bagi kehidupan

Customer Happy

1. Tujuan pembuatan aplikasi

Tentunya tujuan utama pembuatan aplikasi perlu Anda jabarkan dan pastikan lebih dulu. Semisal, Anda ingin membuat aplikasi untuk jual beli online, aplikasi belajar online atau lain sebagainya.

Pastikan tujuannya dapat menolong dan menjawab berbagai persoalan yang dihadapi organisasi atau pelanggan Anda. Dalam hal ini, Anda perlu melaksanakan sejumlah reset supaya desain aplikasi yang dihasilkan kelak sesuai dengan kebutuhan pelanggan.  

2. Kenyamanan dalam mengakses

Ketika akan menciptakan aplikasi, desain atau interface tak bisa diabaikan sebab erat kaitannya dengan kenyamanan user saat memakai aplikasi tersebut. Desain yang dibuat juga harus mudah dipahami, seperti memiliki instruksi yang jelas, pemakaian icon yang umum, hingga alur yang tak bolak-balik.

Semakin mudah aplikasi digunakan, semakin cepat pula aplikasi yang Anda buat dapat diterima oleh masyarakat. Sebab, sebagus apapun suatu aplikasi, kalau tidak bisa diterima oleh orang banyak, tentu menjadi hal yang percuma.

cara order makanan

3. Desain aplikasi

Anda perlu memastikan desain aplikasi apa yang akan diciptakan nanti. Dalam hal ini, tak ada salahnya kalau Anda mempelajari desain aplikasi sejenis, beserta kelebihan dan kekurangan yang ditawarkan.

Disamping itu pelajari juga fungsi, fitur, tata letak, desain dan lain sebagainya. Hal inilah yang nantinya sedikit banyak membantu Anda mengetahui desain aplikasi seperti apa yang Anda mau ciptakan.

Apabila Anda menginginkan pendekatan yang lebih terpadu dalam proses pembuatan aplikasi, VMware Tanzu yang disediakan AMT IT Solutions dapat memberikan benefit yang luar biasa. VMware Tanzu sendiri adalah kumpulan produk dan layanan yang dimaksudkan untuk menolong organisasi dalam membangun, menjalankan, serta mengelola aplikasi modern. VMware telah dilengkapi alat yang ideal untuk menolong Anda mengelola model aplikasi yang ada dalam lanskap IT modern.

4. Multi user dan multi device

Hal ini berkaitan dengan aplikasi yang mewajibkan penggunanya untuk masuk dengan akun tertentu. Tentu akan amat nyaman seandainya aplikasi yang Anda ciptakan dapat diakses dari banyak perangkat, mengingat pengguna di zaman sekarang menggunakan lebih dari satu perangkat.

Seandainya hal ini dapat dilakukan, satu aplikasi akan ada di beberapa perangkat. Bayangkan saja jika waktu login satu pengguna memakan waktu lebih dari satu menit, sudah pasti aplikasi yang Anda buat akan dianggap merepotkan.

Aplikasi itu apa

5. Feedback dan evaluasi

Meskipun ada quality control dan application test dari tim developer, feedback dari pengguna adalah saran yang sesungguhnya dibutuhkan. Oleh karena itu, penting untuk “berdiskusi” dengan para pengguna untuk kepentingan pengembangan aplikasi ke depannya.

Mintalah tanggapan dari para pengguna terhadap tampilan, konten yang dibutuhkan, atau bagian di aplikasi yang perlu ditingkatkan. Pemberian rate oleh pengguna bisa menjadi indikasi seberapa baik aplikasi yang Anda ciptakan dari segi manfaat dan kesesuaiannya.

Nah, begitulah 5 hal yang wajib dipertimbangkan sebelum Anda menciptakan suatu aplikasi.  Mungkin masih banyak lagi hal penting lainnya, namun AMT IT Solutions hanya meringkas poin pentingnya. Untuk mendapatkan pengalaman menciptakan aplikasi yang mudah, cepat dan praktis, Anda juga bisa memanfaatkan layanan VMware Tanzu via AMT IT Solutions. Selain produk VMware, sebagai perusahaan di bidang System Integrator, AMT IT Solutions juga mempunyai serangkaian solusi dan layanan IT lainnya yang bisa membantu menyelesaikan persoalan organisasi Anda.