Mengenal DNS, Fungsi, dan Cara Kerjanya Pada Server Jaringan

DNS adalah

DNS adalah singkatan dari Domain Name System yang bertugas mengubah URL website menjadi bentuk IP Address. Adanya DNS server adalah upaya untuk mempermudah Anda menelusuri sebuah website tanpa harus mengetikkan IP Address-nya.

Lalu, apa itu DNS? Melalui artikel kali ini, akan dijelaskan mengenai pengertian, fungsi, serta cara kerja DNS dalam jaringan perusahaan Anda.

Apa itu DNS Server?

DNS adalah

Domain Name System atau DNS adalah sebuah sistem yang dapat menerjemahkan  URL atau nama domain menjadi IP Address agar dapat dipahami oleh komputer. Dengan DNS, Anda dapat mengunjungi website cukup dengan mengetikkan URL-nya saja.

Misalnya, ketika Anda ingin mengunjungi Facebook dengan IP Address 69.63.176.13, maka Anda hanya perlu mengetikkan “facebook.com” pada address bar. Kemudian, DNS akan langsung mengubahnya menjadi IP Address yang dapat dipahami oleh komputer.

Adanya DNS server tentu dapat mempermudah Anda dalam melakukan penelusuran website, sehingga tidak perlu mengetik dan menghafal IP Address yang akan Anda kunjungi. Lalu, apa saja fungsi dari sistem DNS?

Fungsi DNS Server

Fungsi DNS Server

Secara garis besar, fungsi DNS adalah mempermudah Anda dalam menelusuri website. Selain itu, DNS server juga memiliki fungsi berikut ini:

1. Mengubah domain menjadi IP Address

IP Address pada DNS adalah rangkaian angka yang menjadi identitas perangkat yang terhubung ke internet atau infrastruktur jaringan. Penggunaan IP Address dilakukan agar komputer dapat memahami identitas suatu website.

Namun, penggunaan IP Address bagi orang awam cukup sulit dilakukan. DNS adalah sistem yang hadir sebagai penerjemah dari domain menjadi IP Address. Sehingga, Anda tidak perlu menghafal nomor IP Address suatu website untuk mengunjunginya.

2. Melacak IP Address perangkat

Fungsi lain dari DNS server adalah untuk mengidentifikasi dan menyimpan IP Address. Sehingga nantinya, Anda dapat mengakses website, aplikasi, maupun jaringan komputer baru. Dengan begitu, Anda dapat menghemat waktu saat melakukan browsing di internet.

3. Membantu pengiriman Email

Setiap alamat email terhubung dengan domain yang terikat dengan server email. Ketika Anda akan mengirimkan email, DNS akan mencocokkan alamat email pengiriman pada IP Address server email tersebut. Sehingga, email Anda dapat terkirim ke alamat yang tepat.

Cara kerja DNS

Cara Kerja DNS

Setelah memahami apa itu DNS server dan fungsinya, berikut tahapan dalam cara kerja DNS berdasarkan Tech Target:

  1. Pengguna memasukkan domain website pada browser;

  2. Setelah itu, browser akan mengirimkan pesan recursive DNS query ke penyedia jaringan internet (ISP) untuk mengetahui IP Address yang sesuai dengan domain tersebut;

  3. Pesan recursive DNS query akan diterima oleh recursive DNS server yang dikelola oleh ISP. Jika DNS server memiliki data IP Address yang dimaksud, maka data tersebut akan dikembalikan ke alamat pengguna, sehingga website dapat ditampilkan;

  4. Namun  jika server DNS tidak memiliki jawaban, ia akan menanyakan serangkaian server lain seperti: DNS root name servers, Top-Level Domain (TLD) name servers dan authoritative name servers;

  5. Kemudian, ketiga jenis server tersebut bekerja sama dengan terus melakukan pengalihan hingga mereka mengambil data DNS yang berisi IP Address yang diminta. Kemudian mengirimkan informasi tersebut ke server DNS hingga halaman yang dicari pengguna dapat dimuat;

  6. Setelah itu, DNS server akan menyimpan catatan nama domain yang berisi IP Address. Agar ketika pengguna kembali mengunjungi website sama, DNS dapat langsung menampilkan website tersebut.

  7. Jika pencarian IP Address mencapai authoritative server dan tidak dapat menemukan informasinya, maka ia akan mengembalikan pesan kesalahan.

Sudah Tahu Apa Itu DNS?

Adanya DNS adalah salah satu cara agar Anda dapat dengan mudah mencari suatu website di internet tanpa perlu menghafal IP Address website tersebut. Selain itu, DNS juga memiliki fungsi lain, seperti membantu pengiriman email serta melacak IP Address suatu perangkat.

AMT IT Solutions sebagai F5 Official Partner di Indonesia menyediakan solusi yang dapat memaksimalkan performa DNS dan mengamankan setiap interaksi Anda di internet bersama BIG-IP DNS. Ingin tahu informasi lebih lanjut? Hubungi marketing@amt-it atau klik ikon WhatsApp.